in ,

10 Tanda Bahwa Kamu Termasuk Orang yang Cerdas

Tanda Orang Yang Cerdas
Tanda Orang Yang Cerdas

Kamu lebih pintar dari apa yang kamu pikirkan. Tapi kamu juga lebih bodoh daripada apa yang kamu bayangkan. Memang cukup unik menyadari bagaimana cara berpikir kita yang sering keliru ini.

“Orang bodoh menganggap dirinya bijak, sementara

Orang bijak itu selalu menganggap dirinya bodoh”

-William Shakespeare-

Saat kita tidak yakin dengan kecerdasan yang dimiliki, itu sebenarnya merupakan tanda bahwa kita cerdas dalam menyadari keterbatasan sehingga terus belajar dan belajar.

Sementara kita malah menjadi bodoh saat terlalu yakin bahwa kita cerdas, karena dengan meyakini diri sendiri sudah cukup cerdas merupakan kunci untuk malas mendengar dan malas belajar.

Namun sebenarnya pengertian pintar dan cerdas itu berbeda. Menurut kbbi, cerdas adalah sempurna perkembangan akal budinya.

Sementara pintar artinya pandai, cakap. Contohnya “Dia anak yang pintar di kelasnya!”

Nah, jadi bagaimana cara melihat tanda-tanda bahwa kamu adalah orang yang pintar dan cerdas? Yuk kita simak!

1. Tidak Takut Mengatakan “Saya Tidak Tahu”

Tidak Sok Tau
Tidak Sok Tau

Orang yang pintar dan cerdas tidak peduli bagaimana penilaian orang lain saat mengatakan “saya tidak tahu” karena dengan berkata seperti mereka bisa belajar lebih banyak lagi.

Mereka lebih banyak diam dan mendengarkan ketika tidak mengetahui sesuatu. Sementara orang bodoh akan melebih-lebihkan dirinya sendiri agar kelihatan pintar.

Jadi pada akhirnya, pintar dan bodoh bisa kita ketahui dari sikap seseorang. Sebab sikap kita mencerminkan pikiran kita.

2. Memiliki Rasa Ingin Tahu yang Tinggi

Memiliki Rasa Ingin Tahu
Memiliki Rasa Ingin Tahu

Bagaimana pengetahuan bisa dicerna saat kita tidak ingin belajar?

Bahkan Einstein yang diduga sebagai manusia dengan IQ tertinggi di dunia pun mengatakan “Saya tidak memiliki bakat khusus, tapi saya memiliki keingintahuan yang tinggi”

Para ilmuwan seluruh dunia pun telah membuktikannya lewat banyak penelitian dan menyimpulkan bahwa orang yang pintar dan cerdas memiliki rasa ingin tahu yang tinggi.

Keingintahuan yang dimiliki orang-orang cerdas tidak hanya sebatas rasa penasaran semata, tetapi lebih dalam lagi karena mereka akan menggali dan menggalinya tanpa pernah merasa puas.

3. Mereka Susah Diatur dan Berantakan

Berantakan
Berantakan

Saat berhadapan dengan orang yang lebih tahu, mungkin orang-orang cerdas akan mengatakan “saya tidak tahu”.

Tetapi saat mereka dilepaskan untuk belajar sendiri, orang-orang cerdas akan menjadi lebih kreatif. Mereka sangat berantakan karena pada dasarnya mereka susah diatur.

Mungkin terjadi tabrakan antara tanda yang satu dengan yang lain, namun begitulah kenyataannya. Jadi, pada intinya orang-orang yang pintar akan siap mendengarkan tetapi mereka tidak siap untuk mematuhi aturan.

4. Orang Cerdas Mudah Merasa Cemas

Mudah Merasa Cemas
Mudah Merasa Cemas

Menurut liputan Slate. orang-orang yang mudah merasa cemas cenderung menunjukkan bahwa lebih cerdas dari yang lain.

Kecemasan yang muncul dalam pikiran mereka merupakan sesuatu yang berasal dari aspek-aspek yang membuat mereka penasaran dan kesal.

Orang pintar dan cerdas juga lebih banyak mengambil waktu kosong untuk merenungkan hal-hal kecil yang terlihat sepele. Namun uniknya, dengan memikirkan hal sepele tersebut secara detail mereka mampu menemukan kesimpulan yang besar.

Bahkan perubahan-perubahan besar yang terjadi di dunia ini, tentunya merupakan hasil dari pengamatan-pengamatan mereka yang sering kita anggap remeh.

5. Senang Menghabiskan Waktu Sendiri

Sendiri
Sendiri

Mungkin sudah hukum alam bahwa manusia adalah makhluk sosial. Tentu saja, sebab pada dasarnya semua manusia itu sama.

Hanya saja, meskipun juga senang bersosial tetapi orang-orang cerdas lebih suka menghabiskan waktu sendiri. Dalam hal ini bukan berarti mereka menghindari berbaur dengan sosial.

Mereka hanya mengurangi intensitasnya, sebab saat berbaur dengan lingkungan sosial orang-orang yang cerdas akan selalu menemukan kejanggalan dan kejanggalan disana.

Sementara energinya begitu cepat terkuras, karena berbaur sekaligus memikirkan banyak hal yang seringkali tidak terpikirkan oleh orang-orang pada umumnya.

Lantas hal itu pun menarik mereka untuk segera pergi dan menghabiskan waktunya sendiri dengan berbagai macam imajinasi dan pikirannya yang liar.

6. Memiliki Kontrol Diri yang Tinggi

Kontrol Diri
Kontrol Diri

Pintar adalah tentang kemampuan mempelajari sesuatu, sementara cerdas seperti yang kita tahu adalah kesempurnaan akal budi. Jadi, kombinasi pintar dan cerdas ini pun memengaruhi tindakan dan perilaku kita sehari-hari.

Kecerdasan seseorang dapat dilihat dari bagaimana ia berbicara. Mereka yang cerdas akan sangat berhati-hati dalam bicara dan akan berkata “Tidak tahu” jika ia benar-benar tidak tahu.

Dalam bersosial pun mereka tahu bagaimana memposisikan diri. Tahu kapan waktu yang tepat untuk marah, kapan waktu yang tepat bicara dan kapan waktu yang tepat untuk pergi.

Saat ditimpa kesulitan pun mereka bisa mengontrol dirinya dengan baik, sebab orang-orang cerdas sangat kreatif sehingga mereka selalu mencoba cara yang berbeda-beda jika cara sebelumnya tidak berhasil.

7. Memiliki Selera Humor yang Bagus

Selera Humor
Selera Humor

Kita semua tahu bahwa kreativitas adalah bagian dari kecerdasan. Maka tak heran jika orang-orang cerdas sering mengatakan sesuatu yang tidak terduga dan lucu karena otaknya yang kreatif saat memikirkan sesuatu.

Hal ini dibuktikan pada studi psikologi di mexico tahun 2012, para peneliti menuliskan bahwa komedian dan seniman kartun lucu memiliki skor IQ yang tinggi pada kecerdasan verbal.

Namun bukan berarti orang-orang yang tidak memiliki selera humor yang bagus itu tidak cerdas, sebab ini hanya salah satu dari begitu banyak tanda-tanda yang bisa kita ketahui.

8. Peka Terhadap Orang Lain

Kepekaan Sosial
Kepekaan Sosial

Orang-orang pintar bisa merasakan apa yang dirasakan dan dipikirkan oleh orang lain. Mereka sangat peka dalam memahami apapun, baik dalam bahasa verbal maupun non-verbal.

Para psikolog berpendapat bahwa orang yang memiliki sikap empati yang tinggi dan bisa menyalurkannya dengan tepat merupakan salah satu indikasi kecerdasan emosional (EQ).

Selain memiliki empati yang tinggi, mereka juga mampu memberikan motivasi yang tepat untuk orang lain.

9. Mereka Adalah Pembicara yang Baik

Pembicara Yang Baik
Pembicara Yang Baik

Seperti yang sudah tertulis pada poin sebelumnya, kecerdasan seseorang dapat dilihat dari cara berbicara dan gaya bahasanya. Mereka menggunakan kalimat yang efektif, tepat, dan jelas sehingga mudah dimengerti.

Tak cukup sampai disitu, orang yang cerdas juga berbicara dengan memadukan bahasa dengan bunyi dan intonasi yang tepat, serta gerakan badan seperti tangan dan mimik wajah yang membuat orang bisa merasakan apa yang ia sampaikan.

Menurut teori Howard, ini disebut verbal-linguistik intelligence atau kecerdasan bahasa. Sementara kecerdasan bahasa ini terbagi lagi, antara keterampilan berbicara, keterampilan menggambar/melukis dan keterampilan menulis.

10. Menyadari Makna Hidupnya

Makna Hidup
Makna Hidup

Kecerdasan itu sangat luas, maka kita tak perlu meremehkan seseorang yang kurang pintar dalam matematika atau salah satu bidang tertentu.

Seseorang yang menyadari akan makna hidupnya, mengenal dirinya dan mengetahui adanya kekuatan yang lebih besar dari dirinya juga merupakan indikasi kecerdasan.

Kecerdasan tersebut adalah Spiritual Intelligence atau kecerdasan spiritual. Dengan kecerdasan spiritual kita bisa mendengarkan suara hati yang paling dalam, itulah sesuatu yang menjadi pedoman dalam kehidupan seseorang.

Pengertian yang lebih dalam tentang kecerdasan spiritual juga merupakan kemampuan dalam berpikir dan berperilaku secara bijaksana, bukan hanya memperhatikan kesehatan atau kebahagiaan fisik luar saja tetapi juga batin.

Mereka juga mampu mengambil pelajaran yang berharga dari sebuah kegagalan, penolakan atau pun masalah-masalah kompleks  lainnya dalam kehidupannya.

Akhir kata

Pada intinya, pintar dan cerdas memiliki arti yang sangat luas. Maka, kesulitan memahami atau kurang handal dalam suatu bidang tidaklah cukup untuk mendefinisikan apakah kamu pintar dan cerdas atau bodoh.

Semua orang memiliki keunikan masing-masing, jadi kita tak perlu merasa sombong atau berkecil hati terhadap hal apapun itu.

Kenali dirimu lebih dalam lagi dan bersyukurlah dengan bakat yang sudah kamu miliki sejak lahir. Jangan pernah berhenti belajar dan terus belajar, sebab tidak ada orang pintar tanpa belajar.

Sekianlah artikel tentang 10 tanda orang pintar dan cerdas. Semoga bermanfaat!

Written by Ilham Damanik

Menyendiri-Merenung-Hening