8 Tanda Bahwa Sahabat Berubah Jadi Cinta Kepadamu

Ketika sahabat berubah jadi cinta, ada yang memaknai dengan hal yang positif,

Ilham Damanik Ilham Damanik · 4 min read >
Tanda Sahabat Berubah Jadi Cinta

Ketika sahabat berubah jadi cinta, ada yang memaknai dengan hal yang positif, sebaliknya ada pula yang memaknai dengan sesuatu yang negatif.

“Menikah itu nasib, Mencintai itu takdir. Kamu bisa berencana menikahi siapa, tapi tak bisa kau rencanakan cintamu untuk siapa!” -Sujiwo Tejo

Bisakah pria dan wanita bersahabat?

Tentu bisa! Ahk, bodo amat apa pendapat orang lain tentang kita, tak ada yang bisa memisahkan jika seorang pria dan wanita sudah merasa nyaman sebagai sahabat.

Wanita mungkin memiliki alasan-alasan kuat untuk tetap bersahabat dengan pria, meskipun mungkin akan ada titik dimana perhatian, tatapan dan perlakuan yang menumbuhkan benih-benih cinta.

Tak dapat disangkal bahwa sejatinya cinta itu tumbuh karena terbiasa.

Terbiasa diperlakukan dengan cara-cara tertentu kadang membuat kita nyaman, dan lama kelamaan menjadi cinta, bukan?

Sekarang rasanya kita seperti menjinakkan bom yang akan meledak! Memang sulit untuk mempertanyakan atau mengungkapkan perasaan secara langsung kepada sahabat kita sendiri.

Berikut adalah tanda-tanda persahabatan berubah jadi cinta!

1. Selalu Ingin Dekat, Makin Dekat dan Lebih Dekat Lagi!

Selalu Ingin Lebih Dekat
Selalu Ingin Lebih Dekat

Sepertinya penelitian para ahli itu benar bahwa bahasa tubuh lebih jujur daripada kata-kata. Seorang sahabat yang menyukai kita, akan terus menunjukkan perasaannya meskipun tidak mengatakannya.

Tanda-tanda Non-verbal yang ingin dikirimkannya kepadamu, bisa kamu ketahui dengan melihat jarak diantara kalian berdua.

Semisal, ketika kamu berkumpul dengan sekelompok orang, ia tidak segan-segan berdiri disebelahmu. Juga ketika kamu duduk dimana pun, ia selalu duduk disebelahmu.

Bahkan, jika sehari saja tidak bertemu atau tidak ada jadwal yang mempertemukan kalian, maka dia akan segera menemui kamu, baik dirumah atau dimana pun itu.

Pada intinya, dia hanya ingin dekat, makin dekat dan lebih dekat lagi dengan kamu meskipun tidak ada keperluan. Jika pun ada, mungkin dia mengada-ada hal itu agar menjadi alasan untuk dekat denganmu.

Baca Juga : Patut Dipertahankan, 5 Tanda Kamu Memiliki Persahabatan Yang Kuat

2. Matanya Itu, Lho!

Perhatikan Matanya
Perhatikan Matanya

Seperti seorang pengagum sejati yang suka mengintip lewat kaca jendela. Sebuah metafora yang menjelaskan, bahwa sesibuk apapun dia dengan pekerjaannnya, matanya tetap curi-curi pandang kepadamu.

Namun ketika kamu melihat ke arahnya, dia akan langsung kembali fokus pada apa yang dikerjakannya. Hal itu menunjukkan bahwa ia takut kamu mengetahui perasaannya.

Rasa takut tersebut bisa jadi karena ia ragu kamu memiliki perasaan yang sama atau tidak, atau mungkin ia juga khawatir persahabatan ini hancur karena perasaan cintanya.

Terlepas dari itu semua, lama kelamaan dia akan menjadi lebih menatap matamu secara langsung. Saat berbicara ia akan menatap ke dalam matamu dengan penuh kehangatan.

Maka jika kamu juga khawatir persahabatan ini hancur karena cinta, maka segeralah berikan respon yang tepat dengan melakukan cara yang sama untuk menunjukkan bahwa kamu juga menyukainya.

3. Mengirimi Kamu Pesan Sepanjang Waktu

Mengirimi Pesan Setiap Saat
Mengirimi Pesan Setiap Saat

Seorang sahabat yang memiliki harapan lebih terhadapmu akan melakukan hal-hal yang tidak biasa. Seperti, mengirimi pesan singkat “Selamat pagi” “Selamat makan” “Selamat tidur” dan lain-lain.

Dia menunjukkan perhatian selayaknya seorang gebetan. Bahkan lebih dari itu, ia akan tetap menjaga obrolan tetap berjalan.

Misalnya, ketika kamu menjawabnya dengan singkat seperti “Aku mau makan dulu nih.”

Mungkin dia menangkap itu sebagai sinyal darimu untuk mengakhiri obrolan, maka otaknya secara kreatif langsung memunculkan pertanyaan agar obrolan berlanjut. Dia tidak akan membalas “Oke, selamat makan!” karena hal itu akan membuat obrolan berakhir.

Tetapi dia akan membalasnya dengan bertanya “Oh gitu kamu… aku ga diajak makan nih?” atau yang lebih garing lagi dia akan bertanya “Mama kamu masak apa?”

Memang begitulah seseorang yang sedang jatuh cinta, mereka selalu melakukan hal-hal yang tidak terduga untuk menunjukkan perasaannya.

Baca Juga : 7 Cara Cerdas Keluar dari Lingkaran Hubungan Friend Zone

4. Semua Urusanmu, Seolah Tanggung Jawabnya!

Semua Urusanmu Seolah Menjadi Tanggungjawabnya
Semua Urusanmu Seolah Menjadi Tanggungjawabnya

Pernahkah kamu merasa bertanggung jawab terhadap kesedihan dan kebahagiaan seseorang?

Begitulah yang sedang ia rasakan kepadamu.

Seorang sahabat yang menyukai kita akan menunjukkan tindakan yang seolah-olah semua urusan kita adalah tanggung jawabnya. Saat kita kesulitan dalam mengerjakan sesuatu, tanpa berpikir panjang ia akan segera membantu.

Begitu juga saat kita merasa bahagia, ia seolah-olah merasakan kebahagiaan yang kita rasakan. Dan saat kita bersedih, ia akan datang untuk memberikan bahunya.

Bahkan lebih jelas lagi, ketika ia menawarkan jasa antar-jemput kemana pun kita pergi. Ia mungkin merasa seperti menjadi malaikat pelindungmu.

Kamu bisa melihat sendiri bagaimana dia menunjukkan kepedulian. Buktikan saja sendiri!

Lihat bagaimana caranya berusaha menjaga kamu, saat kamu mengalami suatu gangguan. Lihatlah bagaimana tatapan matanya, dan kamu akan tahu.

5. Dia Penasaran Dengan Kisah Cintamu

Dia Penasaran Dengan Kisah Cintamu
Dia Penasaran Dengan Kisah Cintamu

Seorang sahabat yang mencintaimu, tentunya mempunyai rasa malu tersendiri untuk bicara tentang cinta. Ketika kamu menanyakan hal-hal terkait kisah cintanya, mungkin dia akan menjawab “Kamu tahu sendiri kan aku gimana?”

Sepertinya dia tidak ingin menjelaskan tentang kisah cintanya, tetapi dia ingin kamu mengetahui perasaannya.

Setelahnya, dengan berbagai cara dia akan menunjukkan bahwa ia tertarik dengan kisah cintamu. Sahabatmu ini akan menanyakan berita terbaru tentang kisah cintamu.

Jika kamu dan dia sama-sama masih sendiri, maka tak ada salahnya mencoba menjalin komitmen. Segeralah sebelum semuanya terlambat.

Namun jika kamu berdua sudah memiliki pasangan, maka tak ada salahnya juga mempertahankan persahabatan itu. Kita tidak tahu ke arah mana akhirnya kapal ini akan berlabuh.

Baca Juga : Cewek Harus Tahu, 9 Hal ini yang Bisa Bikin Cowok Baper

6. Dia Memperlakukanmu Beda Dari Yang Lain

Dia Memperlakukanmu Beda Dari Yang Lain
Dia Memperlakukanmu Beda Dari Yang Lain

Bagaimana reaksimu saat teman-temanmu yang lain berkata “Kalian berdua cocok lho!!” ??

Di depan orang banyak, ia memperlakukan kamu dengan cara yang berbeda. Dalam arti, romantis!

Seorang sahabat yang menyukai kita, sama saja seperti orang lain pada umumnya. Sebagaimana seseorang yang sedang dilanda asmara, sebenarnya tidak berusaha menjadi romantis, tetapi itulah reaksi alami dari seseorang yang jatuh cinta.

Semisal, ketika kalian berdua sedang berjalan maka ia akan menggandeng tanganmu, membawakan barang-barangmu atau mempersilahkan kamu duduk dengan menyiapkan kursi untukmu.

Jika ia sampai melakukan hal-hal berikut, maka dijamin 100%  persahabatan berubah jadi cinta!

Namun meskipun begitu, tidaklah semua orang sama dalam menunjukkan perasaannya. Tak dapat disangkal bahwa kepribadian seseorang memengaruhi caranya dalam menunjukkan cinta.

Seorang yang tertutup atau pemalu, tentunya tidak akan melakukan hal-hal demikian.

Baca Juga : 7 Tanda Pasangan Benar-benar Mencintai Kita Secara Tulus

7. Lebih Menyukai Momen Berdua Daripada Bersama Yang Lain

Lebih Menyukai Waktu Berduaan
Lebih Menyukai Waktu Berduaan

Jika kamu melihat sahabatmu lebih lepas dan lebih bersemangat saat berdua daripada berkumpul dengan teman-teman yang lain, maka dijamin dia suka sama kamu.

Alasannya adalah karena saat berdua dia akan mendapatkan seluruh perhatianmu, sepenuhnya. Sehingga waktu yang berlalu menjadi lebih berkualitas baginya.

Apakah kamu melihat tanda-tanda berikut?

Misalnya, ketika ada jadwal untuk berkumpul bersama teman yang lain lalu batal. Dia mengajak kamu untuk keluar berdua dengan alasan ia sudah terlanjur berdandan atau alasan-alasan lainnya.

Setelah berhasil mengajak kamu pergi berdua, kamu melihat reaksi yang tak biasa darinya. Seperti, lihat saja wajahnya yang selalu tersenyum. Selain itu, kamu juga bisa melihat reaksi atau gerak-geriknya ketika kamu menyentuhnya.

8. Tidak Pernah Bosan Mendengarkanmu

Dia Tidak Pernah Bosan Mendengarkanmu
Dia Tidak Pernah Bosan Mendengarkanmu

Pernahkah kamu membuat suatu lelucon yang garing dan tak ada orang yang tertawa?

Seorang sahabat yang memiliki perasaan kepadamu akan tertawa saat kamu membuat lelucon segaring apapun itu. Dia adalah penggemar yang selalu memperhatikanmu.

Dan orang itu pula yang hadir pertama kali saat kamu merasa sedih. Apapun yang kamu bicarakan, mau sedih atau senang, orang itu tak akan bosan menggunakan telinga sepenuhnya untuk kamu.

Dia tidak berusaha atau berjuang apapun, namun itu berjalan secara alami. Bahkan jika kamu bertanya “Mengapa kamu selalu ada untukku?” dia akan bingung untuk menjawabnya.

Baca Juga : 5 Tanda-Tanda Bahwa Sahabat Sedang Merindukan Kita

Demikianlah tanda-tanda sahabat berubah jadi cinta. Pada akhirnya, persahabatan bisa saja berubah jadi cinta. Karena sejatinya cinta itu tak bisa memilih untuk siapa. Bisa saja untuk sahabat, teman biasa atau bahkan orang yang kita benci sebelumnya.

Ilham Damanik
Aku merasa seperti seorang penulis Read Full Profile