in

Selamat, Ini 5 Tanda Kamu Sudah Berhasil Move On dari Sang Mantan

Menghadapi sakitnya putus cinta bukanlah perkara yang mudah. Kamu pasti memerlukan waktu yang tidak singkat untuk bisa kembali menjalani hari-harimu seperti sedia kala. Luka yang pernah ada membuat kamu harus secara perlahan mencari obat penawarnya.

Sebaik-baiknya caramu putus dengan pasanganmu, pasti kamu akan tetap merasakan kesedihan, kekecewaan, sampai amarah sekalipun. Semua ini memang wajar kamu rasakan, mengingat kamu pernah menaruh harapan tinggi pada hubungan yang kamu jalani. Tetapi kembali lagi, kamu tidak bisa mengendalikan takdir. Yang bisa kamu lakukan hanya mencoba menerima kenyataan yang kini ada di depan matamu sendiri.

Putus cinta bukan suatu hal yang bisa dikategorikan sebagai masalah yang sederhana. Mungkin akan mudah untukmu mengatakan kata putus, tetapi untuk melupakan semua kenangan dengan pasanganmu dulu, tentu bukanlah hal yang mudah. Terlebih jika kamu harus menerima kenyataan bahwa pasanganmu dulu yang kini hanya berstatuskan mantan untukmu sudah berhasil menjalin hubungan dengan orang yang baru.

Tenang saja, seiring berjalannya waktu kamu pun pasti akan bisa move on dari mantan. Kamu hanya perlu bersabar dan menikmati setiap proses yang harus kamu lalui.

Jika kamu sudah menunjukkan 5 hal ini, itu artinya kamu sudah benar-benar move on dari mantanmu dan siap membuka hati untuk sosok baru dalam hidupmu.

1. Bersikap Biasa Saja Saat Secara Tak Sengaja Berpapasan

Bersikap Biasa Saja
Bersikap Biasa Saja

Jika kamu masih saja berusaha menghindar saat secara tak sengaja kamu berpapasan dengan mantanmu, maka kamu belum bisa dikatakan sudah move on.

Kamu sudah berhasil jika kamu bersikap biasa saja saat berpapasan dengannya dan justru tidak enggan lagi untuk menyapanya.

Sikap biasamu kepadanya akan menunjukkan bahwa kamu tetap baik-baik saja meski sudah tidak lagi bersamamu.

Rasa cinta yang kamu miliki untuknya pun sudah mulai memudar sehingga kamu tidak lagi merasa terbebani saat harus bertemu secara langsung dengannya.

2. Bisa Mulai Menjalin Silaturrahmi dengan Mantan Tanpa Melibatkan Hati

Menjalin Silahturahmi
Menjalin Silahturahmi

Mungkin dulu kamu masih butuh waktu untuk bisa melupakannya dengan menghindarinya dan menghapus semua kontak yang bisa menghubungkan kembali dirimu dan dia.

Tetapi saat kamu sudah bisa menjalin silaturrahmi yang baik dengannya, artinya kamu memang sudah benar-benar move on darinya.

Meskipun harus bertemu dengannya secara langsung, hal itu bukanlah masalah yang besar untukmu.

Kamu tidak perlu lagi menghindarinya karena dalam hatimu dia tidak lagi menempati posisi yang spesial. Kamu sudah bisa menjalin hubungan baru dengannya sebagai teman.

Sebelum lanjut, coba baca dulu : 5 Alasan Kenapa Kamu Tak Seharusnya Berteman Dengan Mantan

3. Saling Mendukung Pilihan Hidup Satu Sama Lain

Saling Mendukung
Saling Mendukung

Kamu bisa dikatakan sudah berhasil untuk menyembuhkan luka hatimu karena putus cinta ketika kamu sudah bisa menerima semua masa lalu yang sudah kamu lalui.

Kamu menghargai dan menerima segala sesuatu yang terjadi dalam hidupmu, kamu pun sudah bisa menerima semua hal yang terjadi dalam kehidupan mantanmu yang saat ini mungkin sudah terlebih dahulu memiliki pasangan baru.

Kamu sudah mengikhlaskan semua masa lalumu. Kamu sudah berhasil melepaskan semua rasa sedihmu, rasa kecewamu dan rasa bencimu atas apa yang terjadi dalam hubunganmu yang lalu.

Kamu tidak lagi menyalahkan dirimu sendiri atau mantanmu atas apa yang sudah terjadi.

Kini kamu sudah bisa mendukung apa yang menjadi pilihan hidup pasanganmu. Kamu ikut berbahagia dengan apa yang sudah dia tetapkan untuk kehidupannya di masa mendatang.

4. Tidak Mengumbar Aib Masing-Masing Saat Masih Menjalin Hubungan kepada Orang Lain

Tidak Mengumbar Aib Mantan
Tidak Mengumbar Aib Mantan

Sudah pasti setiap orang memiliki sisi baik dan buruknya masing-masing.

Kamu pun sangat memahami hal buruk apa saja yang dia miliki saat kamu masih menjalin hubungan dengannya dulu. Tetapi kamu memilih untuk menjaga aib yang dia miliki.

Sikapmu ini sudah cukup menunjukkan bahwa kamu sudah bisa melupakannya. Kamu sudah bisa mengikhlaskan apa yang telah terjadi pada hubunganmu dengannya dulu.

Kamu sadar bahwa hubungan kalian sudah tidak bisa lagi dipertahankan. Takdir Tuhan sudah menunjukkan bahwa kalian tidak bisa tetap bersama.

Bagimu, baik buruknya dia di masa lalu cukup menjadi rahasia pribadimu saja. Kamu tidak tertarik untuk menjatuhkannya di hadapan orang lain dengan mengumbar semua aib yang dia miliki.

Baca Juga : 5 Alasan Kenapa Kamu Tak Perlu Memaksakan Diri Melupakan Mantan

5. Datang dan Ikut Berbahagia di Hari Pernikahan Mantan

Datang Ke Pernikahan Mantan
Datang Ke Pernikahan Mantan Vi Twitter

Tanda terakhir yang menunjukkan bahwa kamu sudah benar-benar move on dari mantanmu adalah kamu bersedia datang ke acara pernikahannya.

Tidak hanya sekadar hadir dalam acara pernikahannya, kamu pun ikut merasakan kebahagiaan yang dia rasakan.

Melihatnya bisa bersanding dengan orang yang dia cintai membuatmu ikut berbahagia karenanya. Bukannya merasa jealous, kamu justru dengan senang hati datang ke acara pernikahannya untuk ikut berbahagia dan mendoakan yang terbaik untuk kebahagiaannya bersama pasangannya sampai akhir nanti.

Bahkan meski pada saat itu kamu hanya datang seorang diri karena belum memiliki pasangan lagi selepas putus darinya, kamu tidak menjadikan hal itu sebagai masalah yang besar. Yang kamu pikirkan hanyalah ingin datang dan ikut berdoa untuk kebahagiaan orang yang dulu pernah kamu sayang.

Baca Juga :

Itu dia 5 tanda yang menunjukkan bahwa kamu sudah terbebas dari bayangan mantanmu. Kamu sudah bisa menjalani kehidupanmu secara normal meski tanpa adanya dia di sisimu lagi. 5 hal di atas juga menjadi tanda bahwa kamu sudah bisa menyikapi suatu masalah dengan cara yang dewasa.

Tidak perlu terlalu meratapi suatu hal. Seberat apapun itu, kamu pasti mampu melewatinya. Kamu hanya butuh waktu dan bersabar dalam menjalani setiap proses dalam kehidupanmu.

Written by Dina Novia

Lahir dengan hobi travelling dan fotografi. Masih berstatus sebagai mahasiswa jurusan bahasa Indonesia di Malang.