in , ,

6 Teknik Relaksasi yang Ampuh Menenangkan Pikiran

Cara Menangkan Pikiran
Cara Menangkan Pikiran

Banyak dari kita bekerja keras sebab mendambakan sukses dan hidup tenang. Tetapi semuanya tidak mungkin berjalan mulus tanpa rintangan, ada hari-hari dimana jiwa terasa sangat lelah dan butuh sejenak bersandar.

Nah, mungkin masih banyak dari kita yang mengabaikan diri sendiri. Dalam arti, ketika tubuh terasa lelah dan butuh istirahat, kita memaksakan diri untuk terus bekerja.

Ketika hati dan pikiran terasa lelah dan butuh relaksasi, kita terus memaksakan diri untuk memikirkan karir. Sehingga muncul kecemasan tentang masa depan yang menyebabkan kita mudah stress.

Terlepas apapun profesi atau pekerjaan yang kamu jalani, kamu butuh relaksasi. Tak peduli siapa pin kamu, semua orang membutuhkan relaksasi.

Namun jika kamu masih bingung bagaimana cara relaksasi yang paling ampuh, simak 6 Teknik Relaksasi Untuk Menenangkan Pikiran berikut:

1. Relaksasi Otak Dengan Imajinasi dan Visualisasi

Relaksasi Dengan Cara Visualisasi

Pikirkan tentang buah yang asam. Sekarang bayangkan kamu menggigit sebuah potongan lemon atau jeruk nipis. Lidahmu pun ikut mengecap rasa asamnya hingga ke dalam tenggorokan.

Apa reaksi tubuhmu saat membayangkannya?

Seperti itulah kekuatan imajinasi. Ketika kita berimajinasi, tubuh kita akan merespon seolah hal itu benar-benar terjadi.

Dan jelas saja ini bisa menjadi salah satu teknik relaksasi yang ampuh menjelang istirahat di malam hari.

Beberapa menit sebelum tidur, kamu bisa membayangkan suatu tempat favorit yang ingin kamu kunjungi. Rasakan saja sensasinya dan tubuhmu akan menjadi rileks seketika.

Khusus untuk teknik relaksasi ini, alangkah baiknya dipraktekkan di malam hari sebelum tidur dalam suasana yang hening.

2. Teknik Relaksasi Dengan Mengatur Pernapasan

Relaksasi Dengan Mengatur Napas
Relaksasi Dengan Mengatur Napas

Sederhana dan mudah dipraktekkan. Teknik relaksasi pernapasan sangat cocok untuk kamu yang memiliki pikiran bercabang atau overthinking.

Kamu tak perlu berusaha untuk mengosongkan pikiran. Tutup saja mata dan sadari napas yang kamu hirup lalu hembuskan.

Tutup mata. Dengan lembut, ambil napas lalu hembuskan dengan lambat. Buka mata, tarik napas lagi dan hembuskan dengan lambat. Tutup mata lagi dan ulangi seterusnya.

Saat kamu membuka mata sembari menarik napas, bayangkan bahwa kamu siap untuk menghadapi kenyataan yang ada.

Dan saat kamu menutup mata sembari menghembuskan napas, bayangkan bahwa kamu memiliki dunia sendiri yang damai dan tenang.

3. Teknik Relaksasi Pernapasan dan Humming

Teknik Relaksasi Pernapasan
Teknik Relaksasi Pernapasan dan Humming

Terlalu banyak kebisingan membuat kita semakin stress. Baik suara-suara yang datang dari luar atau pun suara-suara yang datang dari isi kepala kita sendiri, tanpa disadari bisa menjadi pemicu stress.

Jika hal ini terjadi padamu, maka jelas bahwa kamu sedang memiliki masalah. Tenang. Sebelum memikirkan bagaimana solusi dari masalah-masalah hidupmu, biarkan tubuh rileks agar bisa berpikir lebih jernih.

Teknik relaksasi pernapasan kali ini menggunakan suara kita sendiri untuk menyangkal suara-suara lainnya. Sehingga mempraktikkannya pun lebih mudah sebab kamu tak harus berada di suasana yang hening.

Caranya, ambil napas dengan lambat dan penuh penghayatan sembari menutup mata. Lalu saat menghembuskan napas, mulailah mengeluarkan suara yang berasal dari bagian tenggorokan.

Teruslah melatih fokus pada pernapasan dan suara yang kamu keluarkan. Manfaat teknik relaksasi ini menenangkan otak serta mengirimkan getaran ke seluruh tubuh yang membuat kita menjadi lebih rileks.

Kamu punya waktu yang sempit dan pekerjaan yang banyak? Coba ikut 7 Pilihan Relaksasi Yang Dapat Menghilangkan Capek Setelah Bekerja.

4. Meditasi Teknik Mindfulness

Meditasi Teknik Mindfulness
Meditasi Teknik Mindfulness

Teknik mindfulness adalah cara paling kuno tetapi juga paling ampuh dalam mengatasi ketegangan otot. Ini tentang bagaimana kita memperhatikan atau menyadari perasan dan pikiran yang ada pada diri sendiri.

Saat ini, kita disibukkan dengan berbagai impian, pikiran dan bayangan tentang masa depan. Selain itu ada juga sebagian dari kita yang mungkin masih sibuk memikirkan masa lalu.

Nah, mindfulness membantu kita dengan sepenuh kesadaran untuk hadir di masa kini. Ini juga tentang bagaimana kita berhati-hati dalam mengolah pikiran dan perasaan.

Cari tempat yang paling nyaman dan ambil posisi paling nyaman bagimu. Lalu tarik napas dengan lembut, biarkan semua perasaan dan pikiran mengalir dengan sendirinya.

Terimalah semua itu tanpa menghakimi diri sendiri. Lalu secara perlahan, mulailah kembali mengatur napas dengan penuh kesadaran. Jika pikiran masih terus bergerak tanpa arah, terima dan biarkan saja.

Nikmati aliran napas tanpa menghakimi diri sendiri. Jika kamu ingin berhenti, maka hentikan dulu. Cara relaksasi ini hanya bisa dilakukan pelan-pelan tanpa memaksakan diri.

Setelahnya mungkin kamu akan melakukan teknik ini lebih lama dari biasanya, karena pikiran sudah mulai terlatih.

Kamu juga bisa baca 6 Manfaat Mindfulness Dalam Suatu Hubungan Percintaan.

5. Teknik Memijat Diri Sendiri

Relaksasi Dengan Memijat Diri Sendiri
Relaksasi Dengan Memijat Diri Sendiri

Betapa hati bahagia jika ada pasangan atau seseorang yang memberi perhatian pada kita. Seseorang yang memijat tubuh kita saat lelah dan mengucapkan kata-kata semangat yang membuat kita termotivasi.

Tetapi jangan bersedih jika kamu masih sendiri. Sebab relaksasi tubuh bisa dilakukan dengan memijat diri sendiri. Dalam teknik ini juga termasuk suatu tindakan mencintai diri sendiri.

Cara ini bisa kamu lakukan disela-sela sibuknya bekerja. Nah, seorang yang peka pada tubuhnya sendiri, pasti sadar apa yang diinginkan tubuhnya. Semisal saat kamu bekerja, lalu merasa stress seketika, kamu sadar bahwa tubuhmu butuh sedikit relaksasi.

Pijatlah pelan-pelan dibagian lengan dan ujung bahwa kepala. Sembari mengucapkan kata-kata positif pada diri sendiri dalam hati seperti “Wahai tubuhku yang lelah, bersabarlah, proses tidak pernah mengkhianati hasil”

“Wahai tubuhku yang lelah, terimakasih sudah membantuku melakukan pekerjaan, bersabarlah, tidak ada yang sia-sia”

Lakukan pijatan pada tubuh selama kurang lebih 5 sampai 10 menit sembari mengucapkan afirmasi positif. Atau sesekali kamu juga bisa mengelus-elus kepala dan rasakan sentuhan di rambutmu.

Teknik relaksasi ini jelas membuat hati lebih tenang dan juga membantu kita mencintai diri sendiri.

Selain itu kamu juga bisa mendengarkan musik untuk menenangkan hati. Hal ini dikenal dengan istilah Art Therapy. Baru tahu? Coba baca 6 Kegiatan Ini Ternyata Bagian dari Art Therapy, Yuk Kenali Lebih Jauh.

6. Berdoa

Relaksasi Dengan Cara Berdoa
Relaksasi Dengan Cara Berdoa

Ada saat dimana semuanya tidak mampu lagi kita atasi sendiri. Ada saat dimana kita merasa butuh suatu tempat untuk bersandar.

Nah, jika spiritualitas atau keyakinan tertentu mempunyai makna yang dalam bagimu maka sangat ampuh manfaatnya untuk melakukan relaksasi dengan cara berdoa.

Dalam berdoa, perlu disadari bahwa kita sangat bergantung dan meyakini ada suatu kekuatan besar yang bisa menolong kita. Cara ini bisa membuat hati kita lebih tenang sehingga tubuh pun ikut merasa rileks.

Secara teknik, mungkin kita memiliki cara yang berbeda-beda. Tetapi pada intinya, kita perlu mempersiapkan pikiran dan hati yang bersih agar lebih fokus saat berdoa.

Sebab seringkali pikiran dan bayangan-bayangan yang abstrak muncul secara otomatis layaknya sebuah video didalam kepala kita. Hal ini terjadi disebabkan kita tidak membersihkan niat dan hati terlebih dahulu sebelum berdoa.

Berdoa juga adalah media paling tepat dalam mencari keheningan. Coba pelajari 4 Manfaat dan Potensi Dari Keheningan yang Selalu Kita Abaikan

Akhir Kata

Mempelajari teknik-teknik relaksasi ini tidaklah sulit sebab semuanya cukup sederhana. Yang tersulit dari semua ini adalah mempertahankan apa yang sudah kita mulai.

Terkadang di kondisi yang buruk kita bersungguh-sungguh untuk memperbaiki diri, mencari cara untuk menenangkan hati, tetapi setelah semuanya membaik kita melupakan semuanya.

Maka yang terpenting dari semuanya adalah terus mengulang dan mempertahankan segala hal positif yang sudah kita capai. Akhir kata, sekianlah artikel tentang 6 Teknik Relaksasi yang Ampuh Menenangkan Pikiran. Semoga bermanfaat!

Written by Ilham Damanik

Menyendiri-Merenung-Hening