in

11 Teknologi Berukuran Kecil yang Bisa Merubah Hidupmu

Teknologi Kecil Yang Merubah Hidup

Salah satu teknologi berukuran kecil terkini yang paling berpengaruh dalam kehidupan manusia adalah smartphone. Namun, ada juga berbagai benda-benda lainnya yang mungkin kamu tak pernah menggunakannya.

Tak peduli apakah kamu mau menurunkan berat badan, melindungi rumahmu atau lebih memperhatikan kesehatanmu, kamu bisa mengandalkan teknologi-teknologi berukuran kecil untuk hal-hal tersebut.

Walaupun beberapa orang sering memperdebatkan tentang apakah teknologi itu merubah interaksi sosial manusia, tapi jika kita melihat sisi positifnya, maka teknologi bisa digunakan untuk meningkatkan kualitas hidup dengan berbagai cara–dan luar biasanya, kamu tak butuh ukuran besar atau harga yang mahal. Berikut adalah beberapa contoh terbaik yang bisa kamu coba.

1. Pelacak Kebugaran

Pelacak Kebugaran
Pelacak Kebugaran

Teknologi wearable seperti Fitness Tracker atau Pelacak Kebugaran itu lebih berguna daripada yang kamu kira, lho. Bahkan, menurut penelitian, diperkirakan sekitar 20 persen orang yang menggunakannya, merasa dibantu dengan teknologi kecil ini karena memberikan statistik lengkap yang membuat mereka bisa tetap sehat.

Pelacak Kebugaran ini bisa membantu orang-orang yang menderita hipertensi karena teknologi ini memberikan petunjuk penting tentang efek dari berbagai kegiatan fisik yang mereka lakukan, serta dari asupan makanan ataupun stress yang akan berefek pada tekanan darah mereka.

2. Alat Pemantau Rumah

Alat Pemantau Rumah
Alat Pemantau Rumah

Bisa memantau dan mengganti berbagai hal dari jarak jauh seperti temperatur dalam rumah itu benar-benar berguna bagi banyak orang karena membuat mereka bisa berhemat.

Selain itu, alat ini juga merupakan salah satu cara terbaik untuk membuat rumah tetap aman sepanjang waktu. Alat ini biasanya berukuran kecil dan tak menganggu, serta mereka juga bisa bekerja dengan smartphone.

Selain mengganti temperatur, alat ini juga bisa mengunci pintu-pintu dan mematikan lampu dari jarak jauh. Bahkan, alat ini juga bisa memonitor berbagai masalah dalam rumah yang bisa mengakibatkan kerusakan besar, seperti banjir. Jadi, alat ini akan memberikan pemberitahuan sebelum kerusakan itu menyebar.

3. Timbangan Makanan Elektronik

Timbangan Makanan Elektronik
Timbangan Makanan Elektronik

Apakah kamu benar-benar menyadari berapa banyak makanan yang kamu makan setiap harinya? Banyak orang-orang sekarang yang kelebihan berat badan walaupun mereka sudah berusaha untuk mengontrolnya.

Bahkan, menurut penelitian, kematian karena kelebihan berat badan lebih banyak daripada kematian karena kelaparan. Hal ini karena kebanyakan orang-orang lebih suka mengkonsumsi makanan atau minuman cepat saji yang mengandung banyak gula.

Namun, kamu bisa mengendalikannya dengan timbangan makanan elektronik, sehingga kamu makan dengan porsi yang pas. Dengan melakukan hal ini setiap kamu makan, kamu akan terbiasa makan dengan porsis sedikit, sehingga kamu tak merasakan lapar sepanjang hari.

Hasilnya, kamu akan kehilangan banyak berat daripada saat kamu berolahraga rutin,  tapi tanpa memperhatikan porsi makan. Oh ya, bahkan ada juga ada timbangan yang memiliki informasi tentang makanan dan bisa disambungkan dengan smartphone.

4. Penyaringan Air di Kulkas

Penyaringan Air di Kulkas
Penyaringan Air di Kulkas

Banyak kulkas-kulkas zaman sekarang yang mempunyai sistem penyaringan air di dalamnya, sehingga airnya akan lebih bersih dan berasa lebih enak. Alat ini sangat berguna apabila saat terjadinya berbagai masalah yang berhubungan dengan air, seperti air yang tercemar, misalnya.

Tentu saja kamu masih tetap harus membaca dulu petunjuk dan informasi lengkap dari kulkasnya untuk mengetahui jenis penyaringan air apa yang digunakan, serta mampu menyaring apa saja, sehingga kamu tak meminum air yang seharusnya bisa disaring lebih baik lagi dengan kulkas yang tepat.

5. Pemutar Musik

Pemutar Musik
Pemutar Musik

Ya, di antara teknologi-teknologi yang disebutkan di atas, pemutar musik ini memang terlihat tak pantas masuk ke daftar ini. Kamu pasti bertanya-tanya, bukan, kenapa pemutar musik masuk ke dalam teknologi kecil yang bisa merubah hidup?

Kita semua tahu bahwa pemutar musik itu adalah alat yang sangat berguna untuk membawa ratusan, bahkan ribuan lagu yang bisa masuk ke kantong celanamu–hal ini sudah merupakan pengetahuan umum.

Namun, pernahkah kamu menyadari tentang efek dari musik yang berpengaruh ke pada kondisi kesehatan mentalmu? Banyak penelitian yang menyatakan bahwa mendengarkan musik yang kamu suka bisa menurunkan kadar stres hingga 61 persen, lho. Stres berlebihan bisa membunuhmu, sehingga bukan hal yang mengejutkan untuk melakukan investasi jangka panjang kepada teknologi yang menurunkan stres dan meningkatkan kualitas hidup.

6. Monitar Gula Darah

Alat Monitor Gula Darah
Alat Monitor Gula Darah

Apakah kamu menderita diabetes? Atau kadar gula darahmu tinggi? Atau keluargamu punya riwayat dengan penyakit diabetes? Jika memang iya, maka monitor gula darah adalah teknologi kecil yang sangat berguna dan wajib untuk kamu miliki.

Monitor ini memang telah tersedia selama beberapa tahun terakhi ini, namun teknologi dalam monitor ini selalu berkembang setiap waktu.

Hasilnya, menggabungkan monitor gula darah dengan pelacak kebugaran bisa memberikanmu salah satu pertahanan terbaik terhadap bahaya dari mempunyai kadar gula darah yang tinggi. Dengan kata lain, teknologi kecil ini bisa benar-benar menyelamatkan hidupmu.

7. Gantungan Kunci Bertenaga Matahari

Gantungan Kunci Bertenaga Matahari
Gantungan Kunci Bertenaga Matahari

Mati listrik di Indonesia sepertinya meningkat saja setiap tahunnya. Serta penting untuk memperhatikan dari kerusakan yang disebabkan oleh berbagai alat yang menggunakan listrik, seperti polusi dan lain sebagainya.

Untungnya, gantungan kunci bertenaga surya ini membuat alat-alatmu tetap terisi penuh tanpa adanya listrik dan juga ramah untuk lingkungan di saat yang sama. Pengisi daya portable yang bisa dibawa ke mana-mana ini juga berfungsi sebagai gantungan kunci dan sering juga punya fitur senter di dalamnya.

Cukup keluarkan charger ini di bawah sinar matahari untuk mengisi ulangnya, lalu setelah penuh, kamu bisa menggunakannya untuk mengisi daya dari smartphone atau elektronik apapun yang bisa diisi menggunakan kabel USB.

8. Alat Pelacak Barang

Alat Pelacak Barang
Alat Pelacak Barang

Salah satu kekurangan terbesar dari teknologi-teknologi kecil zaman sekarang adalah dikarenakan ukuran mereka, maka mereka bisa dengan mudah hilang entah kemana.

Nah, maka dari itu, jika kamu membutuhkan alat untuk melacak keberadaan teknologi-teknologi tersebut atau sekedar untuk melacak kunci atau apapun, kamu bisa menggunakan alat pelacak barang.

Cukup tempelkan pelacak kepada barang apapun yang kamu inginkan dan kamu bisa melihat lokasinya secara real-time menggunakan aplikasi yang telah di sediakan di smartphone-mu. Cukup berguna, bukan? Apalagi bagi kamu yang pelupa dan sering lupa menempatkan barang-barang kecil.

9. Korek Api Tesla Coil

Korek Api Tesla Coil
Korek Api Tesla Coil

Korek api cair bisa bocor dan sangat cepat habisnya, untungnya sekarang sudah ada teknologi kecil yang membuatmu bisa menggunakan korek api hingga ribuan kali.

Korek api tesla coil ini tidak mengeluarkan api, melainkan sebuah gelombang listrik tahan angin.

Korek api ini punya desain yang jauh lebih ramah lingkungan dari korek api biasa dan dalam sekali charge, kamu bisa memantik hingga 300 kali sebelum baterainya habis dan harus kamu isi ulang lagi.

10. Dompet RFID

Dompet RFID
Dompet RFID

Di zaman serba digital ini, kartu kredit , debit ataupun kartu lainnya tak akan aman kalau hanya dimasukkan ke dompet biasa saja. Cukup dengan satu alat kecil yang didekatkan di sakumu, maka seluruh uang yang ada dalam rekeningmu akan ludes tak tersisa.

Untungnya untuk melawan pencurian digital tersebut, ada sebuah teknologi kecil sangat berguna bernama Dompet RFID. Dompet ini memberikanmu perlindungan ekstra dengan bahan khusus yang melapisinya, sehingga tak akan ada pencuri yang bisa menguras habis rekeningmu lagi.

11. Alat Penerjemah Bahasa Lewat Suara

Alat Penerjemah Bahasa Lewat Suara
Alat Penerjemah Bahasa Lewat Suara

Banyak dari kita yang tak bisa berbicara bahasa asing, maka dari itu bagi orang-orang yang suka traveling, hal ini akan cukup menganggu pengalaman traveling mereka karena mereka tak bisa mengobrol dengan orang-orang lokal.

Untungnya, sekarang telah diciptakan alat penerjemah langsung yang bisa menerjemahkan otomatis secara real-time apa yang kamu dan orang lain bicarakan. Teknologi ini terbagi menjadi dua bagian. Satu untukmu dan satu untuk orang yang ingin kamu ajak bicara–keduanya di pasang di telinga.

Setelah itu, kalian berdua tinggal berbicara saja dan alat ini akan menerjemahkan omongan satu sama lain kepadamu lewat alat itu yang akan langsung kamu dengar. Alat ini masih dalam tahap percobaan, namun kamu sudah bisa membelinya, kok.

Baca Juga: 11 Fitur Tersembunyi di Google Chrome Mempercepat Pekerjaanmu

Pada umumnya teknologi telah berhasil meningkatkan taraf hidup dari hampir setiap orang di seluruh dunia–tak peduli apakah mereka anak-anak atau orang tua sekalipun. Namun, teknologi-teknlogi kecil di atas adalah teknologi yang kadang orang-orang tak tertarik padahal punya efek yang luar biasa pada kualitas hidup mereka. Apakah kamu tertarik untuk mencoba salah satunya?

Written by Mirza M. Haekal

Mirza is a Digital Nomad that tries to live a healthy and productive lifestyle.