in ,

9 Tips Menghadapi Teman Kerja yang Suka Cari Muka

Setiap orang pasti tidak akan pernah berharap memiliki teman kerja yang suka cari muka. Akan tetapi kamu tidak bisa memilih orang yang akan jadi rekan kerja kamu. Menghadapi rekan kerja yang suka cari muka tentunya menjengkelkan.

Hari-hari kamu mungkin akan diliputi oleh rasa kesal dan emosi menjadi sulit untuk dikendalikan.

Meskipun begitu kamu tidak boleh putus asa apalagi sampai memutuskan untuk resign. Berikut ini 9 tips menghadapi teman kerja yang suka cari muka.

1. Jangan Terlalu Dekat dengan Teman Kerja yang Suka Cari Muka

Memberi Jarak Kepada Teman kerja
Memberi Jarak Kepada Teman kerja

Berteman dengan siapa saja di lingkungan kerja merupakan suatu hal yang wajib dilakukan. Berteman bukan berarti kamu harus dekat dengan orang tersebut. Jika kamu sudah mengetahui bahwa teman kerja kamu suka cari muka maka kamu jangan terlalu dekat dengan dia.

Jika kamu dekat dengan dia, kamu justru akan merasa kesal dan sakit hati.

Sebaiknya kamu coba menghindari hal-hal yang berhubungan dia. Namun ingat, kamu harus tetap bersikap profesional dan tidak boleh membencinya.

Bagaimanapun kalian berada dalam lingkungan kerja yang sama sehingga kalian harus sama-sama menjaga lingkungan kerja supaya tidak mengganggu yang lain.

Jika teman kerja kamu yang suka cari muka melakukan sesuatu yang menurut kamu salah, kamu tidak boleh langsung marah atau dendam.

Tetaplah bersikap baik dan merespon dia dengan sewajarnya. Kamu hanya perlu untuk tidak terlalu terlibat dalam kehidupannya.

Baca Juga : 9 Tips Beradaptasi Agar Kamu Betah di Tempat Kerja Baru

2. Tidak Perlu Menanggapi Sikapnya Secara Berlebihan

Tidak Perlu Menanggapi Berlebihan
Tidak Perlu Menanggapi Berlebihan

Salah satu tips menghadapi teman kerja yang suka cari muka adalah mengabaikan sikapnya dan jangan menanggapi secara berlebihan.

Ketika rekan kerja sedang mengajak kamu untuk membicarakan orang lain entah rekan kerjanya atau atasannya maka sebaiknya kamu tidak perlu menanggapinya secara berlebihan.

Lebih baik lagi jika kamu mengabaikan.

Kamu sebaiknya perlu berhati-hati dengan teman kerja yang suka cari muka karena mereka sulit untuk dipercaya.

Jika kamu ikut terlibat membicarakan orang lain bersama dia maka suatu saat kamu juga akan menjadi bahan pembicaraan dia. Sebaiknya kamu jangan terlibat dalam pikiran buruknya.

3. Buktikan Bahwa Kamu Bisa Bekerja Profesional

Bekerja Profesional
Bekerja Profesional

Jika membicarakan rekan kerja yang suka cari muka tidak akan ada habisnya dan justru membuat kamu sakit hati sendiri. Oleh sebab itu kamu tidak perlu repot-repot mengurusi tingkah rekan kerja kamu yang suka cari muka tersebut. Lebih baik fokus terhadap diri kamu sendiri.

Lakukanlah pekerjaan semaksimal mungkin sehingga kamu bisa menjadi karyawan yang berprestasi. Tunjukanlah kepada teman kerja kamu bahwa kamu adalah karyawan yang berkualitas dan profesional.

Kamu bisa mencetak prestasi melalui cara yang berkelas, tidak perlu menjilat atau mencari muka kepada atasan dan rekan kerja lainnya.

Dengan berprestasi, kamu bisa memberikan contoh yang baik kepada dia sekaligus kamu menyadarkannya. Kamu bisa menyadarkannya bahwa suatu pencapaian bisa dicapai dengan kerja keras bukan karena pencitraan saja.

Namun, jika teman kerja yang suka cari muka tidak peka dan tidak kunjung sadar diri maka biarkan saja karena itu sudah jadi karakter dia. Yang paling penting adalah kamu tidak meniru perbuatan dia.

4. Jangan Mudah Tertipu dengan Sikap Baiknya

Tidak Tertipu Dengan Sikap Baik
Tidak Tertipu Dengan Sikap Baik

Berprasangka buruk kepada orang lain adalah perbuatan yang tidak baik. Salah satu tips untuk menghadapi teman kerja yang suka cari muka adalah dengan waspada terhadap sikapnya. Waspada dan berprasangka buruk adalah hal yang berbeda.

Seseorang yang bermuka dua memiliki sikap yang berubah-ubah. Terkadang dia bersikap menyebalkan dan terkadang sikap dia sangat baik sekali terhadap kamu.

Selain itu sikap berubah-ubah dia juga bisa terlihat dari cara dia memperlakukan seseorang dengan berbeda, misalnya dia bersikap manis dihadapan atasan namun dia bersikap sangat buruk kepada rekan kerjanya.

Meskipun dia terlihat sangat baik kepada kamu sebaiknya kamu tetap waspada dan langsung luluh atau menilai bahwa dia telah berubah. Apalagi jika kamu sampai memutuskan untuk berteman dengannya karena sikap manisnya tersebut.

Kamu tidak akan pernah tahu apa yang terjadi. Bisa jadi meskipun dia berbuat baik di depan kamu, di belakang dia membicarakan kamu. Oleh sebab itu jagan terburu-buru mengambil keputusan untuk berteman baik dengannya.

5. Mampu Mengatur Emosi

Mampu Mengatur Emosi
Mampu Mengatur Emosi

Memiliki rekan kerja yang suka cari muka memang membuat kesal dan emosi. Namun sebaiknya kamu bisa mengendalikan emosi kamu untuk menghadapi tipe rekan kerja yang seperti itu. Jangan terlalu mudah terpancing dengan sikapnya yang menyebalkan.

Jika sikap dia sangat menjengkelkan dan membuat  kamu kesal, kamu harus tetap santai dan menghadapinya dengan elegan. Kamu tidak perlu mengklarifikasikan ucapan dia dengan emosi yang meletup-letup. Kamu harus menjelaskan kepada semua orang bahwa tindakan kamu tidak seperti yang dia bicarakan.

Jika kamu berbicara sambil marah-marah maka orang-orang tidak akan percaya kepada kamu dan lebih mempercayai rekan kerja kamu yang suka cari muka tersebut.

Baca Juga : 11 Cara Bekerja Dengan Ikhlas Tanpa Merasa Terbebani

6. Percaya Diri

Memelihara Rasa Percaya Diri
Memelihara Rasa Percaya Diri

Memiliki rekan kerja yang suka cari muka dan selalu dipuji oleh atasan atau rekan kerja lainnya terkadang bisa membuat insecure.

Meskipun dia sering mendapat pujian atau posisinya lebih unggul dari pada kamu, kamu tidak boleh minder. Lebih baik diamkan saja. Iri hanya akan membuat kamu tidak berkembang menjadi lebih baik.

Meskipun dia selalu disanjung-sanjung, diberi kepercayaan mengerjakan proyek yang besar bahkan dinaikan jabatannya, kamu tidak boleh merasa kalah. Tetaplah percaya diri dengan kemampuan kamu.

Kamu bekerja berdasarkan kapasitas dan kempunan kamu sehingga tidak perlu repot-repot untuk cari muka. Kamu bisa mengembangkan skill  supaya mampu membuktikan bahwa kamu memiliki potensi bukan hanya pencitraan saja.

7. Tidak Perlu Bermusuhan dengan Teman Kerja yang Suka Cari Muka

Tidak Perlu Bermusuhan Dengan Teman Kerja
Tidak Perlu Bermusuhan Dengan Teman Kerja

Kesal terhadap rekan kerja yang suka cari muka memang wajar namun memusuhinya bukanlah hal yang dapat dibenarkan. Sekalipun kamu menjadikan dia musuh keadaan tidak akan berubah, dia tetap akan mencari muka. Menjadikan dia musuh justru dapat merugikan kamu sendiri.

Orang bermuka dua biasanya pandai membual. Jika kamu menunjukan ketidaksukaan kamu secara terang-terangan. Kemudian dia tahu bahwa kamu tidak menyukainya dan bersikap buruk kepadanya, maka dia akan semakin menyudutkan kamu di hadapan banyak orang-orang.

Berhati-hatilah dengan dia karena dia dapat memutar balikkan fakta sehingga kesannya kamu yang buruk dan dia adalah seorang korban dari sikap buruk kamu.

Dengan begitu, semua orang akan berpihak kepadanya dan membenci kamu. Oleh sebab itu menghindari penjilat adalah hal hal perlu kamu lakukan.Ingat, bersikaplah profesional.

8. Jangan Pernah Curhat Dengan Teman Kerja yang Suka Cari Muka

Menghindari Curhat
Menghindari Curhat

Terkadang saat jam istirahat atau jam-jam mau pulang karyawan bisanya saling curhat supaya melepas lelah karena mengutarakan isi hati dapat membuat lega. Kamu bisa curhat dengan siapa saja namun jangan pernah sekali-kali curhat dengan orang bermuka dua. Itu sangat berbahaya.

Jika kamu curhat dengan dia maka dia dapat mengetahui rahasia kamu. Terlebih jika isi curhatan kamu adalah membicarakan orang lain.

Dijamin rahasia kamu akan bocor kemana-mana. Mengerikan bukan? Oleh sebab itu jika ingin berbicara dengan dia bicarakan saja urusan kerja. Dan minimalkan interaksi dengan dia.

9. Bersikap Tegas

Bersikap Tegas
Bersikap Tegas

Kesabaran seseorang itu terbatas, termasuk kesabaran kamu. Terus bersabar menghadapi rekan kerja yang suka mencari muka adalah sebuah tantangan.

Namun jika rekan kerja kamu sudah keterlaluan kamu harus bersikap tegas. Misalnya dia menindas kamu dan memanfaatkan kamu sebagai batu loncatan untuk kesuksesan dia sendiri.

Jangan mau ditindas dan dimanfaatkan terus menerus. Kamu yang berusaha payah, dia yang mendapat pujian dari atasan. Kamu bisa berbuat tegas dengan cara menegurnya. Kamu tidak perlu sungkan atau takut karena kamu benar.

Jika dia mengabaikan teguran kamu, kamu bisa mengadukan dia ke atasan. Orang yang seperti itu tidak boleh dibiarkan saja. Jika kamu membiarkannya maka dia akan semakin bertindak seenaknya terhadap kamu.

Baca Juga : Rekan Kerja Berusaha Menjatuhkan, Ini 8 Tips Menghadapinya

Itulah 9 tips untuk menghadapi rekan kerja yang suka cari muka. Memang menghadapi orang semacam itu bukanlah perkara yang mudah. Semoga tips-tips tersebut dapat membantu kamu yang sedang memiliki rekan kerja dengan tipe seperti itu.

Ingatlah jangan sekali-kali kamu berfikir akan menjadi seperti dia demi mendapatkan pujian dan jabatan yang lebih tinggi. Kesuksesan yang didapatkan dengan cara yang tidak benar tidak akan bertahan dengan lama.

Written by Elsa Cordana

Suka bermimpi dan berusaha menggapai mimpi