in

5 Tips Agar Tetap Tenang Menghadapi Psikotes

Tenang Menghadapi Psikotes
Tenang Menghadapi Psikotes

​​Psikotes saat ini menjadi momok yang menakutkan bagi calon karyawan. Umumnya tes seperti ini dilakukan perusahaan untuk menilai kemampuan dan kepribadian seseorang. Sehingga diharapkan dapat menjalankan tugas dari perusahaan dengan efektif dan efisien.

Mempersiapkan diri saat menghapi psikotes tentu hal sangat penting. Tetapi jauh daripada itu, mendapati persepsi yang tepat dalam memandang psikotes juga jauh lebih penting.

Tidak hanya untuk dapat mengenali kepribadian dari calon karyawan. Psikologi test juga mampu untuk membaca potensi yang dimiliki calon karyawannya. Ini sebaiknya menjadi acuan kita dalam memandang ujian seperti ini.

Pada diri seseorang, terdapat keunikan-keunikan tersendiri yang sangat dibutuhkan untuk roda industri berjalan kearah yang lebih baik. Dengan berbagai variasi keunikan yang ada pada diri seseorang, membuat seluruh karyawan didalam sebuah perusahaan dapat mengisi kekosongan satu sama lain.

1. Tes Psikologi Mencoba Memetakan Kecerdasanmu

Kecerdasan yang dimasud tidak hanya dalam ranah intelegensi, tetapi secara luas terkait dengan kecerdasan emosional dan spiritual. Adanya beberapa posisi tertentu didalam sebuah perusahaan membutuhkan kemampuan kepemimpinan dengan level yang baik, seperti posisi manager, para calon kandidat haruslah memiliki kecerdasan emosioanl dan spritiual yang baik.

Nah, untuk itu sangat penting kita mampu membuat diri kita setenang mungkin dengan mengontrol emosi dan tetap berdoa kepada Tuhan sebelum menghadapi psikotes.

2. Bangun Kepercayaan Diri

Dalam menghadapi suatu tekanan tertentu atau berada didalam situasi yang cukup menegangkan, penting untk kita jauh sebelum menghadapi ujian psikotes, kita sudah mempersiapkan diri dengan sebaik-baiknya. Membangun kepercayaan diri sangat penting, agar kita melalui ujian dengan sikap yang tenang.

Melihat soal-soal latihan psikotes online akan sangat berguna membangun rasa percaya pada diri sendiri,. Ini membuat kita dapat memahami skenario atau masalah yang mungkin kita hadapi selama menjalani ujian. Setelah mengetahui skenario apa saja yang mungkin terjadi, kita akan lebih percaya diri dalam menghadapi psikotes tersebut.

3. Ketepatan Posisi Dalam Bekerja

Karyawan atau calon karyawan yang berhasil dalam pekerjaannya akan mendapati promosi untuk jabatan atau posisi yang berbeda. Perusahan juga kerap melakukan rotasi untuk menyesuaikan kemampuan dari karyawannya. Mungkin kamu menginginkan suatu jabatan atau posisi tertentu, jika spesifikasi pekerjaan tersebut tidak tepat bagi dirimu, saat kamu mendapatkannya, maka kamu tidak akan mampu mengerjakannya dengan baik.

Itulah mengapa, tidak lulus sebuah psikotes bukan berarti kamu tidak cerdas atau tidak mampu bekerja. Hanya saja, posisi tersebut tidak cocok dengan kemampuan atau kepribadian dirimu.

Bagi perusahaan, memiliki karyawan yang bekerja sesuai dengan keahliannya dapat membuat produktivitas meningkat dengan sangat baik. Pekerjaan bukanlah sesuatu yang menjadi beban bagi karyawan, tetapi hal positif yang membantu mengaktualisasi diri para karyawan.

4. Kesehatan

Kesehatan sangat penting untuk menunjang produktivitas dan kemampuan kita dalam menghadapi masalah. Sangat penting untuk memiliki waktu tidur yang cukup, mengkonsumsi buah, dan makanan yang bergizi. Hal ini tidak boleh dipandang sebelah mata, kekurang nutrisi dalam tubuh, dapat menyebabkan kita mengalami kesulitan saat menghadapi psikotes.

Bagi seseorang dengan tingkat kecemasan yang tinggi, tidur menjadi sangat penting dalam menghapi situasi ini.

5. Berdoa

Sebagai makhluk yang memiliki koneksi dengan sumber kekuatan yang lebih tinggi, maka sebaiknya menanamkan keyakinan bahwa Tuhan akan membantu diri saat menghapi ujian psikotes. Melibatkan Tuhan artinya menumbuhkan keyakinan dan kepercayaan didalam diri kita.

Jauh sebelum menghapi psikotes, sebaiknya kita berinteraksi dengan Tuhan dan memohon bantuan dan kelancaran selama proses psikotes kita hadapi.

Baca Juga : 5 Tips Mempersiapkan Diri Menghadapi Psikotes Kerja

Kesimpulan

Demikian beberapa tips yang mungkin bisa anda terapkan menyesuaikan kebutuhan anda secara pribadi. Psikotes bukanlah suatu hal yang perlu ditakuti, itu hanya menunjukkan kemampuan seseorang dari variabel psikologi. Namun anda memiliki kemampuan dan kekuatan yang tersembunyi, dan siapapun tidak akan pernah mampu membacanya.

Yakin pada diri bahwa anda memiliki kemampuan yang baik dan layak untuk mendapatkan suatu pekerjaan adalah bagian dari believe system yang seharusnya anda bangun, alih-alih khawatir tidak lulus psikotes, sebaiknya anda memandang potensi anda yang tidak terbatas.

Written by Muhammad Taufik

You know me...