Tidak Nyaman Dirumah, 7 Cara Ini Dijamin Membuatmu Lebih Betah

Terkadang kita merasa tidak nyaman saat berada dirumah, merasa tidak enak dan

Ilham Damanik Ilham Damanik · 3 min read >
Cara Membuat Lebih Betah Dirumah

Terkadang kita merasa tidak nyaman saat berada dirumah, merasa tidak enak dan terus berpikir untuk segera keluar mencari hiburan.

Seolah-olah rumah tidak memiliki potensi yang lebih besar dari sekedar tempat menyimpan barang-barang dan beristirahat. Padahal rumah seharusnya menjadi tempat kita bisa menjadi diri sendiri dan meluangkan waktu lebih banyak didalamnya.

Rumahku adalah istanaku. Begitulah istilah yang orang-orang dulu katakan, namun berbeda dengan generasi kita sekarang, dan tampaknya rumah sudah kehilangan artinya. Inilah perkara apa tujuan kita berada dirumah serta emosi yang kita rasakan didalamnya.

Lalu apakah kamu benar-benar merasa tidak nyaman dirumah? Tapi tahukah kamu, bahwa konsep rumah mempengaruhi kebahagiaan penghuninnya. Untuk itu, kamu haruslah benar-benar memilih konnsep rumah idaman yang kamu impikan.

Jika benar begitu, mungkin kamu perlu mengikuti beberapa tips berikut ini.

1. Mulai Dengan Memperindah Bagian Depan

Mulailah Untuk Memperindah Bagian Depan Rumah
Mulailah Untuk Memperindah Bagian Depan Rumah

Jika semua hal harus dimulai dengan niat, maka kenyamanan dimulai dari apa yang terlihat. Coba ingat lagi, apa yang kamu rasakan saat melihat pemandangan?

Nah, sama halnya jika kamu mengubah halaman rumah yang biasa saja, menjadi taman yang dipenuhi bunga-bunga. Sebagai contoh kamu bisa menanam beberapa bunga mawar yang membuat orang tak bisa berhenti menatapnya. Jika kamu memiliki halaman yang lebih luas lagi, kamu bisa mengubahnya menjadi jalan berumput.

Jika bagian depan rumah kamu lumayan curam, solusinya mungkin membuat taman menjadi bertingkat-tingkat. Dengan kondisi yang seperti apapun, halaman rumah tetap menjadi cerminan karakter orang-orang yang tinggal didalamnya.

Sangat penting memperindah bagian depan, karena itulah yang akan kita lihat saat pertama kali sampai. Terlebih lagi, warna hijau daun cenderung memberi kedamaian bagi mata yang melihatnya.

Baca Juga : 5 Alasan Mengapa Kamu Perlu Menghabiskan Waktu Sendiri

2. Lanjutkan Pada Bagian Dinding, Warna Apa Yang Kamu Suka?

Perhatikan Warna Dinding
Perhatikan Warna Dinding

Warna kesukaan seseorang bisa berubah-ubah setiap waktu. Namun jangan anggap remeh, ternyata warna yang kita lihat juga berpengaruh terhadap suasana hati. Ilmu pengetahuan telah menunjukkan bahwa warna mempengaruhi reaksi fisik dan emosi yang berbeda-beda.

Bagian dinding yang terlihat monoton mungkin akan menjadi kesan yang membosankan bagi mata. Dengan alasan itu mungkin wajar saja jika kamu merasa tidak betah berada dirumah. Mengubah warna pada dinding rumah adalah solusi terbaiknya, karena warna-warna yang monoton itu akan membuat keresahan dalam diri kamu.

Setiap rumah seharusnya menunjukkan sisi kepribadian penghuninya. Maka pilihlah warna-warna yang kamu sukai untuk dinding rumah. Mungkin beberapa warna yang memiliki makna tersendiri bagi kamu.

Dan kamu bisa menggabungkan warna-warna favorit itu lewat cat dinding dan membuat gradasi atau membuatnya menjadi garis-garis yang terpola, ekspresikanlah seluruh jiwamu disana!

3. Berikan Sentuhan Alam Didalamnya

Berikan Sentuhan Alam Didalamnya
Berikan Sentuhan Alam Didalamnya

Berada di alam membuat kita merasa sangat hidup. Ada sensasi yang lebih menyemangati seseorang saat berada di danau, gunung atau air terjun. Tetapi kita tidak selalu bisa berada disana. Terlebih lagi masyarakat perkotaan yang biasanya jauh dari tempat-tempat yang masih bernuansa alam.

Namun tenang saja karena kamu juga bisa menghidupkan suasana alam didalam rumah. Kamu bisa meletakkan beberapa bahan alami disudut-sudut ruangan, seperti batu alam atau meja dan kursi yang terbuat dari kayu.

Kelilingi diri kamu dengan nuansa alam, dengan menambahkan pot bunga berisi tumbuhan segar yang dapat hidup didalam rumah. Semua itu akan semakin menambah ketenangan dalam hatimu saat berada dirumah.

4. Karya Seni, Campurkan Goresan Warna Yang Penuh Makna

Campurkan Goresan Warna Yang Penuh Makna
Campurkan Goresan Warna Yang Penuh Makna

Semua ada seninya. Saat kamu membuat dekorasi rumah apapun itu sudah termasuk karya seni. Tetapi belum cukup sampai disitu saja, karena tampaknya kamu masih kurang puas jika belum meletakkan beberapa karya seni.

Ini bukan hanya estetika ruang, sentuhan kaya seni akan mempengaruhi kondisi emosi secara personal. Bukan hanya kamu yang akan merasa nyaman, tetapi semua orang yang singgah kerumah.

Bukan hanya sekedar memoleskan warna-warna yang kamu suka pada dinding rumah, tetapi meletakkan beberapa karya seni pada ruang-ruang kosong akan menambah keindahannya.

Setiap karya seni kerap memancing orang-orang untuk mencari dalih serta makna yang terkandung didalamnya, meskipun kamu akan sulit menemukan makna itu tetapi setidaknya karya seni sudah membantu otakmu menjadi lebih aktif. Dengan otak yang cukup aktif, dijamin kamu akan betah seharian dirumah.

5. Pencahayaan Dalam dan Luar Ruang

Perhatikan Pencahayaan Didalam dan Diluar Ruangan
Perhatikan Pencahayaan Didalam dan Diluar Ruangan

Mulai saat ini permainan cahaya akan menjadi favorit kamu. Buatlah dekorasi yang cukup unik, bukan hanya sekedar fokus pada tampilan tetapi juga memperhatikan bagaimana cahaya dapat mengubah perspektif setiap ruangan. Membuat suasana yang memiliki makna personal pada siang dan malam lewat pencahayaan.

Kamu perlu mengubah jendela yang sempit menjadi lebih lebar, lalu meletakkan tirai dengan kain yang agak sedikit transparan agar lebih banyak cahaya yang masuk. Optimalkan cahaya matahari yang alami, untuk mengubah suasana menjadi lebih benderang. Karena cahaya memainkan peran yang sangat penting dalam kondisi perasaan kita.

Untuk pencahayaan buatan, kamu bisa memilih beberapa warna-warni cahaya pada sudut kamar, mungkin dengan lampu-lampu kecil. Diluar ruangan kamu juga bisa meletakkan beberapa lampu taman yang sederhana, dengan lampu berwarna kuning.

6. Bersih dan Tersusun Rapi, Baik Untuk Jiwa

Bersih dan Tersusun Rapi
Bersih dan Tersusun Rapi

Mungkin kamu sering melihat atau mendengar kalimat “Kebersihan adalah sebagian dari iman”. Namun tampaknya tidak sampai disitu saja, faktanya kebersihan serta semuanya yang tersusun rapi didalam rumah dapat memberikan kebaikan pada jiwa kita, berupa ketenangan dan kedamaian.

Rumah yang berantakan, konon katanya mencerminkan suatu kekacauan jiwa serta kesengsaraan. Sementara bukti ilmiah lainnya telah mengkonfirmasi bahwa rumah yang bersih dan rapi, akan membuat penghuninya merasa tenang, damai, puas, serta lebih percaya diri dalam mengendalikan hidupnya.

Untuk menjadi orang yang bersih dan rapi, tentunya harus dimulai dari hal-hal eksternal. Maka jangan terkejut jika tiba-tiba kamu berubah menjadi sosok yang lebih rapi nantinya, karena saat kamu mulai membereskan rumah, itu akan mulai menjadi kepribadianmu.

7. Saat Berada Dirumah, Hubungkan Diri Kamu Dengan Sesuatu Yang  Lebih Besar

Hubungkan Dirimu Saat Berada Dirumah
Hubungkan Dirimu Saat Berada Dirumah

Sangat baik jika kamu memiliki keluarga yang harmonis, atau teman-teman yang positif didalam rumah. Karena bukan hanya sekedar tampilan luar saja, kita juga butuh memperbaiki apa yang ada didalam diri masing-masing.

Jika kamu sudah terhubung dengan orang-orang dirumah dengan baik, menghabiskan waktu untuk makan malam bersama atau bercanda, setelahnya kamu juga perlu menghubungkan diri dengan sesuatu yang lebih besar.

Penelitian telah menunjukkan menghubungkan diri dengan kekuatan yang besar, berkolerasi dengan kesejahteraan dan kebahagiaan. Mungkin tidak semua orang memiliki agama, tetapi semua orang pasti memiliki keyakinan.

Baca Juga : 7 Alasan Mengapa Media Sosial Membuat Kebahagiaan Terancam

Maka sangat penting untuk memperdalam keyakinan kamu saat berada dirumah, semisal merenung beberapa menit sebelum tidur. Karena hal-hal semacam itu akan membawa energi positif masuk ke dalam rumah.

Ilham Damanik
Menulis-Membaca-Bermimpi Read Full Profile