in

8 Tips Agar Pekerjaan yang Berat Terasa Lebih Ringan

Tips Agar Pekerjaan Terasa Lebih Ringan
Tips Agar Pekerjaan Terasa Lebih Ringan

Karyawan memiliki tanggung jawab untuk menyelesaikan pekerjaan mereka. Tekanan dalam pekerjaan akan selalu ada dan datang dari mana saja. Salah satunya bisa juga datang dari diri sendiri.

Hal – hal seperti ini yang kerapkali membuat pekerjaan terasa berat. Apalagi dengan muatan pekerjaan yang makin banyak ketika pekerjaan yang satu belum selesai.

Tak heran kalau banyak karyawan yang stress dengan pekerjaan mereka. Menjalani rutinitas yang itu – itu saja juga menambah rasa jenuh hingga merasa cepat bosan. Ini membuat produktivitas terganggu padahal pekerjaan bisa saja selesai lebih cepat.

Kenali diri kamu sendiri ketika sudah mulai merasa jenuh. Nah, berikut ini tips agar pekerjaan tidak terasa berat jadi kamu bisa terus produktif di kantor!

1. Mengingat Target Karir

Titik jenuh akan selalu ada ketika melakoni pekerjaan. Namun demikian, janganlah berlarut – larut membiarkan tekanan tersebut mempengaruhi produktivitas kamu di kantor.

Saat sudah mulai merasa ingin meninggalkan pekerjaan karena terasa berat, ingatlah lagi target karir yang ingin kamu capai. Merintis karir dari nol memang bukan perkara mudah.

Anggaplah tekanan berat ini sebagai batu loncatan untuk kemajuan karir kamu. Apabila kamu memasang target karir yang tinggi, atur ulang cara pandang kamu melihat kondisi yang sekarang.

Kalau tekanan di posisi kamu yang sekarang sudah kamu anggap berat, bagaimana nanti jika kamu sudah ada di posisi yang lebih tinggi. Untuk membantu kamu selalu ingat dengan target yang kamu sasar, tempelkan notes di meja kerjamu atau di tempat yang sering terlihat.

Masih belum semangat? Kamu bisa pelajari 10 Cara Memotivasi Diri Sendiri untuk Karir yang Lebih Baik.

2. Langsung Selesaikan Pekerjaan

Seringkali yang membuat pekerjaan terasa berat adalah pekerjaan yang menumpuk. Ini dia salah satu tips agar pekerjaan tidak terasa berat.

Selesaikan pekerjaan yang datang secepat mungkin. Apabila nanti ada lagi pekerjaan yang masuk, semua tidak akan tertumpuk.

Kelola waktu dengan baik sehingga pekerjaan bisa langsung selesai. Jika biasanya pekerjaan selesai dalam waktu dua hari, usahakan selesaikan dalam waktu satu hari.

Kendala lain yang membuat pekerjaan menumpuk datang dari sikap menunda. Hilangkan kebiasaan tersebut karena semakin menunda akan semakin banyak pekerjaan yang tidak selesai.

Akhirnya, tanggung jawab pekerjaan jadi terasa lebih berat.

3. Bekerja Adalah Berkarya

Pekerjaan akan terasa lebih berat kalau kamu kamu tidak menikmatinya. Buatlah ini jadi menyenangkan, ubah paradigma kamu dengan bekerja adalah berkarya.

Pekerjaan yang kamu selesaikan adalah sebuah karya yang kamu kontribusikan untuk perusahaan. Semakin banyak tanggung jawab yang kamu selesaikan, semakin banyak juga karya kamu.

Bisa jadi “karya” terbaik yang kamu persembahkan akan membawa kamu ke puncak karir. Tidak ada yang tidak mungkin kalau kamu terus berkarya dengan sepenuh hati.

4. Kelola Waktu Bekerja

Setiap hari pekerjaan datang silih berganti. Seperti yang sudah disebutkan di poin sebelumnya, alangkah lebih baik jika pekerjaan diselesaikan secepat mungkin.

Namun demikian, kadangkala itu juga bukanlah hal yang mudah untuk dilakukan. Kembali lagi, hal ini memerlukan pengelolaan waktu yang baik.

Selesaikanlah pekerjaan yang sulit terlebih dahulu. Alasannya adalah ketika baru akan memulai bekerja pasti suasana hati masih bagus dan belum terlalu stress.

Ketika pekerjaan yang sulit sudah selesai, pekerjaan yang sedikit lebih mudah dan ringan pun akan bisa selesai dengan cepat. Kemudian, kalau ada pekerjaan besar yang membutuhkan waktu lama, bisa dikerjakan dengan cara dicicil.

Maka dari itu, kamu perlu tahu juga skala prioritas pekerjaan mana yang perlu dikerjakan lebih dulu.

Sudah tahu cara mengatur prioritas dalam bekerja? Coba pelajari tentang Kuadran Prioritas, Cara Mengatur Waktu Agar Efektif dan Anti Stres.

5. Bersyukur Punya Pekerjaan

Wajar kalau ada saat merasa pekerjaan kamu sangat berat. Walaupun begitu, pekerjaan adalah tanggung jawab yang wajib kamu selesaikan.

Terlebih lagi, masih banyak di luar sana yang jatuh bangun mencari pekerjaan. Seperti yang kamu tahu sendiri, mendapatkan pekerjaan yang nyaman bukan hal yang mudah.

Di awal karir kamu, kamu tentu juga merasakan hal yang sama. Betapa sulitnya mencari pekerjaan saat itu. Kamu patut merasa beruntung dengan pekerjaan yang sedang kamu jalani.

Pekerjaan yang berat pasti bisa kamu hadapi. Berhentilah sebentar untuk merenung dan bersyukur akan apa yang sudah kamu capai samai detik ini.

6. Minta Bantuan Rekan Kerja

Apabila muatan pekerjaan kamu sudah terasa berlebihan, kamu bisa minta bantuan rekan kerja kamu agar lebih ringan dan kualitas pekerjaan tetap konsisten.

Hal ini mungkin sulit bagi beberapa orang. Di beberapa perusahaan, persaingan yang ketat menjadi kendala untuk meminta bantuan ketika muatan pekerjaan melampaui batas.

Selain itu, tak jarang ada rasa ragu dan takut tidak lagi dipercaya untuk mengerjakan pekerjaan tersebut.

Sebelum meminta bantuan rekan kerja kamu, pastikan bahwa mereka juga sedang tidak sibuk dan bersedia membantu. Terutama kalau mau bekerja di sebuah tim, ada baiknya berdiskusi soal pekerjaan sehingga pekerjaan tidak menumpuk di satu orang.

Kedekatan antar rekan kerja juga dapat menimbulkan rasa nyaman ketika bekerja di kantor. Dengan begitu, pekerjaan akan terasa menyenangkan.

Gak cocok bekerja di kantor? Ingin menjadi pengusaha? Coba pelajari 6 Skill Yang Dibutuhkan Untuk Menjadi Entrepeneur Sukses .

7. Ikhlas dan Lakukan yang Terbaik

Pekerjaan kamu tidak dihargai atau dirasa kurang oleh atasan? Jangan dulu cepat tersinggung yang kemudian membuat kamu merasa pekerjaan terasa sangat berat setiap harinya.

Tentu ada alasan dibalik itu semua. Baik itu kamu maupun atas kamu pasti ingin berkontribusi yang terbaik untuk perusahaan.

Terimalah semua kritik dengan ikhlas dan belajar dari kesalahan. Selalu berikan yang terbaik dalam setiap pekerjaan yang kamu selesaikan. Gunakan semua kemampuan dan potensi kamu.

Selain hasil yang diberikan memuaskan, siapa yang tahu berawal dari sini ada kesempatan untuk kamu naik jabatan. Meskipun tidak pun, memberikan semua yang terbaik bukanlah hal yang salah.

Saat bekerja, kecemasan juga dapat membuat pekerjaan terasa berat. Coba baca 5 Tips Melepaskan Kecemasan Agar Lebih Tenang Dalam Bekerja .

8. Istirahat Sejenak

Apabila memang merasa jenuh sampai semua pekerjaan terasa berat, sebaiknya istirahatlah sejenak. Keluarlah sebentar, hela napas, dan rileks untuk beberapa saat tanpa memikirkan pekerjaan.

Bisa juga dengan memanfaatkan waktu weekend untuk pergi sebentar atau lakukan apapun yang membuat kamu senang. Tinggalkan pekerjaan selama me time kamu agar pikiran pun lebih segar setelahnya.

Jika memungkinkan, bisa juga dengan keluar kota meninggalkan hiruk pikuk yang membuat kamu stress selama beberapa hari.

Sebelum itu, pastikan kamu sudah menyelesaikan tanggung jawab kamu terlebih dahulu agar liburan kamu jauh lebih tenang dan tidak akan ada yang mengganggu kamu sampai nanti kembali ke rutinitas pekerjaan.

Sudah punya rencana untuk liburan? Coba lihat 7 Pilihan Relaksasi Yang Dapat Menghilangkan Capek Setelah Bekerja.

Itulah tadi 8 tips agar pekerjaan tidak terasa berat. Merasa bahwa pekerjaan yang tengah kamu jalani terasa berat sebenarnya adalah hal yang normal.

Akan tetapi, jangan menjadikan hal ini sebuah alasan untuk mengurangi kualitas pekerjaan. Produktivitas dalam bekerja harus tetap dijaga karena bagaimanapun dari sinilah kamu mendapatkan uang untuk menopang kehidupan kamu.

Kamu mau terus merasakan kejenuhan tersebut atau mulai bergerak untuk mengatasinya agar tetap memberikan yang terbaik?

Jawabannya ada pada diri kamu sendiri.

Written by Ana Rostiana

The girl still on her journey to unveil her biggest mystery--her life.