in

5 Tips Agar Tidak Bingung Memilih Pasangan Hidup

Tips Memilih Pasangan Hidup
Tips Memilih Pasangan Hidup

Bingung memilih pasangan hidup?

“Bagaimana cara mengetahui bahwa dia akan menjadi pasangan yang baik dalam hidup ku nantinya?”  “Aku bingung memilih pasangan hidup. Bagaimana aku menentukan pasangan yang baik untuk hidupku?”

Tentu tidak ada satu pun dari pertanyaan tersebut yang memiliki jawaban sederhana. Sebab semuanya membutuhkan penjelasan yang lumayan panjang agar lebih mudah dipahami.

Menemukan pasangan yang tepat tentu akan sangat berpengaruh pada kebahagiaan dan kesejahteraan hidup kita nantinya. Namun untuk mendapatkan yang terbaik, tentu saja prosesnya tidak selalu baik.

Ada hal-hal yang perlu kita perbaiki mulai dari diri sendiri seperti pola pikir dan kebiasaan, setelahnya barulah kita bisa menentukan seperti apa pasangan yang baik untuk kita.

Berikut 5 Tips Agar Tidak Bingung Memilih Pasangan Hidup!

1. Pastikan Pasangan Pilihanmu Memiliki Nilai-nilai yang Sama

Memiliki Nilai-Nilai Yang Sama
Memiliki Nilai-Nilai Yang Sama

Nilai-nilai yang sama juga berarti dasar atau pedoman hidup yang sama. Seseorang yang berbeda dalam hal keyakinan, agama, dan tujuan mungkin akan terpisah seiring waktu.

Berpikirlah realistis dan jangan hanya mengandalkan cinta semata. Seiring berjalannya waktu, nilai-nilai yang sama akan lebih menguatkan tali ikatan hubungan daripada cinta.

Semisal, kamu berbeda agama dengannya tetapi kamu cinta. Sementara hubungan sudah berjalan terlalu jauh dan sangat sulit untuk di akhiri. Hal ini menimbulkan rasa ingin bertahan yang sangat keras sehingga salah satu pihak akan mengikuti agama yang satu lagi.

Dan kalau pun tidak ada salah satu pihak yang mau mengalah mengorbankan agamanya, maka bersiaplah menerima perpisahan atau hidup berdua tapi tak pernah bersatu dan selalu berseteru.

Ada baiknya, jika kamu tidak ingin kehilangan salah satu diantara dua hal penting dalam hidupmu, yaitu agama dan cinta maka hindarilah memulai hubungan seperti ini sejak awal.

2. Keluargamu Setuju dan Keluarganya Juga Setuju

Keluarganya dan Keluargamu Setuju
Keluarganya dan Keluargamu Setuju

Jika kamu tidak memiliki keluarga, maka pastikan keluarganya setuju. Jika dia tidak memiliki keluarga, maka pastikan juga bahwa keluarga kamu setuju.

Karena cinta saja tidak cukup. Seiring waktu hubungan yang hanya dibangun dengan cinta tidak akan bertahan lama jika keduanya tidak mendapatkan persetujuan dari pihak ketiga yaitu keluarga kamu dan keluarga pasangan.

Keluarga kamu akan menjadi aspek pendukung yang berada di garis paling depan dalam membantumu menentukan siapa yang pantas menjadi pasangan hidupmu nantinya.

Orang-orang tercinta terlebih orang tua, mereka akan mengetahui lelaki atau wanita seperti apa yang cocok dan tidak cocok dengan kamu. Jika ia tidak cocok dengan keluarga kamu sejak awal, maka jangan coba-coba melanjutkannya.

Sebab kalau pun kamu bisa melanjutkannya, hubunganmu akan mengalami banyak perselisihan dan mudah sekali cek-cok. Mungkin peringatan ini sudah ada sejak jaman dulu, tetapi jika kamu mengetahui ini memang benar adanya.

3. Hindari Seseorang yang Hanya Mengandalkan Satu Hal Saja

Hindari Seseorang Yang Mengandalkan Satu Hal
Hindari Seseorang Yang Mengandalkan Satu Hal

Apakah pasangan kamu saat ini hanya mengandalkan cinta? Apakah pasangan kamu sebelumnya hanya mengandalkan fisik? Atau apakah pasangan kamu sebelumnya hanya mengandalkan harta?

Jangan memilih pasangan yang terlalu membangga-banggakan sesuatu dan fokus pada satu kelebihannya saja. Sebab bagaimana pun, seiring waktu berjalan semua itu akan pudar dan terasa menjenuhkan.

Tak salah jika kamu mendambakan seorang pasangan hidup yang kaya harta, tapi jangan lupa juga melihat kualitas yang lainnya seperti sikapnya dalam memperlakukan kamu, kedewasaan berpikir dan banyak hal lainnya.

Memang kita tak mungkin mendapatkan pasangan hidup yang sempurna seperti apa yang kita bayangkan, hanya saja terlalu berbahaya jika memilih pasangan yang hanya mengandalkan satu hal saja.

Dengan kata lain, kita perlu mempertimbangkan dengan benar kualitas pasangan hidup yang dipilih.

Seperti bintang yang tak bisa menutupi seluruh gelapnya langit. Satu kelebihan yang paling berkilau pun tak mungkin bisa menutupi seribu keburukan didalamnya.

Baca Juga : 7 Cobaan Sebelum Menikah yang Mungkin Akan Kamu Hadapi

4. Waspadai Seseorang yang Buru-buru Menikah

Waspadai Orang Yang Buru-Buru Menikah
Waspadai Orang Yang Buru-Buru Menikah

Salah satu tips yang tidak boleh dilupakan bagi kamu yang sedang bingung memilih pasangan hidup adalah mewaspadai seseorang yang buru-buru untuk menikah.

Semisal, katakanlah kamu baru mengenalnya satu minggu. Selama seminggu perkenalan kamu dan dia merasa begitu nyambung saat ngobrol, nyaman dan tak ada kekurangan sama sekali.

Kamu dan dia membahas banyak hal tentang rencana pernikahan, makna pernikahan dan lainnya, lalu saat itu kamu merasa dia adalah orang yang tepat begitu pun dia juga merasa kamu orang yang tepat untuk dinikahi.

Namun semuanya berjalan begitu terburu-buru sehingga kamu dan dia tak sempat melihat cela keburukan di dalam diri masing-masing. Hal-hal seperti ini juga dapat disebut love bombing. Baru kenal langsung sayang.

Jangan lupa bahwa pernikahan dilakukan setelah pertunangan. Dan pertunangan dilakukan setelah sama-sama mengenali latar belakang masing-masing.

Melangkah dalam hubungan yang serius dengan seseorang yang belum kita kenal sama saja seperti misi bunuh diri. Maka berhati-hatilah terhadap rasa cinta yang tiba-tiba tumbuh, karena dalam pernikahan cinta saja tidak cukup!

Baca juga: Baru Kenal Si Dia Sudah Jatuh Cinta? Hati-hati Terkena Love Bombing

5. Pilihlah Seseorang yang Bisa Bersahabat Denganmu

Pasangan Seperti Sahabat
Pasangan Seperti Sahabat

Poin paling penting dalam memilih pasangan hidup bukanlah perasaan cinta seperti orang yang pacaran, tetapi persahabatan. Sebab cinta dalam persahabatan tidak ada batasnya, tidak diketahui kapan berawal dan kapan berakhir.

Cinta dalam persahabatan pun melampaui semuanya, selalu memeluk kita di masa kini dengan pahit manisnya kenangan dari masa lalu dan selalu berada disamping kita untuk melangkah menuju masa depan.

Maka pilihlah seseorang yang bisa bersahabat dengan kamu. Seseorang yang bisa bersatu di kala berdua, bukan hanya sekedar berdua saja tetapi tak bisa menyatu.

Menyatu dalam hal ini diartikan sebagai komunikasi, sikap, penerimaan dan kemauan untuk saling memperbaiki. Bukan seperti seseorang yang kamu idamkan, yang belum tentu bisa menerima kamu dan cocok denganmu.

Ingatlah, kesamaan akan menarik kesamaan. Meskipun dalam pengertiannya tidak selalu sesederhana itu, sebab kesamaan juga bisa diartikan seperti negatif dan positif yang bila bersatu akan menghasilkan positif.

Artinya, kesamaan tidak selalu menandakan dua hal yang serupa. Kesamaan dalam konteks pasangan hidup artinya dua kekuatan, dua kelemahan dan dua jiwa yang saling mengisi dan saling melengkapi.

Carilah pasangan hidup yang bisa bersahabat denganmu dan biarkan cinta menjadi bunga-bunga setelahnya.

Baca Juga : Sudah Siap Menikah, 7 Tanda Ini Membuatmu Gak Ragu Lagi

Akhir kata

Sepandai-pandainya kita melihat kebaikan dalam diri seseorang tetap saja orang itu akan menunjukkan keburukan, baik sengaja maupun tak sengaja. Sebab memang tak ada seorang pun yang sempurna.

Maka dalam hal menentukan pasangan hidup, jangan memilih seseorang karena kamu mengagumi kelebihannya, nanti kamu akan menyesal setelah melihat kekurangannya yang begitu banyak.

Jangan pula memilih seseorang karena kamu ingin memperbaiki kekurangannya, sebab ada hal-hal yang tak bisa diubah dan diluar kendali kita.

Pilihlah pasangan hidup yang kamu tahu kelebihan dan kekurangannya, sehingga seiring waktu berjalan kamu dan dia bisa saling mengerti, menerima dan menghargai.

Sekianlah artikel tentang 5 Tips Agar Tidak Bingung Memilih Pasangan Hidup. Semoga bermanfaat!