in , , ,

5 Tips Jitu Agar Tetap Bahagia Meski Status Masih Sendiri

Tetap Bahagia Meski Sendiri
Tetap Bahagia Meski Sendiri

Jomblo itu bukan berarti kamu tidak bisa bahagia.

Menurutmu definisi bahagia itu seperti apa sih? Apakah memiliki pasangan adalah salah satu jaminan untuk bahagia? Atau sebenarnya justru mau memiliki pasangan atau tidak itu bisa mempengaruhi kebahagiaan yang dimiliki seseorang?

Masing-masing orang tentu memiliki kebahagiaannya sendiri dengan cara yang berbeda.

Setiap orang tentu memiliki pandangan yang berbeda tentang arti kata bahagia. Sayangnya tak jarang orang sangat suka menilai kebahagiaan orang lain dengan ukuran dia sudah memiliki pasangan atau belum.

Padahal yang sudah memiliki pasangan pun belum tentu bahagia, bukan? Banyak kok orang yang jomblo tapi tetap enjoy dengan kehidupannya dan bisa selalu berbahagia.

Nah untuk kamu yang jomblo, kamu tak perlu khawatir. Jomblo bukan satu hal yang menjadi jaminan untukmu tidak bisa hidup bahagia kok. Kamu tetap bahagia dengan caramu sendiri dalam menikmati hidup.

Tapi untuk kamu yang masih belum tahu cara jitu untuk bahagia dengan status jomblomu, berikut adalah beberapa cara yang cukup jitu untuk kamu coba.

1. Ikut Menjadi Bagian dari Organisasi yang Positif

Bergabung Dengan Organisasi
Bergabung Dengan Organisasi

Salah satu cara agar kamu tidak memikirkan status jomblomu adalah dengan menyibukkan diri. Kamu bisa mencoba untuk bergabung dalam beberapa organisasi.

Tapi ingat ya, bergabunglah dalam organisasi yang positif. Organisasi yang bisa membuatmu berkembang menjadi pribadi yang lebih baik. Bergabunglah dalam organisasi yang memberimu banyak manfaat untuk masa depanmu kelak.

Kamu juga akan mendapatkan banyak teman dari organisasi yang kamu ikuti. Tentu saja kamu tak akan merasa sendiri dan kesepian meski statusmu adalah jomblo.

Memiliki banyak teman juga akan membantumu untuk mengembangkan diri. Kamu bisa belajar banyak hal positif dari teman-teman yang kamu miliki.

Eitsss, tak hanya itu saja. Bergabung dalam organisasi artinya kamu akan mendapat banyak teman.

Jika kamu punya banyak teman dan kenalan, tidak memutup kemungkinan kamu pun akan secepatnya mendapatkan orang yang mungkin cocok denganmu. Lumayan kan, bisa kamu jadiin gebetan.

2. Jangan Terlalu Memikirkan Statusmu yang Masih Saja Sendiri Sampai Saat Ini

Tidak Terlalu Memikirkan Status
Tidak Terlalu Memikirkan Status

Jangan salah dalam mengonsep pikiranmu sendiri ya. Tidak memiliki pasangan bukanlah alasan untukmu terus merasa kehidupanmu sangat menyedihkan.

Kamu tetap bisa bahagia kok meski dengan status jomblo sekalipun. Jangan terlalu memikirkan statusmu saja.

Fokuslah pada dirimu sendiri. Fokuslah untuk mengembangkan diri. Jalani saja aktivitasmu sehari-hari dengan santai. Jangam terlalu memikirkan statusmu terus-menerus.

Kamu hanya akan membuang-buang waktumu dengan sia-sia. Lebih baik kamu menggunakan waktumu untuk memikirkan hal yang berguna untuk masa depanmu.

Meski begitu, kamu juga tetap bisa mencoba berusaha untuk membuka hati ya. Siapa tahu dalam perjalananmu menggapai impian, kamu juga akan menemukan sosok tambatan hati yang kamu cari selama ini.

Yang namanya jodoh, maut, dan rejeki kan tidak ada yang tahu? Siapa tahu saja kamu bisa beruntung, sekali dayung dua tiga pulau terlampaui.

3. Melakukan Hal yang Kamu Sukai dan Mencoba Hal Baru yang Belum Pernah Kamu Coba Sebelumnya

Melakukan Hal Yang Disukai
Melakukan Hal Yang Disukai

Cara bahagia yang ketiga adalah dengan melakukan hal yang kamu sukai. Pasti kamu memiliki hobi kan? Nah, kamu bisa juga tuh melakukan apa yang menjadi hobimu.

Kamu juga bisa mengasah kemampuanmu dalam melakukan hal yang kamu sukai. Dengan begitu kemampuanmu pasti akan berkembang.

Selanjutnya kamu juga bisa mencoba mengisi waktumu dengan melakukan hal baru yang belum pernah kamu lakukan sebelumnya. Bukankah hal ini cukup menantang? Kamu juga pastinya akan mendapatkan pengalaman baru yang cukup mengesankan.

Terlebih di era milenial ini pasti ada banyak banget hal baru yang harus kamu coba. Selain mendapatkan pengalaman, kamu juga jadi orang yang tidak ketinggalan zaman.

Baca Juga : Philophobia: Takut Jatuh Cinta? Begini Cara Mengatasinya

4. Mengisi Waktu Luang Bersama Keluarga dan Teman Dekat

Mengisi Waktu Luang Bersama Teman
Mengisi Waktu Luang Bersama Teman

Tidak mungkin jika kalian tidak memiliki keluarga maupun teman. Pasti kamu memiliki keluarga dan teman yang selalu ada untukmu.

Bagi orang yang sudah memiliki pasangan, biasanya akan sulit memiliki waktu untuk dihabiskan bersama keluarga dan teman dekatnya.

Nah, selagi kamu jomblo kamu bisa banget menghabiskan waktu luangmu bersama keluarga maupun teman dekatmu. Kamu bebas mau jalan kemana pun yang kamu ingin kunjungi bersama mereka.

Dengan begitu, hubunganmu dengan keluarga dan temanmu pasti akan semakin dekat dan hangat.

Meskipun kamu tak memiliki pasangan untuk menemanimu seharian, kamu tak perlu menunjukkan tampang sedihmu. Kamu tetap bisa berbahagia bersama orang yang kami cinta, yaitu keluarga dan teman terdekatmu.

Baca Juga : Jangan Sedih, Inilah Keuntungan Menjadi Jomblo yang Harus Kamu Ketahui

5. Mencoba Fokus pada Impian yang Sudah Kamu Susun Sejak Kecil

Fokus Pada Impian
Fokus Pada Impian

Pasti kamu memiliki impian yang ingin kamu capai kan? Apa sih impian yang kamu inginkan selama ini, apa kamu masih mengingatnya? Kalau kamu masih ingat, lantas apa saja yang sudah kamu lakukan untuk mewujudkannya?

Jangan buang waktumu untuk hal yang tidak berguna. Mulai sekarang fokuslah pada karir dan impianmu. Kamu pasti akan sangat bahagia saat bisa meraih apa yang menjadi impianmu sejak dulu.

Ini juga menjadi bukti bahwa bahagia tak selalu identik dengan meraih cinta, tetapi juga bisa terjadi karena impian yang menjadi nyata.

Ukuran kebahagiaan seseorang tidak bisa dinilai dari satu sisi saja. Bukankah kebahagiaan orang hanya bisa diketahui oleh orang yang merasakannya. Jadi kamu tak merasa lemah dengan status jomblomu.

Asal kamu mau, kamu juga bisa bahagia, bahkan mungkin bisa lebih bahagia dibandingkan dengan mereka yang sudah memiliki pasangan.

Baca Juga : 5 Hal Ini Akan Membantumu Tetap Fokus Pada Impianmu

Jadi gimana? Kamu mau meratapi kejombloanmu saja atau mencoba bahagia dengan status jomblomu itu? Ingat, kebahagiaanmu ada di tanganmu sendiri.

Written by Dina Novia

Lahir dengan hobi travelling dan fotografi. Masih berstatus sebagai mahasiswa jurusan bahasa Indonesia di Malang.