in , ,

Butuh Adaptasi, Ini 8 Tips Bekerja dari Rumah di Masa Pandemi

Tips Bekerja dari Rumah di Masa Pandemi

Tak dapat dipungkiri pandemic covid-19 sudah mengubah banyak hal dalam hidup ini. Masyarakat pun pada akhirnya harus beradaptasi dengan kebiasaan baru pasca adanya pandemi.

Banyak pekerja harus bekerja dari rumah karena peraturan yang diterapkan oleh pemerintah dan demi menekan angka positif covid-19 di negeri ini.

Dengan kondisi seperti ini, tentu saja tips bekerja dari rumah di masa pandemi sangat dibutuhkan.

Sebenarnya tidak hanya dunia kerja yang terpengaruh oleh adanya pandemi, namun dunia pendidikan sampai perekonomian pun mengalami perubahan sebagai dampak dari pandemi covid-19.

Siswa diharuskan belajar dari rumah, begitu pun dengan para pendidik yang dituntut untuk lebih melek teknologi sehingga tetap bisa menyampaikan materi daring (online). Banyak pedagang mengeluh karena tidak mendapat penghasilan dengan aturan pemerintah yang membatasi aktivitas masyarakat di luar rumah.

Dengan adanya pandemi ini, masyarakat harus mulai beradaptasi dengan kebiasaan baru. Begitu pun dengan kamu yang harus bekerja dari rumah selama masa pandemi ini.

Meski begitu kamu tidak perlu terlalu khawatir. Untuk kelancaran kinerjamu, cobalah 8 tips bekerja dari rumah di masa pandemi berikut ini.

1. Buat Jadwal Kerja Layaknya Kamu Bekerja di Kantor

Bekerja dari rumah bukan berarti kamu bisa bekerja seenaknya dengan waktu yang kamu inginkan. Kamu tetap harus mematuhi waktu kerjamu sehingga tidak mengganggu waktu pribadimu.

Buatlah jadwal yang pasti untuk jam kerjamu. Setelah jam kerjamu selesai, kamu bisa bebas melakukan apapun yang kamu ingin lakukan di luar jam kerja.

Dengan begitu, jam kerja dan jam bebasmu akan tetap berjalan dengan baik.

Berbeda jika kamu tidak melakukan pekerjaanmu sesuai jam kerja yang berlaku. Hal tersebut akan lebih mudah membuatmu frustasi karena jam kerja yang kacau balau dan mengganggu kehidupan pribadimu.

Bekerja dari rumah akan menjadi boomerang jika kamu tidak mengatur waktu dengan baik. Pisahkan antara jam kerja dan jam bebasmu sehingga pekerjaan dan kehidupan pribadimu bisa berjalan beriringan dengan harmonis.

2. Perhatikan Jam Kerja

Mungkin saat kamu bekerja, kamu dan pihak perusahaanmu memiliki jam-jam waktu tertentu dalam menerima perintah untuk mengerjakan sesuatu. Nah, kamu juga harus memperhatikan waktu-waktunya, ya.

Atur jam kerjamu dengan baik dalam menyelesaikan semua pekerjaan. Pantau juga e-mail atau ponselmu saat jam kerja.

Dengan begitu, kamu akan secepatnya tahu jika ada pekerjaan yang dikirim oleh pimpinan maupun rekan kerjamu.

Misalnya, jika jam kerjamu dimulai pukul 8 pagi, maka pada jam tersebut, kamu harus mulai memantau e-mail dan ponselmu.

Atau akan lebih baik lagi jika kamu memantaunya sebelum jam 8 pagi.

3. Ciptakan Ruang Kerja yang Nyaman di Rumah

Meski bekerja di rumah, kamu tetap bisa menciptakan ruang kerja yang nyaman bagimu jika kamu mau. Siapkan satu ruangan khusus untuk kamu bisa fokus dalam bekerja.

Hindari bekerja di tempat-tempat yang cukup rawan terjadi gangguan dari keluarga maupun orang sekitar, misalnya ruang tamu atau ruang santai.

Akan lebih baik jika kamu menyiapkan satu ruangan dengan meja dan kursi yang nyaman untukmu bekerja. Desain ruangan dan meja kerja tersebut sesuai keinginanmu sehingga kamu bisa lebih nyaman ketika menempatinya.

4. Hindari Hal-hal yang Bisa Mengalihkan Perhatianmu dari Pekerjaan

Pastikan ruang kerjamu terhindar dari hal-hal yang bisa mengalihkan perhatianmu dari pekerjaan. Misalnya tontonan televisi. Jika kamu tipe orang yang sulit berkonsentrasi, maka lebih baik kamu menghindari tempat-tempat yang terlalu bising.

Kamu mungkin akan lebih bisa produktif jika kamu bekerja sendirian di ruang kerjamu.

Kunci pintumu sehingga kamu bisa meminimalisasi adanya orang yang masuk secara tiba-tiba ke dalam ruang kerjamu dan mengganggu fokusmu.

5. Tetap Luangkan Waktu untuk Makan dan Istirahat di Siang Hari

Waktu istirahat di siang hari tetaplah penting. Kamu butuh mengisi ulang energimu sehingga kinerjamu bisa kembali maksimal. Jadi, meski bekerja dari rumah, kamu harus mengatur waktu untuk istirahat siang.

Gunakan waktu istirahatmu untuk makan siang, meregangkan tubuh, mendengarkan musik dan melakukan hal lain yang kamu butuhkan. Jangan memaksakan diri untuk secepatnya menyelesaikan pekerjaan sehingga melupakan jam makan siang dan istirahat.

6. Usahakan Memiliki Jaringan Internet yang Baik

Salah satu hal yang penting selama kamu bekerja dari rumah adalah jaringan yang stabil untuk tetap terkoneksi dengan pimpinan dan rekan kerjamu.

Pastikan juga ponselmu selalu aktif sehingga memudahkan pimpinan dan rekan kerjamu dalam menghubungimu jika ada pekerjaan yang harus segera ditangani.

Saat membicarakan pekerjaan, akan lebih baik jika kamu melakukan panggian video. Namun jika hal itu tidak memungkinkan, kamu juga dapat membicarakan pekerjaanmu melalui panggilan suara maupun pesan teks.

7. Konsumsi Cairan yang Cukup untuk Menghidrasi Tubuh

Sesibuk apapun pekerjaanmu jangan sampai lupa untuk memenuhi kebutuhan cairan tubuhmu.

Sediakan air minum yang cukup di sampingmu sehingga kamu lebih mudah meminumnya. Jangan sampai membiarkan tubuhmu dehidrasi karena kekurangan cairan.

Selain minum air mineral, kamu juga bisa minum the, kopi, atau minuman herbal yang bisa menjaga tubuhmu terhidrasi dengan baik. Ingatlah bahwa kesehatan tubuhmu tetap yang utama.

8. Pergi ke luar rumah pada jam istirahat

Manfaatkan waktu istirahatmu dengan baik. Salah satunya gunakan waktu istirahatmu untuk menghirup udara segar. Pergi dari ruanganmu. Hal ini sangat berguna agar kamu terhindar dari perasaan jenuh saat bekerja.

Luangkan waktu sejenak untuk sekadar berjalan-jalan di halaman rumah atau di taman yang ada di rumahmu. Jika kamu tak ingin menghabiskan tenaga untuk jalan-jalan, kamu juga bisa duduk-duduk sambil menikmati pemandangan yang ada di sekitar rumahmu.

Itulah 8 tips bekerja dari rumah di masa pandemi yang harus kamu ketahui agar kinerjamu tetap baik meski harus bekerja dari rumah. Karena dunia tak lagi sama, maka kamu pun harus mulai meninggalkan kebiasaan lama. Sudah waktunya kamu beradaptasi dengan kebiasaan baru yang mungkin akan jauh berbeda dari kebiasaanmu yang lalu.

“Ada saatnya kebiasaan lama harus dibukukan sebagai kenangan dan kebiasaan baru dijadikan pedoman dalam menjalani kehidupan.”

Written by Dina Novia

Language Instructor and Web Content Writer