6 Tips Berpakaian Agar Terlihat Lebih Tinggi dan Ramping

Jika kamu adalah orang yang bertubuh pendek di usia 24+ maka jangan

Ilham Damanik Ilham Damanik · 3 min read >
Tips Berpakaian Agar Terlihat Lebih Tinggi

Jika kamu adalah orang yang bertubuh pendek di usia 24+ maka jangan berharap bisa tinggi lagi secara alami, kecuali operasi. Dan jika kamu bertubuh gemuk, maka kita semua tahu solusinya adalah diet dan olahraga.

Namun selain diet dan olahraga, untuk terlihat lebih tinggi dan ramping kamu bisa mengatasinya dengan mengubah gaya berpakaian. Ada banyak pilihan dalam gaya berpakaian mulai dari ukuran, warna hingga aksesoris.

Semua itu akan berpengaruh terhadap pandangan orang-orang yang melihatmu sehingga sangat penting untuk memperhatikannya dari sekarang.

Daripada kita menyalahkan tubuh sendiri atau merasa jengkel saat melihat orang yang bertubuh tinggi dan ramping, ada baiknya jika kita mulai mengatasinya dengan 7 tips berpakaian agar terlihat tinggi dan ramping!

1. Hindari Pakaian Yang Longgar

Hindari Pakaian Longgar
Hindari Pakaian Longgar

Ini menyenangkan tetapi lucu. Seolah tidak memiliki pakaian lagi sehingga kamu memakai pakaian ayah atau ibumu.

Tahukah kamu?

Prinsip utama untuk terlihat tinggi dan ramping adalah menghindari pakaian longgar, besar dan berwarna terang. Pakaian tersebut akan membuat kamu terlihat lebih tua dan besar.

Setelahnya, jangan biarkan baju kamu keluar dari celana. Rapikan kemejamu dan selipkan kedalam, karena hal itu akan membuat kakimu terlihat lebih panjang.

Nah, secara tidak langsung gaya berpakaian seperti itu akan membuat kita terlihat lebih tinggi dan ramping.

2. Temui Penjahit Langgananmu Untuk Mendapatkan Ukuran Yang Pas

Ketahui Ukuran Tubuhmu
Ketahui Ukuran Tubuhmu

Jarang sekali kita menemukan ukuran baju atau celana yang benar-benar pas. Terkadang untuk mengatasi hal itu, beberapa wanita memilih ukuran yang lebih kecil.

Kebanyakan orang berpikir ukuran yang lebih kecil itu membuat tubuh tampak langsing, walaupun memang benar terlihat ramping tetapi tetap saja tidak enak dilihat.

Lantas bagaimana agar tubuh kita terlihat tinggi, ramping dan enak dipandang mata?

Cara satu-satunya adalah menemui penjahit terbaik di kotamu. Meskipun ini memungkinkan kita untuk mengeluarkan biaya lebih, namun tampaknya sebanding dengan hasil yang didapatkan.

Penjahit yang profesional akan mengerti apa yang kamu inginkan. Mereka akan mengukur tinggimu hingga ukuran-ukuran yang lebih detail seperti selangkangan dan lengan. Untuk mendapatkan hasil terbaik memang butuh usaha!

3. Pilih Warna Yang Cocok Untuk Tubuhmu

Pilih Warna Yang Cocok Untuk Tubuh
Pilih Warna Yang Cocok Untuk Tubuh

Selain ukuran, warna pakaian juga berpengaruh terhadap bagaimana orang-orang memandang kamu. Warna gelap dapat memberi kesan ramping dan tinggi untuk semua bentuk tubuh. Terutama hitam, karena ia mampu menyembunyikan bayangan.

Maka, jika kamu ingin terlihat lebih tinggi disarankan untuk menghindari warna-warna terang, karena bagi orang gemuk warna-warna muda dapat memberi bayangan yang lebih detail pada lekukan tubuhmu.

Sementara untuk ukuran tubuh yang kurus dan pendek, disarankan agar memakai baju dan celana yang berwarna gelap seperti hitam, biru donker, merah marun dan cokelat tua. Tak menggunakan kaos terang asal ditutupi dengan jaket/jas yang berwarna gelap.

Warna-warna gelap dapat membentuk garis vertikal panjang sehingga membuat tubuh kamu terlihat ramping. Nah, untuk celana pendek kamu bisa menggunakan warna cokelat krim dan berbagai warna monokrom lainnya.

So, mulai dari sekarang mulai koleksi pakaian yang berwarna gelap saja ya, Guys!

4. Gunakan Aksesoris Yang Tepat!

Gunakan Aksesoris Yang Tepat
Gunakan Aksesoris Yang Tepat

Prinsip kedua untuk mendapatkan tubuh yang berkesan tinggi dan ramping adalah hindari aksesoris yang besar. Perhatikan hal-hal ini dengan detail untuk membawamu ke tingkat selanjutnya:

  • Tas: Hindari tas punggung yang berukuran besar. Untuk tas samping, kamu bisa menggunakan tas yang berukuran kecil.
  • Dasi: Ikat menjadi lebih kecil untuk terlihat lebih tinggi.
  • Rompi: Hindari menggunakan rompi besar. Gunakan ukuran yang lebih kecil dan berwarna gelap.
  • Topi: Gunakan topi berwarna gelap dan pas di kepala, membantu kamu terlihat lebih tinggi dan ramping.
  • Kaca mata: Kaca mata hitam dapat membuat wajah kamu terlihat lebih panjang.

Selain membuat kamu terlihat keren, aksesoris juga dapat memengaruhi bentuk tubuh kamu.

Jika kamu memiliki kulit gelap, gunakanlah aksesoris yang agak terang untuk menyesuaikannya dengan pakaianmu. Namun jika kamu memiliki kulit terang, gunakanlah aksesoris yang agak gelap.

5. Hindari Sepatu Besar dan Tebal

Hindari Sepatu Besar dan Tebal
Hindari Sepatu Besar dan Tebal

Mungkin bagi kamu pilihan sepatu tidak terlalu penting, karena kamu berpikir tak ada orang yang memperhatikan bagian paling bawah itu. Namun tahukah kamu?

Ada dua hal penting mengenai sepatu yang harus kamu ketahui:

Pertama: Sepatu besar dan tebal membuat tubuhmu terlihat semakin pendek dan gemuk. Nah, karena kamu ingin membuat garis ke atas yang panjang untuk terlihat tinggi, kamu perlu menggunakan sepatu dengan kotak kaki bertahap memanjang dan sedikit lancip.

Gunakanlah sepatu dengan vamp berukuran rendah yang memperlihatkan sedikit bagian kaki saat menggunakan celana panjang. Model sepatu sejenis ini dapat membuat kakimu terlihat lebih panjang sehingga tubuhmu berkesan tinggi dan ramping.

Kedua: Hindari penggunaan sepatu yang satu warna dengan celana panjang, namun ini tidak berlaku jika kamu menggunakan celana pendek. Warna celana yang sama dengan sepatu membuat mata kesulitan membedakan dimana ujung kaki.

Misalnya: Saat kamu menggunakan celana panjang hitam, gunakanlah sepatu berwarna biru tua atau warna yang berbeda lainnya.

Nah, jika kamu menggunakan celana pendek berwarna cokelat, kamu bisa menggunakan warna sepatu yang sesuai dengan warna kulit atau bisa juga warna yang match dengan celana.

6. Temukan Gaya Yang Sesuai Selera Kamu

Temukan Gaya Yang Sesuai Seleramu
Temukan Gaya Yang Sesuai Seleramu

Semua hal yang kita lakukan pasti tidak akan menyenangkan jika tidak sesuai selera sendiri. Maka, temukan gaya yang sesuai selera kamu tetapi tetap terlihat tinggi dan ramping.

Kaos: Jika kamu berbadan gemuk, jangan gunakan kaos yang terlalu ketat di leher. Disarankan untuk memberi sedikit tempat untuk menunjukkan kulitmu. Dalam hal ini kamu bisa menggunakan kaos model leher V.

Kemeja: Disarankan untuk menghindari kaos besar dan berlengan pendek. Kamu bisa menggunakan kemeja panjang yang pas di badan dan lengan.

Selain itu, disarankan untuk melipat kemeja panjangmu sedikit di atas pergelangan tangan. Pilih warna yang pas menurut selera kamu asalkan tidak terlalu terang.

Celana: Untuk terlihat lebih ramping mungkin hitam adalah pilihan utama untuk celana panjang. Tetapi kamu juga bisa memilih warna lain sesuai selera kamu. Mintalah penjahitmu untuk mengecilkan bagian selangkangan dan menguncupkan kebawah.

Jika kamu tidak menyukai gaya kuncup, kamu bisa mengatasinya dengan memakai celana dengan kain yang lebih ringan atau bukan jeans.

Baca Juga : 10 Arti Warna Dalam Psikologi, Ketahui Biar Gak Salah Kostum Lagi

Kesimpulan

Mungkin kamu kesal memiliki tubuh yang tak sesuai keinginan. Tetapi kamu harus bersyukur juga karena sejarah telah membuktikan bahwa bentuk tubuh tidak akan memengaruhi kesuksesan seseorang.

Tips-tips diatas hanyalah saran untuk menambah referensi kamu dalam cara berpakaian, selebihnya kembali pada pilihan masing-masing.

Terlepas dari apa pandangan orang-orang tentang dirimu, berpakaian pada intinya hanyalah kebutuhan primer yang digunakan untuk melindungi tubuh dari panas dan dingin.

Selebihnya mungkin agar kita terlihat lebih sopan. Jadi, demikianlah pembahasan kita tentang 6 tips berpakaian agar terlihat tinggi dan ramping. Semoga bermanfaat!

Ilham Damanik
Aku merasa seperti seorang penulis Read Full Profile