in ,

Kantong Aman Istri Bahagia, Ini 9 Tips Bikin Suami Giat Bekerja

Tips Bikin Suami Giat Bekerja

Siapa sih yang tak ingin memiliki suami yang giat bekerja? Pasti kamu pun menginginkannya. Sayangnya tak semua istri bisa seberuntung itu, memiliki suami yang dicintai dan cekatan dalam segala hal, termasuk dalam urusan pekerjaan.

Suami punya tanggung jawab yang besar untuk memenuhi kebutuhan keluarganya. Jadi wajar jika sudah menjadi keharusan bagi seorang suami untuk giat bekerja. Nah, untuk para istri nih, kamu harus tahu tips agar suami giat bekerja dan keuangan keluarga dalam kondisi aman.

Mungkin beberapa tips di bawah ini sudah pernah kamu gunakan. Tapi tidak ada salahnya kamu mencobanya untuk kedua kali. Jangan lupa untuk mencoba menerapkan tips lainnya juga, ya. Berikut 9 tips agar suami giat bekerja.

1. Hindari Berbicara pada Suami dengan Nada Tinggi dan Kesan Meremehkan

Terkadang beberapa istri lupa hakikat seorang suami yang merupakan kepala rumah tangga. Sehebat apapun seorang istri dalam segi karir maupun pendidikan, tetap saja tidak dibenarkan bagi seorang istri berbicara kepada suaminya dengan nada tinggi, apalagi dengan kesan meremehkan.

Jika kamu ingin suamimu giat bekerja, coba hindari berbicara dengan nada tinggi dan kesan meremehkan saat bersamanya. Beri apresiasi pada setiap usaha yang dilakukan oleh suamimu, sekecil apapun itu.

2. Siapkan Segala Kebutuhan Suami dengan Baik

Tunjukkan perhatianmu pada suami dengan menyiapkan segala kebutuhannya. Sebelum suamimu berangkat bekerja, siapkan barang bawaannya, siapkan baju dan sepatu yang hendak dipakainya. Jika perlu, siapkan juga bekal makan siang untuknya.

Tidak hanya menyiapkan kebutuhan suamimu sebelum berangkat bekerja, kamu juga harus siaga dalam mengurus segala kebutuhan hariannya. Buat suamimu merasa tersentuh dengan apa yang sudah kamu lakukan. Dengan begitu, dia akan punya semangat lebih untuk memberikan kehidupan terbaik untukmu dengan usaha yang semaksimal mungkin.

3. Berikan Senyuman Termanismu

Coba bayangkan jika setiap hari kamu disuguhi wajah cemberut pasanganmu? Pastinya kamu akan ikut merasa jengkel dan malas untuk melakukan apapun dengan hati yang ikhlas. Karena itulah kamu harus mulai membiasakan diri untuk memberikan senyuman termanismu untuk suamimu.

Berikan semangat pada suami dengan senyuman yang tulus dari hati. Buat suamimu merasa senang sepanjang hari. Rasa senang itulah yang akan membuatnya semangat untuk bekerja.

4. Jangan Terlalu Menuntut

Biarkan suamimu sendiri sadar akan tanggung jawabnya. Jangan terlalu menuntut ini itu, terlebih jika yang menjadi tuntutanmu melebihi kemampuan yang dimiliki suamimu.

Sebelum kamu menuntut apa yang menjadi hakmu sebagai istri, renungkan terlebih dahulu tentang kewajiban yang juga harus kamu penuhi. Berhentilah menuntut suami untuk memenuhi semua yang kamu inginkan, sedangkan semua itu sebenarnya bukan sesuatu yang benar-benar kamu butuhkan.

5. Belajar Memahami Kesulitan yang Dialami Suami dalam Lingkungan Pekerjaaannya

Kamu punya kesulitanmu sendiri, begitu pun dengan suamimu. Jangan hanya menuntutnya untuk sesuatu yang kamu kehendaki sedangkan kamu sendiri tidak mau memahami kesulitan apa yang sebenarnya tengah dia hadapi.

Ada akibat, ada sebab. Jika suamimu terlihat kurang giat bekerja, pasti ada sesuatu yang menjadi alasannya. Coba ajak suamimu berdiskusi agar kamu pun paham dengan kesulitan yang dimiliki oleh suami.

6. Jadilah Pendengar yang Baik

Tips agar suami giat bekerja selanjutnya adalah menjadi pasangan sekaligus pendengar yang baik untuknya. Saat dia butuh teman cerita, dengarkan segala keluh kesahnya.

Tak banyak orang yang bisa menjadi pendengar yang baik bagi pasangannya. Semoga kamu bisa belajar sedikit demi sedikit untuk menjadi sosok pendengar yang baik bagi suamimu. Jadilah penenang dalam segala risaunya. Temani dia dalam suka maupun duka.

7. Bicarakan dari Hati ke Hati

Cari momen yang tepat untuk mengobrol berdua saja. Perhatikan juga suasana hati suamimu, ya. Jika suasana hatinya sedang baik, kamu akan lebih leluasa untuk menyampaikan apa yang kamu pendam selama ini.

Bicarakan pelan-pelan dengan suamimu dari hati ke hati. Berikan pemahaman kepadanya tentang harapanmu terhadapnya untuk lebih giat dalam bekerja. Berikan pengertian juga kepadanya bahwa kamu dan dia harus lebih giat bekerja di masa sekarang untuk tabungan di masa tua nantinya.

8. Selalu Berikan Dukungan dan Motivasi

Jangan bosan untuk memberikan motivasi pada suamimu. Akan lebih baik lagi jika kamu selalu memberikan dukungan pada suamimu sejak dia bangun tidur di pagi hari sampai dia beranjak untuk kembali tidur di malam hari.

Jadilah sosok istri dengan mulut yang manis, yang selalu mengeluarkan kata-kata indah yang menyejukkan hati setiap hari. Dukungan dan motivasi dari seorang istri memiliki kekuatan hebat yang bisa membangkitkan semangat sang suami.

9. Bekerjalah Juga dengan Giat

Tips terakhir yang bisa kamu gunakan adalah dengan bekerja juga dengan giat. Jika kamu merupakan ibu rumah tangga, maka lebih giatlah dalam mengurus rumah dan keluarga. Biarkan suamimu menyadari kerja kerasmu, dengan begitu semoga dia pun akan lebih giat bekerja untuk memenuhi kewajibannya sebagai seorang suami.

Jika ke depannya kamu sulit membuat suamimu giat bekerja, setidaknya kamu bisa mengandalkan dirimu sendiri. Meski sudah berumah tangga, akan lebih baik jika kamu tetap menjadi pribadi yang mandiri. Sebisa mungkin jangan menggantungkan dirimu pada orang lain, sekali pun itu adalah suamimu sendiri.

Baca Juga :

Itu dia 9 tips agar suami giat bekerja. Semoga tips di atas bermanfaat ya untuk keluarga kecilmu. Semangat untuk para istri, semoga bisa jadi penyejuk hati dan penyemangat bagi suami.

Written by Dina Novia

Language Instructor and Web Content Writer