in

13 Tips Hidup Sehat Bagi Kamu yang Sibuk Bekerja Bagai Kuda

Tips Hidup Sehat Bagi Yang Sibuk Bekerja

Banyak orang beralasan kalau mereka terlalu sibuk untuk hidup dengan sehat. Padahal, “terlalu sibuk” itu sebenarnya tak ada, hanya masalah priortias saja. Lihat saja kehidupan manusia modern, mereka bisa melakukan ini melakukan itu setiap harinya, tapi mereka tak ada “waktu” untuk mengurusi kesehatan mereka sendiri.

Padahal kesehatan itu sangat penting–apalagi jika kamu orang yang sibuk, jika kesehatanmu memburuk, maka semua kesibukanmu itu akan menjadi tak berguna lagi. Bisa dikatakan, kesehatan adalah pondasi dasar untuk hidupmu yang sibuk itu. Kamu tak bisa melakukan berbagai kegiatanmu kalau kamu berbaring di rumah sakit, kan?

Hidup dengan sehat itu tak hanya sekedar makan sehat dan berolahraga saja, namun juga mengatur tingkat stres, pola tidur, bahkan termasuk banyaknya informasi yang bisa serap setiap harinya. Di zaman modern ini, informasi bisa datang dari mana saja dan kapan saja, jika kamu tak bisa mengaturnya maka itu tak baik untuk kesehatanmu.

Hidup yang sehat itu adalah tentang keseimbangan, maksudnya adalah memperhatikan diri sendiri dengan baik, tapi juga bisa melakukan kegiatan sehari-hari dengan baik pula. Seperti namanya, memperhatikan diri sendiri adalah menempatkan kesehatanmu di depan dibanding dengan hal-hal lainnya.

Jadi, ini dia 13 tips untuk hidup sehat. Kamu tak perlu menerapkan semua tips ini ke dalam hidupmu, namun kamu bisa memulai dengan beberapa tips terlebih dahulu dan perlahan merubah hidupmu menjadi lebih sehat.

1. Buat Jadwal

Mengatur Jadwal Untuk Berolahraga
Mengatur Jadwal Untuk Berolahraga

Inilah langkah pertama penting yang tak bisa kamu lewatkan. Salah satu cara terbaik untuk tetap teratur dan menjaga hidup sehat adalah dengan membuat jadwal dan menggunakan daftar/list sebanyak mungkin agar kamu tak terlewat tugas-tugas yang penting.

Jadwalmu ini akan mengatur bagaimana kamu akan menyelesaikan berbagai tugas di hari itu. Nah, jika kamu sudah mengatur jadwalmu, maka kamu akan tahu di mana kamu bisa memasukkan kegiatan yang berhubungan dengan hidup sehat, misal meditasi ataupun yoga.

2. Biasakan Tidur dengan Sehat

Mendapatkan TIdur Yang Sehat
Mendapatkan TIdur Yang Sehat

Penelitian menemukan bahwa kebanyakan penyembuhan dan perbaikan yang terjadi pada tubuh itu terjadi saat kita tertidur. Kita tak hanya berbicara tentang perbaikan otot-otot di dalam tubuh saja, namun juga penyembuhan dan perbaikan kepada otak.

Maka dari itu, sangat penting untuk mendapatkan tidur yang cukup setiap malamnya. Jika kamu tak mendapatkan tidur yang cukup, maka tubuh dan otakmu tak bisa berfungsi sepenuhnya–yang berarti akan berefek kepada kemampuanmu untuk membuat keputusan.

3. Minum Banyak Air Putih

Minum Air Putih Yang Cukup
Minum Air Putih Yang Cukup

Ini dia hal penting yang tak bisa kamu lewatkan karena 60% tubuh manusia itu terdari dari air. Otak dan jantung juga terdiri 73% dari air dan paru-paru sekitar 83%. Sedangkan kulit terdiri dari 64%,  otot dan ginjal 79%, bahkan tulangmu juga mengandung 31% air.

Intinya adalah, air itu adalah bahan bakar yang membuatmu bisa berfungsi, sehingga sangat penting untuk tubuhmu selalu terisi air agar kamu bisa bergerak lebih efektif dan terhindar dari berbagai penyakit.

4. Olahraga Setiap Hari

Rutin Berolahraga Akan Membuat Tubuhmu Lebih Kuat
Rutin Berolahraga Akan Membuat Tubuhmu Lebih Kuat

Ada banyak jenis olahraga dan kamu tak harus mengangkat beban setiap harinya. Olahraga yang disarankan di sini adalah olahraga kardio ringan, seperti jalan santai minimal 20 menit setiap harinya–atau kamu bisa membaginya menjadi dua bagian dengan masing-masing 10 menit, namun ingat, 20 menit itu adalah minimal setiap harinya.

Oh ya, disarankan juga untuk membuat tantangan untuk dirimu sendiri, misalnya membuat goal untuk mengurangi berati badan sebanyak X kg atau mengangkat beban seberat Y kg saat sedang berada di gym. Hal ini akan memberikanmu motivasi tambahan untuk melakukan sesuatu.

6. Makanlah Makanan yang Sehat

Mengkonsums Makanan Yang Sehat
Mengkonsumsi Makanan Yang Sehat

Tidak, tidak, bukan diet, tapi makan makanan yang sehat–itu adalah dua hal yang berbeda. Gaya hidup yang sehat itu adalah dengan menetapkan jadwal makan yang sehat. Jika kamu kesulitan, kamu bisa menggunakan aplikasi pelacak nutrisi masuk yang bisa kamu unduh di smartphone-mu.

Makan makanan yang sehat itu adalah tentang keseimbangan antara nutrisi makro dan nutrisi mikro yang masuk ke dalam tubuhmu. Kalori itu juga cukup penting dan menggunakan aplikasi akan sangat membantumu dalam hal ini.

Baca Juga: 13 Cara Untuk Menyederhanakan Hidupmu dan Menjadi Lebih Bahagia

Sangat disarankan untuk memakan makanan sehat yang penuh dan tak hanya berfokus kepada satu jenis makanan atau nutrisi saja, karena tubuh tak hanya butuh vitamin atau karbohidrat saja, tapi ia juga butuh protein, kalsium dan nutrisi-nutrisi lainnya.

7. Usahakan Punya Usus yang Sehat

Memiliki Usus Yang Sehat
Memiliki Usus Yang Sehat

Banyak orang-orang yang menganggap kalau usus itu adalah otak kedua. Banyak komunikasi yang terjadi antara otak manusia dan usus manusia.

Bisa dikatakan, otak bisa berfungsi dengan baik kalau ususmu juga berfungsi dengan baik pula, maka dari itu kalau ususmu tak sehat, bisa dikatakan kalau keputusan yang kamu buat juga tak akan sehat.

Kamu bisa membuat ususmu sehat dengan mengkonsumsi probiotik seperti yogurt, dark chocolate, miso, kombucha, kimchi hingga acar. Kamu bisa Google saja untuk daftar lengkap makanan dan minuman yang mengandung banyak probiotik.

8. Jangan Memakan Daging yang Terlalu Matang

Jangan Mengkonsumsi Daging Terlalu Matang
Jangan Mengkonsumsi Daging Terlalu Matang

Hal ini sangat simpel dan bisa dengan mudah dilakukan. Saat kamu memasakan makanan terlalu matang–terutama daging, maka karsinogen akan datang menyerbu makananmu itu.

Salah satu cara terbaik untuk mengurangi karsinogen ini adalah mengoleskan kopi ke dagingmu ke bagian-bagian yang terlalu matang.

9. Konsumsi Suplemen

Mengkonsumsi Suplemen
Mengkonsumsi Suplemen

Tubuh mendapat banyak nutrisi dari makanan yang kamu makanan. Namun, kamu tak bisa mengkonsumsi semua nutrisi mikromu, maka dari itu mengkonsumsi suplemen adalah salah satu cara terbaik yang bsia kamu lakukan.

Namun tentu saja, kamu harus melakukan risetmu terlebih dahulu sebelum membeli suplemen apapun agar suplemen itu benar-benar efektif dan bekerja dengan baik di tubuhmu.

Jenis-jenis vitamin yang sangat baik adalah D3, B6, B12, Vitamin C, Magnesium, Kalsium, Protein dan lains sebagainya. Kandungan lain yang mulai populer dan terbukti baik untuk tubuh–terutama untuk meningkatkan kualitas tidur adalah CBD Oil.

10. Perbanyak Habiskan Waktu di Alam

Menghabiskan Waktu di Alam
Menghabiskan Waktu di Alam

Menghabiskan waktu di alam itu benar-benar efektif untuk kesehatan fisik dan tentu saja untuk kesehatan mentalmu. Para peneliti dari Universitas East Anglia, melakukan sekitar 143 penelitian kepada 290 juta partisipan dari 20 negara berbeda.

Data dari penelitian ini menyimpulkan bahwa menghabiskan lebih banyak waktu di tempat-tempat yang “hijau” berhubungan kuat dengan berkurangnya hormon stres yang ada, lalu detak jantung yang lebih rendah, mengurangi risiko penyakit hati, menurunkan tekanan darah, menurunkan kolestrol dan mengurangi risiko terkena diabetes.

Hal yang luar biasa adalah tentang data yang ditemukan pada wanita-wanita yang sedang hamil, di mana semakin banyak mereka menghabiskan waktu di alam, maka semakin berkurang pula risiko janin kecil atau bayi lahir prematur. Luar biasa, kan?

11. Meditasi

Perbanyak Meditasi
Perbanyak Meditasi

Kamu tak perlu ribet melakukan meditasi seperti yang diajarkan di kelas-kelas meditasi, tapi kamu bisa mencoba salah satu dari empat gerakan meditasi yang simpel, yakni duduk, berdiri, berbaring dan berjalan.

Tujuan dari meditasi ini adalah untuk tetap fokus dan berhati-hati sepanjang harinya. Namun, jika kamu mampu, maka kamu bisa melakukan meditasi yang lebih rumit–yang punya manfaat jauh lebih baik.

12. Menghabiskan Waktu Bersama Teman dan Keluarga

Menghabiskan Waktu Dengan Keluarga
Menghabiskan Waktu Dengan Keluarga

Hal ini mungkin cukup sulit dilakukan di zaman modern yang penuh teknologi digital yang bisa menganggumu sepanjang waktu. Namun, kamu masih bisa melakukannya kok apabila berusaha.

Selanjutnya, jika kamu berkumpul bersama teman-teman dan keluarga, taruh saja smartphone-mu, fokus kepada obrolan yang sedang terjadi dan ikutlah mengobrol bersama mereka.

Dengan menghabiskan waktu bersama teman, keluarga atau hewan peliharanmu, kamu itu sama saja memenuhi kebutuhan dasar manusia tentang interaksi kepada sesama. Saat kamu berfokus kepada berinteraksi ini, maka kamu akan bertukar biophoton kepada satu sama lainnya.

13. Konsumsi Konten dan Informasi Berkualitas

Mengkonsumsi Kontent Digital Yang Positif
Mengkonsumsi Kontent Digital Yang Positif

Nah, bisa dikatakan di zaman digital, hal ini bisa dikatakan yang paling penting. Kamu harus membatasi konsumsi konten-konten dan informasi yang masuk ke pikiranmu, seperti gosip atau berita hoax yang tak bermanfaat harus kamu hindari jauh-jauh.

Konten-konten yang seharusnya kamu konsumsi itu adalah konten yang membuatmu berpikir, membuatmu berkembang menjadi orang yang lebih baik lagi dan tentu saja menambah wawasanmu. Kamu bisa membaca buku, menonton dokumenter ataupun mendengarkan pidato-pidato dari tokoh-tokoh penting di YouTube.

Written by Mirza M. Haekal

Mirza is a Digital Nomad that tries to live a healthy and productive lifestyle.

Tinggalkan Balasan