in

5 Tips Agar Kamu Tidak Tersiksa Dengan Hubungan LDR

Tips Hubungan LDR

Banyak orang berpikir hubungan jarak jauh tidak akan berhasil. Mungkin teman atau keluargamu akan menyarankan untuk mencari pengganti karena takut nantinya kamu akan patah hati.

Sementara dibalik semua tantangan yang sedang dihadapi dalam masa LDR itu kamu pun merasakan rindu terhadap pacar setiap harinya.

Dan faktanya, kerinduan selalu berjalan seiring dengan kerentanan. Inilah fase dimana kita harus menahankan sakitnya merindu atau mengubur perasaan itu hidup-hidup.

Tapi tenanglah, tidak ada masalah yang tidak dapat diatasi. Jika kamu bingung apa yang harus dilakukan saat kangen pacar,  inilah tips hubungan ldr yang kamu jalani bisa langgeng dan awet.

1. Tetapkan Aturan Untuk Mengelola Perasaanmu

Mengelola Perasaan
Mengelola Perasaan

Kecurigaan dan gelisah tentunya seringkali muncul saat kita jauh dari pasangan, tetapi pertanyaannya apa yang membuat hal ini bisa terjadi?

Kemungkinannya kamu tidak bisa mengontrol perasaanmu sendiri dan juga terhanyut dalam beragam pikiran liar yang sebenarnya belum tentu benar. Hal ini membuat kamu semakin tidak tenang dalam menjalani hubungan LDR.

Semua hal yang sulit kamu kendalikan ini tidak akan pernah berakhir sebelum kamu dan pasangan menetapkan aturan-aturan dasar dalam hubungan.

Misalnya, seberapa kuat komitmen yang kamu buat dengan pasangan? Seberapa banyak waktu yang diperlukan untuk kamu dan pasangan berkomunikasi jarak jauh?

Setiap hubungan perlu memiliki aturan atau batasannya masing-masing agar lebih tenang dan jelas dalam menjalaninya.

Cara ini tidak hanya baik bagi hubunganmu saja, tetapi juga baik untuk dirimu sendiri karena aturan yang dibuat dengan benar akan membantu untuk mengelola perasaanmu sendiri.

Sebelum kita lanjut, coba baca dulu 5 Nasihat Bagi Kamu yang Ingin Menyerah Memperjuangkan Hubungan.

2. Fokus Pada Relationship Goals

Relationship Goals
Relationship Goals

Apapun itu, jika kita menginginkan suatu hal besar dalam hidup tentunya dibutuhkan fokus, usaha dan kesabaran. Begitu pula dalam menjalani hubungan ldr, nikmati prosesnya dengan fokus pada tujuan.

Namun meskipun begitu, kadang kita juga perlu mengecek ulang apakah pasangan juga memiliki tujuan yang sama.

Terkadang dalam suatu hubungan salah satu pihak hanya menganggapnya sebagai suatu ikatan yang sementara, terlebih lagi jika hubungan itu Long Distance Relationship.

Untuk itu, meskipun terpisah oleh jarak tetapi jika satu dalam tujuan maka hubungan akan membuat hati kita merasa lebih baik.

Cobalah pikirkan tentang hal-hal seperti, Berapa lama kita akan berpisah? Apa yang akan kita lakukan setelah bertemu nanti? Dan bagaimana dengan masa depan kita?

Menyusun rencana bersama pasangan saat jarak memisahkan akan membuat kita terasa lebih dekat dan tentunya juga membuat kita lebih bersemangat dalam banyak hal.

3. Hubungan LDR Gak Akan Tersiksa, Jika Mengerjakan Hal Yang Produktif

Kerjakan Hal-Hal Yang Produktif
Kerjakan Hal-Hal Yang Produktif

Kita memiliki jadwal dan rentetan waktu yang berbeda-beda. Terkadang ketika waktu kita sedang kosong, pasangan malah sedang sibuk-sibuknya.

Hal ini terkadang membuat kita jadi memikirkannya sehingga membuang waktu yang sebenarnya bisa kita nikmati. Nah, untuk mengatasi kebosanan mu menunggu kabar darinya cobalah lakukan aktivitas lain.

Kita tidak seharusnya membiarkan dunia ini seperti ada digenggaman pasangan. Kita masih punya banyak hal berharga lainnya seperti teman, keluarga, hobi, pekerjaan dan lainnya.

Mungkin kamu bisa pergi bersama teman-teman, berkumpul bersama keluarga dirumah, pergi ke gym, nonton, atau menyelesaikan tugas-tugas.

Tentukan aktivitasmu sendiri dan jangan biarkan LDR menyita perhatianmu, sebab saat kamu memikirkan sedih, sakit atau cemasnya menjalani hubungan maka waktumu akan terbuang sia-sia.

4. Melakukan Banyak Hal Bersama

Video Call
Video Call

Pastinya akan ada waktu dimana kamu tidak memiliki kesibukan dan begitu juga dengan pasangan. Manfaatkanlah waktu-waktu seperti ini untuk melakukan banyak hal bersama.

Di era teknologi ini sepertinya menjalani hubungan LDR akan lebih mudah sebab kita bisa melakukan video call untuk bertatap muka.

Mungkin kamu bisa menyanyikan sebuah lagu bersama, memainkan game online bersama, atau berjalan-jalan dan melakukan banyak hal lainnya lewat video call.

Bagi mereka yang tidak mengerti hubungan LDR mungkin ini akan terlihat konyol, tetapi untuk kita yang sedang mengalaminya pasti cara ini sangat bermakna.

Selain itu, mungkin kamu bisa merekomendasikan film atau buku favoritmu kepada pasangan sehingga ia juga menikmati hal yang serupa.

Tentunya ini sangat baik untuk mengalami banyak hal bersama dan serupa meski pun sedang terpisah oleh jarak.

5. Mengirim Hadiah Atau Jika Memungkinkan Saling Berkunjung

Mengirim Hadiah
Mengirim Hadiah

Hubungan yang jelas tentunya perlu diisi dengan tujuan yang jelas, komunikasi yang efektif serta tindakan secara aktif.

Saat tujuan dan komunikasi sudah terpenuhi, kita masih memiliki satu hal lagi yang perlu dilakukan yaitu tindakan.

Seperti yang kita tahu, mencintai artinya memberi. Apa yang bisa kita berikan kepada pasangan melalui tindakan yang nyata saat terpisah oleh jarak?

Tentu cara yang paling efektif adalah mengirimi hadiah. Di hari ulang tahunnya, hari jadi hubungan atau hari-hari lainnya, kirimi ia hadiah berupa barang kesukaannya.

Hal ini akan membuat pasangan merasa spesial. Atau jika memungkinkan, kunjungilah pasangan dan habiskan waktu bersama-sama.

Tentunya pertemuan adalah hal paling memuaskan setelah menjalani sakitnya rasa kangen dengan pacar.

Nah ini adalah hal-hal yang istimewa dan hanya dirasakan oleh kamu yang ngejalanin LDR saja. Selain kamu juga bisa baca 9 Keistimewaan Ini Hanya Dirasakan Orang yang Sedang LDR-an.

Dan inilah mengapa orang-orang selalu berkata cinta itu butuh pengorbanan. Dan tidak ada pengorbanan yang berarti kecuali dengan memberi dan bertindak secara aktif.

Akhir Kata

Dari semua yang sudah dijelaskan, apa poin penting yang bisa kita petik tips hubungan LDR diatas?

Saling memahami, artinya kita mengerti jadwal masing-masing sehingga tidak lagi cemas akan hal yang belum jelas.

Saling percaya, artinya kita fokus pada tujuan yang ingin dicapai bersama dan tidak lagi memusingkan omongan orang luar.

Saling memberi, artinya kita rela berkorban untuk memberikan waktu, pikiran dan tenaga demi relationship goals.

Dan akhirnya, saling jujur dan setia, tentu kamu bisa mengartikannya sendiri. Demikian artikel tentang tips membangun hubungan LDR yang sehat. Semoga bermanfaat!