in ,

5 Tips Cerdas Investasi Emas Batangan Untuk Pemula

Investasi Emas Batangan

Investasi Emas Batangan – Emas merupakan salah satu produk investasi yang hingga saat ini masih digemari oleh banyak orang.

Nilai emas yang stabil bahkan cenderung meningkat dari waktu ke waktu, menjadi daya pikat tersendiri sebagai salah satu instrument investasi.

Investasi emas memiliki risiko yang relatif rendah terhadap faktor-faktor eksternal seperti kasus virus corona yang sedang menjadi permasalahan utama di sejumlah negara di dunia.

Meski berinvestasi emas memiliki kelebihan yang mana relatif aman, namun anda tetap harus memperhatikan beberapa kondisi agar tidak melakukan kesalahan dalam investasi.

Berikut akan dibagikan tips berinvestasi emas bagi anda yang akan memulainya.

1. Tentukan Tujuan Investasi Emas (Beli Emas Murni)

Investasi Emas
Investasi Emas

Bagi anda para pemula yang baru ingin berinvestasi emas, mungkin familiar dengan perhiasan emas yang biasa orang beli di toko-toko emas. Namun bila tujuan anda ingin berinvestasi, tentu perhiasan emas yang sering anda temui tidaklah cocok untuk dijadikan produk investasi.

Sejatinya perhiasan emas seperti kalung, gelang, cincin digunakan sebagai salah satu barang konsumsi atau koleksi tertentu, bukan tujuan investasi.

Bila anda memiliki tujuan berinvestasi emas, maka yang harus anda beli adalah emas murni 99.99% atau yang biasa dikenal dengan emas batangan atau logam mulia.

Bila anda membeli perhiasan emas untuk investasi, sebenarnya bisa saja, namun untuk perhiasan sendiri tidak memiliki harga pasti ketika dijual kembali, hanya akan berdasarkan negosiasi anda dengan penjual toko emas.

Selain itu, adanya kemungkinan harga juga akan turun. Alih-alih mendapatkan keuntungan, harganya bila dijual mungkin saja malah turun, karena adanya kemungkinan kerusakan dari pemakaian pribadi, atau adanya kecacatan fisik pada perhiasan emas tersebut, seperti patah, putus, dan lain sebagainya.

Logam Mulia yang anda beli adalah logam mulia yang di produksi oleh PT Aneka Tambang (ANTAM), yang mana telah memiliki sertifikat resmi, dan dijamin keasliannya.

2. Diperuntukkan Untuk Investasi Jangka Panjang

Investasi Jangka Panjang
Investasi Jangka Panjang

Sejatinya investasi emas memang diperuntukkan untuk jenis investasi jangka panjang agar keuntungan yang bisa diperoleh lebih optimal. Bagi anda yang mengharapkan imbal balik dalam jangka pendek, tentu tidak akan cocok bila berharap pada investasi emas ini.

Di dalam berinvestasi emas, ada spread rate yang tinggi antara harga beli saat ini dengan harga buybacknya, sehingga tidak cocok diinvestasikan untuk jangka pendek.

Sebagai contohnya di tanggal 3 Maret 2020 kemarin, harga beli mas menyentuh Rp 815.000 per gramnya, sedangkan harga buyback atau harga jual kembali di hari yang sama baru menyentuh angka Rp 737.000 per gramnya.

Sehingga ketika anda beli seharga Rp 800 ribu, lalu hanya dalam jangka pendek sudah ingin dijual kembali karena suatu alasan, belum tentu harganya akan melebihi harga beli anda pertama kalinya. Inilah yang bisa membuat anda justru merugi.

Investasi emas batangan atau logam mulia, idealnya di simpan hingga 5 tahun kedepan atau bahkan lebih untuk memperoleh keuntungan yang optimal, karena harga buyback 5 tahun kedepan kemungkinan sudah jauh lebih tinggi dari harga beli anda pertama kalinya.

Tren harga emas juga cenderung akan terus meningkat dalam periode jangka panjang.

Baca Juga : Deposito, Pilihan Investasi Aman dan Mudah Bagi Pemula

3. Tentukan Tempat Penyimpanan yang Aman

Tempat Penyimpanan Emas
Tempat Penyimpanan Emas

Salah satu kendala dalam berinvestasi logam mulia ialah anda harus memiliki tempat penyimpanan emas yang aman. Investasi logam mulia yang berbentuk emas batangan tentu membutuhkan ruang penyimpanan karena memiliki risiko tersendiri.

Adanya kemungkinan hilang atau dicuri, membuat anda harus ekstra waspada dalam menyimpan logam mulia ini. Tentukanlah tempat yang aman agar emas batangan anda tetap terjaga selama anda belum menjualnya, karena emas ini sangat mudah dibawa dan dipindahkan.

Anda bisa menyewa sebuah deposit box di suatu Bank tertentu atau di Pegadaian untuk menjamin emas batangan anda. Namun tentu ada biaya yang harus anda keluarkan bila melakukan usaha sewa ini, yang biasa dibayarkan per tahunan.

Atau anda juga bisa membeli sebuah brankas yang bisa anda tempatkan di rumah anda. Apapun pilihan anda, tentu hal seperti ini akan menimbulkan cost baru atau biaya tambahan untuk investasi yang anda lakukan.

Meski demikian perhatian terhadap tempat penyimpanan ini memang sangat penting.

Bila anda ingin menjual emas batangan yang anda miliki namun kondisinya misalkan kemasannya telah rusak atau sudah tidak ada, ini memungkinkan harga buyback akan dipotong lagi dengan biaya lain yang timbul karena kerusakan tersebut, yang mana tergantung dari ketentuan yang berlaku.

4. Bandingkan Harga

Membandingkan Harga Emas
Membandingkan Harga Emas

Banyak dari kita yang seringkali memilih membeli perhiasan emas di toko-toko emas sekitar rumah. Termasuk pula dalam membeli logam mulia.

Antam sendiri memiliki tempat yang khusus menjual logam mulia yang langsung berasal dari pihak ANTAM dan dijual memang ditujukan untuk retail. Namun karena satu dan lain hal banyak orang yang membeli emas antam ini di toko perhiasan yang mudah mereka datangi.

Ini tidak salah, karena emas ANTAM pun bisa didistribusikan melalui toko perhiasan. Namun bagi anda yang membeli di toko perhiasan, wajib selektif dalam pembeliannya.

Selain memang karena harga jual di toko-toko emas pastinya sudah cenderung lebih mahal dibanding anda membelinya langsung di retail antam, anda juga perlu hati-hati dalam menilai keasliannya.

Anda perlu membandingkan harga di beberapa tempat toko emas untuk dapat membeli di harga yang wajar. Sebelumnya tentu anda harus kroscek terlebih dahulu berapa harga wajar emas antam per gram di hari itu. Ini bisa anda dapatkan melalui informasi di Internet.

Jangan sampai anda justru menjadi rugi hanya karena si penjual menaikkan harga yang terlalu tinggi, dan tidak optimal pula untuk keuntungan yang bisa anda dapatkan.

Namun jangan pula tergiur dengan harga murah yang tidak masuk akal, dan ternyata merupakan emas batangan palsu, lakukan riset harga emas terlebih dahulu di website antam sebelum membelinya.

5. Pantau Harga Secara Berkala

Memantau Harga Emas
Memantau Harga Emas

Setelah anda memiliki emas batangan, anda juga disarankan untuk rajin memantau pergerakan harga emas yang anda miliki selama beberapa periode ke depannya.

Hal ini penting dilakukan agar anda dapat memutuskan waktu kapan kah yang paling tepat untuk menjual emas-emas anda ini. Meskipun kita semua tahu bahwa emas memiliki tren harga yang terus meningkat dari waktu ke waktu.

Namun bila anda menjualnya tanpa melakukan pantauan terlebih dahulu, anda bisa saja menjual di harga yang lebih rendah daripada harga seharusnya. Tentu ini tidak akan mengoptimalkan keuntungan yang mungkin bisa anda peroleh.

—-

Setelah anda mengetahui tips untuk berinvestasi emas, investasi ini bisa segera anda lakukan. Perlu diketahui bahwa investasi emas saat ini pun sudah bisa dilakukan secara online bahkan dengan nominal yang bisa anda tabung terlebih dahulu.

Sudah banyak layanan online dalam berinvestasi emas seperti BukaEmas (karya dari bukalapak) atau Tokopedia Emas yang menyediakan layanan investasi emas dan menyimpan fisiknya di pegadaian.

Selain itu pula, anda bisa menabung membelikan emas di harga dan berat tertentu, hingga nanti bila dana tabungan yang anda belikan emas sudah mencapai minimum fisik emas yang bisa dicetak misalnya 1 gram, maka anda dapat mengirimkan fisik tersebut ke alamat anda.

Tentunya akan ada biaya sertifikat, asuransi, biaya cetak logam mulia dan biaya pengiriman yang timbul dari adanya pencetakan 1 gram emas tersebut dan dikirim pada anda.

Untuk anda yang ingin memantau pergerakan harga emas, anda bisa membuka situs www.logammulia.com yang mana ini merupakan website yang disediakan oleh pihak ANTAM langsung.

Baca Juga : Belajar Investasi Bagi Pemula, Ketahui Dasar ini Biar Cepat Kaya

Dengan semakin mudahnya fasilitas yang tersedia dalam ber-investasi emas batangan ini, tentu membuat orang-orang semakin tertarik untuk berinvestasi. Kalo bukan sekarang, kapan lagi?

Written by Dinny Amalia

Lifetime learner. An independent woman who live her life to the fullest.