in , , ,

7 Tips Kerja Sambil Kuliah Agar Kamu Sukses Di Keduanya

Tips Kerja Sambil Kuliah
Tips Kerja Sambil Kuliah

Kamu sedang berencana kerja sambil kuliah?

Meski terdengar mudah buat dijalani, kenyataannya kamu butuh komitmen tinggi loh sebelum memutuskan kerja sambil kuliah.

Buat mahasiswa yang ingin tambahan uang jajan, ataupun pekerja yang ingin melanjutkan pendidikan, sama – sama ada hal yang akan dikorbankan.

Namun demikian, ini bukan berarti kamu tidak bisa sukses di keduanya. Apalagi kalau rencana kamu sudah matang.

Simak beberapa tips berikut ini buat kamu yang ingin kerja sambil kuliah.

Buat Jadwal Harian Dan Lakukan Secara Konsisten Setiap Harinya

Membuat Jadwal Kegiatan
Membuat Jadwal Kegiatan

Saat kamu kerja sambil kuliah, yang paling penting adalah bagaimana kamu mampu membagi waktu. Jangan sampai antara waktu kuliah dan kerja jadi berantakan.

Kamu perlu membuat jadwal kegiatan setiap harinya. Ini akan membuat waktu kamu jadi bisa dimanfaatkan semaksimal mungkin melihat betapa padatnya baik kegiatan kuliah maupun pekerjaan yang harus kamu selesaikan.

Luangkan waktu kamu untuk menyusun jadwal tersebut agar aktivitas harian kamu lebih teratur. Tulis apa saja yang akan kamu kerjakan, jadwal kuliah, dan deadline pekerjaan di kantor. Cantumkan juga jamnya, misalnya estimasi kamu bisa menyelesaikan semua kegiatan tersebut.

Jadwal yang sudah kamu buat ini akan membantu kamu menghadapi banyaknya kegiatan dengan lebih rileks.

Kurangi Waktu Bermain Saat Sedang Banyak Tugas Atau Pekerjaan

Belajar dan Terus Belajar
Belajar dan Terus Belajar

Setelah tadi kamu membuat jadwal harian, lakukanlah secara konsisten agar menjadi kebiasaan. Namun demikian, kenyataannya menjalaninya memanglah tidak semudah itu.

Untuk konsisten saja sudah sulit, ditambah lagi sering dihadapkan dengan teman – teman kamu mengajak yang mengajak kamu nongkrong. Kalau kamu mau kerja sambil kuliah berhasil, kamu harus paham betul prioritas kamu.

Mulailah berani untuk menolak berbagai macam ajakan dari teman kamu kalau tidak masuk ke jadwal yang sudah dibuat. Apalagi kalau sedang banyak tugas kuliah serta deadline pekerjaan yang padat.

Bayangkan apabila tugas maupun pekerjaan kamu berantakan karena kamu terlalu banyak bermain. Akan jadi kacau balau deh!

Latihan Multitasking Biar Semuanya Cepat Selesai

Biasakan Diri Multitasking
Biasakan Diri Multitasking

Mengingat waktu kamu yang tidak punya banyak waktu, sebaiknya segala sesuatunya perlu diselesaikan dengan lebih cepat. Dibalik waktu yang terbatas, skill multitasking kamu harus sangat dilatih.

Selesaikan tugas kuliah di sela – sela waktu luang. Misalnya, temukan tempat yang nyaman di luar untuk mengerjakan tugas tersebut sebelum waktu perkuliahan dimulai.

Fokus dulu mengerjakan tugas kamu. Caranya bisa dengan mematikan handphone kamu sejenak agar tidak terganggu dan juga menghindarkan kamu dari bermain sosial media.

Tanggung jawab di kantor pun jangan sampai dilupakan. Tingkatkan produktivitas bekerja, manfaatkan waktu dengan efektif, sehingga pekerjaan cepat rampung.

Apabila tugas dan pekerjaan di kantor datang secara bersamaan, tentukan mana dulu yang bisa diselesaikan dengan cepat agar keduanya bisa sama – sama selesai.

Bisa dikerjakan dari yang mudah terlebih dahulu atau dengan meninjau deadline pekerjaannya.

Selain itu, hindari menunda – nunda. Kebiasaan menunda tersebut akan mengacaukan segalanya. Kamu bisa stress sendiri nantinya!

Kamu juga bisa mempelajari 5 Tips Melepaskan Kecemasan Agar Lebih Tenang Dalam Bekerja.

Harus Rela Ada Yang Dikorbankan

Rela Mengorbankan Suatu Hal
Rela Mengorbankan Suatu Hal

Di momen kamu memilih untuk kerja sambil kuliah, kamu seharusnya sudah tahu kalau akan ada yang perlu kamu korbankan. Penting bagi kamu memahami yang mana prioritas kamu dan harus kamu kerjakan.

Apabila pekerjaan dan kuliah kamu sama – sama prioritas utama kamu, maka hal lainlah yang harus kamu korbankan.

Misalnya waktu luang kamu. Jika biasanya kamu sering menghabiskan waktu bersama teman – teman untuk sekadar nongkrong atau makan malam, maka kamu perlu mengurangi bahkan meninggalkan itu. Tugas kuliah kamu tidak bisa selesai sendiri begitu saja, bukan?

Namun demikian, karena saking ingin fokus di keduanya, jangan sampai kamu melupakan hal penting lain, seperti kesehatan dan hubungan kamu dengan keluarga.

Yang terpenting adalah mengorbankan hal yang masih bisa ditinggalkan untuk mengerjakan prioritas kamu.

Tidak Sungkan Untuk Minta Bantuan Teman

Minta Bantuan Teman
Minta Bantuan Teman

Ada tugas kuliah yang kamu tidak pahami?

Minta bantuan teman kamu untuk membantu kamu agar lebih mengerti. Jangan sungkan untuk bertanya atau minta tolong soal hal yang kamu tidak kuasai.

Ini jadinya tidak akan membuang waktu kamu yang berharga. Kalau kamu stuck di satu tugas itu saja, malah baik kuliah maupun pekerjaan kamu nantinya ikut terhambat.

Meskipun teman kamu mau membantu kamu, jangan jadi seenaknya ya! Ingat, teman kamu hanya perlu menjelaskan kepada kamu soal tugas yang kamu tidak mengerti, bukan mengerjakan secara utuh.

Punya teman belajar selama kuliah memang penting. Bukan cuma membantu kamu dalam tugas yang sulit, kalau mereka orang yang perhatian pada temannya, kamu juga akan selalu diingatkan untuk pintar – pintar mengatur waktu antara kesibukan kuliah dan pekerjaan kamu.

Manfaatkan Waktu Luang Untuk Santai Sejenak Dari Rutinitas Kuliah Dan Kerja

Luangkan Waktu Untuk Santai
Luangkan Waktu Untuk Santai

Tidak ada yang bilang kuliah sambil kerja itu mudah. Kuliah sambil kerja adalah tantangan tersendiri untuk mereka yang memutuskan hal tersebut.

Selain jadi makin sibuk, kesehatan pun bisa terganggu kalau tidak cerdik mengatur waktu. Maka dari itu, kalau ada waktu luang, manfaatkanlah sebaik mungkin untuk istirahat.

Rutinitas yang padat pastilah sangat menguras energi dan pikiran. Kamu juga butuh waktu untuk santai sejenak dari rutinitas.

Mulailah dengan meninggalkan gadget kamu untuk sementara waktu. Boleh saja kalau ingin mengetahui informasi terbaru, akan tetapi jangan berlama – lama sampai memakan seluruh waktu luang kamu.

Lebih baik gunakan waktu kamu untuk istirahat yang cukup agar badan jadi lebih rileks.

Libur Akhir Pekan Waktu Untuk Libur Dari Kuliah Dan Kerja Juga

Manfaatkan Waktu Libur
Manfaatkan Waktu Libur

Ada alasan kenapa kamu harus meninggalkan kebiasaan kamu dalam menunda pekerjaan. Selain agar semua tugas dan tanggung jawab cepat selesai, kamu pun bisa lebih tenang saat libur akhir pekan.

Kuliah sambil kerja itu berat, tapi kamu berhak punya waktu bersenang – senang juga. Tidak harus sepanjang waktu tentang keduanya. Jangan sampai semua kesibukan tersebut membuat kamu mengenyampingkan kehidupan pribadi kamu sendiri.

Lakukanlah hobi kamu saat weekend. Bergembiralah bersama sahabat terdekatmu. Rencanakan liburan singkat ke luar kota. Intinya adalah bagaimana kamu membuat diri kamu sendiri bahagia.

Sukses kuliah sambil kerja bukan berarti kamu tidak bisa sukses juga di kehidupan sosial kamu. Pergilah party di malam minggu namun harus kembali fokus di hari Senin.

Coba pelajari 9 Tips Ini Buat Kamu Lebih Semangat Kerja di Hari Senin.

Nah, itulah tadi 7 tips agar kerja sambil kuliah bisa sukses.

Kamu harus mempersiapkan banyak hal sebelum memutuskan untuk kerja sambil kuliah, mulai dari materi, energi, sampai mental kamu untuk bisa fokus pada prioritas utama kamu.

Memang tidak gampang, akan tetapi, dengan tekad yang kuat dan manajemen waktu yang baik, bukan hal yang mustahil kamu bisa sukses di keduanya.

Pendidikan adalah hal penting, tapi tanggung jawab di pekerjaan yang kamu punya sekarang juga sama pentingnya. Begitu pun sebaliknya kalau kamu masih mahasiswa.

Jadi, kamu siap untuk mulai kerja sambil kuliah?

Written by Ana Rostiana

The girl still on her journey to unveil her biggest mystery--her life.