in , ,

Tips Liburan Asik dan Produktif Untuk Kamu yang Sedang Galau

Tips Liburan Produktif
Tips Liburan Produktif

Ingin liburan asik, tapi hati sedang galau. Kepikiran terus sama kenang-kenangan pahit dan manis yang dulu-dulu. Tak banyak yang bisa dilakukan, hanya dikamar seharian, lapar pindah ke meja makan, tiba waktunya mandi ya mandi.

Hidup terasa datar. Liburan yang menurut orang-orang menyenangkan, buat aku gak ada artinya. Teman-teman dan keluarga udah susun wacana liburan, tapi aku masih ingin dirumah aja.

Ketika hari libur dimulai sejak kemarin, aku seringkali mendapati emosi yang campur aduk. Tampaknya ungkapan “selamat liburan” tidak berlalu untuk semua orang.

Tapi semakin lama aku merasa kondisi mentalku semakin lemah. Aku tidak bisa terus menerus seperti. Apa yang harus aku lakukan?

Berikut 5 Tips Liburan Asik Untuk Kamu yang Sedang Galau!

1. Pergi Melakukan Perawatan Diri

Perawatan Diri
Perawatan Diri

Liburan asik tidak selalu harus jalan-jalan keluar kota dan keluar negeri, bukan?

Dan mungkin liburan yang menghabiskan biaya mahal tidak ada nikmatnya jika hati kita sedang sedih. Jadi benar saja kalau orang-orang sering berkata “Uang tidak bisa membeli kebahagiaan”

Sebab kebahagiaan yang kita dapat dari liburan adalah 1/4 dari uang, 1/4 suasana eksternal, 1/4 kondisi mental dan 1/4 lagi kesehatan. Jika ke-empat faktor penting ini terpenuhi kamu akan 100% bahagia saat liburan.

Jika kondisi mental kamu sedang jatuh, maka coba cari tahu bagaimana membangkitkan motivasi dalam dirimu lagi. Nah, langkah pertama adalah melakukan perawatan diri.

Seperti, mandi uap, spa, pijat relaksasi dan lainnya. Tak cukup sampai disitu saja, konsumsi juga makanan-makanan moodbooster agar kamu kembali bersemangat.

Setelah tubuh kita merasa rileks, maka pikiran juga akan kembali jernih dan positif.

Baca Juga : 7 Bahan Perawatan Wajah Paling Simpel, Bisa Bikin Sendiri Di Rumah

2. Cari Wadah Untuk Melepaskan Emosi

Melepaskan Emosi
Melepaskan Emosi

Apakah kamu memendam masalah hidupmu sendirian? Jika iya, maka wajar saja hatimu terasa semakin berat untuk pergi liburan bersama keluarga dan teman-teman.

Kamu butuh mencari wadah untuk pelepasan emosi, cobalah tuliskan di buku harianmu tentang semua kesedihan yang kamu alami sebab dengan cara itu kamu bisa mengekspresikan semuanya.

Jika masih belum cukup, hubungi seseorang yang kamu percaya untuk bercerita. Pergilah ke tempat-tempat santai yang tidak terlalu bising agar kamu tidak sungkan untuk menceritakan semuanya.

Mintalah seseorang untuk memelukmu karena itu bisa meredakan rasa sakit dalam hatimu.

Jika masih belum cukup juga, maka lakukan ritual agama, meditasi atau yoga untuk menenangkan jiwa. Cara-cara ini tentu membantu kamu untuk berhenti memperburuk keadaan.

Sebab semuanya tidak akan menjadi lebih baik jika kamu tidak berhenti memperburuk keadaan.

Baca Juga : Apa Penyebab Saya Tidak Bahagia? Ini Jawabannya

3. Sederhanakan Pikiranmu yang Bercabang

Menyederhanakan Pikiran
Menyederhanakan Pikiran

Jangan buat semuanya menjadi lebih rumit. Belajarlah untuk berkata “TIDAK” pada hal-hal yang bisa saja kamu tolak. Sembuhkan hatimu terlebih dahulu, jangan membuat pikiran semakin bercabang.

Liburan yang stress bisa jadi bukan hanya karena satu hal. Mungkin kamu terlalu baik sehingga berusaha memuaskan semua orang.

Jadwal padat karena banyak sekali undangan, pesta makan dan lainnya. Tapi untuk apa menyenangkan semua orang, sedangkan dirimu sendiri kewalahan.

Pikirkan lagi, ingat-ingat apa yang sudah kamu rencanakan untuk hari ini. Pikirkan apa yang kamu inginkan untuk liburan asik kali ini, bukan apa yang orang-orang inginkan darimu.

Hal-hal seperti apa yang ingin kamu hilangkan dan hal seperti apa yang ingin kamu dapatkan. Sederhanakan semuanya sehingga kamu lebih mudah menentukan kemana kamu akan pergi.

Apakah kamu ingin mencoba pengalaman baru dengan pergi camp sendiri? Lakukanlah.

Baca Juga : 10 Rekomendasi Jajanan Car Free Day, Olahraga Sekalian Kulineran

4. Sadari Berharganya Waktu yang Kamu Miliki

Sadari Bahwa Kamu Memiliki Waktu Berharga
Sadari Bahwa Kamu Memiliki Waktu Berharga

Saat seseorang menganggap waktunya tidak berharga, saat itu pula ia membuat dirinya tidak bahagia. Sadarilah, apa yang kamu alami kini adalah hasil dari perbuatanmu sendiri.

Tampaknya memang orang lain bersalah sehingga kamu kecewa, tapi kenyataannya kamu juga berharap terlalu tinggi kepada orang lain sehingga waktumu terbuang sia.

Tapi sekarang adalah saat-saat terbaik dalam hidupmu. Sendirian dengan rasa sakit itu akan membuat kamu semakin kuat nantinya.

Maka sadarilah betapa berharganya waktu yang kamu miliki saat ini. Pergunakanlah sebaik-baiknya dengan melakukan sesuatu yang berharga dan membuatmu bahagia.

Jauhkan diri dari media sosial dan mulai bersosial di dunia nyata bersama teman-teman atau keluarga dirumah, akan lebih asik jika membuat acara manggang bersama.

Percayalah, hal-hal sederhana seperti itu sangat berharga dan sekarang waktunya kamu untuk melakukannya. Jangan buang lagi waktu dengan percuma.

Baca Juga : 5 Manfaat Membaca Yang Tidak Pernah Kamu Duga Sebelumnya

5. Liburan Asik Dengan Melatih Kreativitas

Melatih Kreativitas
Melatih Kreativitas

Jika kamu terus berfokus pada orang lain, maka wajar jika kamu mudah merasa lelah secara mental. Memikirkan hal-hal yang tidak dapat kita kendalikan hanya akan menghalangi kebahagiaan.

Fokuslah pada apa yang bisa kamu lakukan dan apa yang kamu inginkan. Jika kamu ingin liburan asik tanpa gangguan siapapun, ada beberapa cara yang bisa membantu kamu.

Lebih dari sekedar liburan biasa, tetapi kamu juga melatih kreativitas otak. Sebab beberapa orang yang memiliki jiwa seni akan menjadi lebih kreatif ketika berada di situasi penuh tekanan.

Mungkin kamu bisa pergi ke suatu tempat dengan pemandangan yang sejuk, lalu menggambar atau melukis, membaca buku, dan menulis.

Jika kamu tidak ingin pergi, dirumah saja pun kamu bisa membuat liburan menjadi asik dengan berkebun atau menanam bunga, mendekorasi ruangan atau memasak.

Cobalah melatih kreativitas kamu saat melakukan kegiatan tersebut, semisal membuat menu makanan baru dengan resep kamu sendiri.

Baca Juga : 6 Kegiatan Ini Ternyata Bagian dari Art Therapy, Yuk Kenali Lebih Jauh

Akhir Kata

Liburan asik adalah kesempatan yang jarang-jarang bisa didapatkan dan kita perlu bersyukur telah memilikinya. Namun tetaplah menjadi realistik dengan menurunkan ekspektasi tinggi tentang liburan asik.

Jangan membuat dirimu kewalahan dengan harapan yang tak wajar. Bahagiakan dirimu semampu yang bisa kamu lakukan.

Demikianlah artikel tentang tips liburan asik untuk kamu yang sedang galau. Semoga bermanfaat!

What do you think?

Ilham Damanik

Written by Ilham Damanik

Menyendiri-Merenung-Hening