Dibutuhkan desain yang menarik hati konsumen untuk mengembangkan bisnis apapun yang sedang kamu jalankan. Terutama yang paling penting adalah desain logo, sebab itulah nyawa dari bisnis kamu.
Persaingan yang semakin ketat di era digital ini membuat para pebisnis baru atau lama harus membolak-balikkan kepala. Pasar di era digital ini sudah seperti hutan yang memakai hukum rimba, dengan kata lain siapa yang paling kuat dialah yang menang.
Menjual produk di masa sekarang ini mengharuskan kita untuk lebih kreatif, tentu saja. Salah satunya adalah dengan merencanakan pemasaran menggunakan internet.
Nah, ketika kamu memasuki dunia bisnis di internet, maka hal terpenting yang harus dipikirkan adalah membuat logo desain yang bisa menempel dengan kuat di hati orang-orang yang melihatnya.
Berikut ini adalah 5 tips membuat desain logo yang menarik hati calon konsumen!
1. Pahami Jenis Produk yang Ingin Kamu Pasarkan
Kita harus benar-benar mengenali produk sendiri sebelum memperkenalkannya kepada masyarakat. Ya, bagaimana mungkin kamu menjual suatu produk yang kamu sendiri tidak tahu apa fungsinya?
Pastikan kamu memiliki wawasan yang lumayan tentang bisnis mu sendiri. Kalau kamu belum memahami bisnis yang ingin kamu jalankan, ada baiknya kamu tahan sebentar untuk belajar lebih banyak lagi.
Sebab kamu perlu memberi tahu orang-orang tentang apa ideologi merek dan visi-misinya di masa depan. Kamu perlu membuat orang-orang terinspirasi dengan merk tersebut!
Selain itu, kamu juga perlu tahu apakah merk tersebut lebih ke arah feminim atau maskulin? Dewasa, remaja atau anak-anak? Semua itu akan membantu kamu untuk menemukan ide membuat logo desain yang menarik.
2. Kenali Target Pasar
Desain logo yang keren dan trendy belum tentu menyentuh hati konsumen. Semua itu kembali lagi pada pasar seperti apa yang ingin kamu jangkau.
Tentu saja, jika kamu ingin menjangkau para remaja, maka desain yang cocok adalah desain yang mencerminkan jiwa remaja. Jadi, pastikan bahwa desain logo yang ingin kamu buat benar-benar sesuai dengan target yang ingin di jangkau.
Sementara jika kamu ingin menjangkau semua umur, maka sangat penting untuk memikirkan ulang desain logo seperti apa yang cocok untuk bisnismu. Biasanya desain logo yang cocok untuk semua umur adalah desain yang sederhana.
Intinya, sebelum kamu membuat desain logo, coba cari tahu informasi tentang hal-hal seperti apa yang disukai oleh calon konsumen.
3. Pastikan Desain Logo Mencerminkan Sifat Bisnis
Setelah kamu memahami produk seperti apa yang ingin dipasarkan dan setelah kamu memahami siapa target yang ingin dijangkau, sekarang saatnya untuk memastikan bahwa desain logo yang kamu buat mencerminkan sifat bisnis itu sendiri.
Dengan kata lain, gambar dan warna desain logo yang kamu buat selaras dengan jenis bisnis atau layanan yang ingin kamu pasarkan. Hal ini sangat penting agar calon konsumen lebih mudah mengenali identitas merk yang kamu buat.
Ketika desain logo sudah mencerminkan sifat bisnis, maka bisa dipastikan calon pelanggan kamu akan seolah mendapatkan pesan secara tidak langsung ketika melihat desain logo tersebut.
4. Temukan Inspirasi Desain yang Lebih Menarik Dari Logo Pesaing
Semua hal sudah ada dan artinya desain yang terbaik pun sebenarnya sudah ada, hanya saja kita perlu menemukannya. Beberapa orang menemukan inspirasi desain dalam imajinasi, sementara yang lain menemukannya di momen-momen tak sengaja.
Jadi, semisal kamu sedang membangun bisnis yang berkaitan dengan makanan. Cobalah sering-sering pergi ke tempat makan dan perhatikan sekitarmu. Kadang-kadang secara tak sengaja kita bisa menemukan ide disana.
Setelah kamu menemukan satu ide, jangan langsung buru-buru membuat desain logo. Kita perlu mengumpulkan banyak ide desain, setelahnya barulah kita bisa memilih satu yang terbaik.
Satu desain yang terbaik itu harusnya sudah dipastikan lebih menarik dari logo pesaing bisnismu. Dengan kata lain, kamu juga perlu melihat seperti apa desain logo pesaingmu juga agar desain yang tunjukkan tidak kalah dari mereka.
5. Pilih Warna yang Tepat Untuk Desain Logo Kamu
Warna memiliki pesan yang tersirat kepada orang-orang yang melihatnya. Dengan kata lain, warna dapat memengaruhi perasaan seseorang hingga mengubah fungsi organ tubuh seperti kecepatan detak jantung dan metabolisme.
Misal, dalam psikologi warna biru melambangkan kecerdasan dan kebersamaan. Efeknya memberikan ketenangan dan dapat membangkitkan konsentrasi. Warna biru kerap digunakan untuk bisnis digital dan media sosial seperti facebook dan twitter.
Sementara merah melambangkan keberanian, energik, dan agresif. Semua itu tentu saja mencerminkan kepribadian remaja. Efeknya pada tubuh membuat kita menjadi lebih cepat merasa lapar sehingga warna ini cocok dijadikan logo bisnis makanan.
Contohnya Kfc, MCd, dan pizzahut menggunakan warna merah untuk desain logo mereka, bahkan warna merah juga digunakan sebagai warna desain interior mereka. Lalu lihat hasilnya, para remaja senang berkumpul untuk makan bersama disana, bukan?
Intinya sebelum kamu membuat desain logo, ingatlah bahwa setiap warna dapat menyentuh emosi dan mengubah fungsi organ tubuh, maka untuk selanjutnya kamu perlu lebih banyak memahami ilmu dibalik fungsi warna.
6. Buatlah Sesederhana Mungkin
Kesederhanaan mengalahkan segalanya sebab otak kita tak sulit untuk mengingat setiap hal-hal yang sederhana. Jadi, pahamilah bahwa membuat desain logo berbeda dengan membuat lukisan yang harus detail dan banyak warna.
Pilihlah jenis logo yang paling sederhana agar orang-orang lebih mudah mengenali merk bisnismu. Selain itu, pilihlah font yang paling dekat dengan calon konsumenmu.
Contohnya, coba bayangkan font pada logo facebook dan sekarang pikirkan betapa sederhananya font pada logo tersebut. Atau coba bayangkan font pada logo cocacola, pikirkan betapa mudahnya kita mengingat logo tersebut dengan tulisan miring bersambung.
Selain itu kurangi juga penggunaan warna pada desain logo, sebab para desainer grafis terkenal selalu menyarankan agar kita tidak menggunakan lebih dari tiga warna. Hal ini akan menjadikan desain logo kita lebih sederhana dan mudah menyentuh hati orang-orang.
Baca Juga :
- 7 Tips Memilih Warna Logo Desain Dengan Trik Psikologi
- 8 Aplikasi Pembuat Logo Gratis di Android Untuk Pemula
Akhir Kata
Ingatlah bahwa yang terpenting dari semua ini adalah kesederhanaan. Desain logo yang paling sederhana biasanya adalah yang paling menarik hati orang-orang, sebab itu sangat mudah menempel dalam memori.
Sekianlah artikel tentang 6 tips membuat desain logo yang menarik hati calon konsumen. Semoga bermanfaat!