7 Tips Memilih Kombinasi Warna Cat Rumah Menurut Psikologi

Ketika orang-orang ingin menaikkan semangatnya mereka mengambil makanan pedas atau secangkir teh

Ilham Damanik Ilham Damanik · 4 min read >
Tips Memilih Kombinasi Warna Cat Rumah

Ketika orang-orang ingin menaikkan semangatnya mereka mengambil makanan pedas atau secangkir teh hijau, tetapi ada cara yang lebih sederhana lagi untuk meningkatkan mood  yaitu dengan mengubah warna cat rumah. Mudahnya, kamu hanya perlu membuka mata.

Bukankah semua orang inginkan mood yang seimbang setiap harinya?

Warna adalah sebuah alat yang bisa membuat suasana ruangan kamu menjadi terasa lebih ceria, bersemangat, tenang, sejuk dan dramatis. Percaya atau tidak?

Ada sejumlah warna yang memiliki efek psikologis yang memengaruhi kita ketika berada disana. Contohnya cat bagian ruang tamu baiknya berwarna hangat untuk membuat kesan yang nyaman.

Nah, sebelum memasuki 7 tips warna cat rumah yang memiliki dampak secara psikologis, alangkah baiknya kita mengenal arti warna dengan baik.

Kelompok Warna

Warna-warna menurut psikologi umumnya dibagi menjadi 2 bagian, yaitu warna hangat dan warna dingin.

  • Warna hangat : Oranye, merah, emas dan cokelat.
  • Warna dingin: biru muda, hijau, ungu.

Tipikal warna hangat akan membuat suatu objek terlihat padat dan berat saat terkena cahaya matahari, sementara warna dingin akan terlihat lebih ringan. Namun uniknya warna-warna dingin akan membuat sudut-sudut ruangan terasa tenang dan segar.

Berikut ini adalah beberapa kombinasi warna yang dapat kamu sesuaikan dengan kebutuhanmu.

1. Warna Putih

Cat Rumah Warna Putih
Cat Rumah Warna Putih

Putih dikenal sebagai warna sejuta umat karena tampaknya setiap sudut dunia orang-orang suka menggunakannya. Tapi tahukah kamu makna di balik warna putih?

Putih memiliki kesan bersih, dingin dan mampu membuat ruangan terasa lebih luas. Keunikan warna putih adalah kemampuannya dalam mengurangi rasa perih karena kesan kebebasan dan keterbukaan.

Namun sayangnya, warna putih juga memiliki kekurangan seperti membuat mata lelah. Maka sangat disarankan untuk memberikan sentuhan baru dengan kombinasi warna lainnya.

Jangan biarkan putih terlalu mendominasi ruangan, karena itu akan membuat kesan monoton dan membosankan. Biarkan ia tetap ada namun jangan terlalu mendominasi.

Warna putih cocok untuk bagian depan rumah dengan desain minimalis!

2. Kombinasi Warna-warna Hangat

Ide Cat Rumah Warna Hangat
Ide Cat Rumah Warna Hangat

Kombinasi warna-warna hangat adalah aura dari orang-orang sanguinis yang cenderung riang dan optimis. Menurut psikologi warna, oranye, merah dan kuning kerap kali membangkitkan perasaan optimisme, kebahagiaan dan penuh energi.

Kombinasi warna-warna ini sangat cocok untuk merangsang kemampuan anak dan menghidupkan kembali semangat yang terkubur.

Lebih unik lagi, kombinasi warna-warna ini dapat membangkitkan nafsu makan pada anak-anak maupun orang dewasa mungkin karena itulah McDonalds menggunakan warna merah dan kuning.

Untuk penempatannya kamu bisa mengkombinasikan warna merah dan kuning di ruang makan. Sementara warna oranye baik untuk ditempatkan di ruang kerja, ruang belajar dan dapur.

Disarankan agar kamu tidak menggunakan warna-warna tersebut di kamar atau ruang tamu. Sebenarnya boleh saja, asal tidak terlalu mendominasi, misalnya di ruang tamu kamu bisa menggunakan warna oranye untuk sekedar list satu garis saja untuk menambah kesan energik.

Baca Juga : 10 Arti Warna Dalam Psikologi, Ketahui Biar Gak Salah Kostum Lagi

3. Kombinasi Warna Biru-Putih

Cat Rumah Warna Kombinasi Biru Putih
Cat Rumah Warna Kombinasi Biru Putih

Kombinasi warna biru-putih adalah aura dari orang-orang koleris yang cerdas, logis, dan beroientasi pada tujuan. Nuansa warna cerah seperti putih dan biru, memberikan kesan yang lebih luas pada ruang sempit.

Menurut psikologi warna, biru dapat membangkitkan perasaan tenang namun warna ini juga memberikan energi yang kuat kepada orang yang berada disana.

Warna biru juga memiliki keunikan sebab diyakini mampu mengatasi insomnia, tekanan darah tinggi dan sakit kepala karena kesan tenang yang dipancarkan-nya.

Sangat cocok untuk di kombinasikan dengan warna putih untuk ruang istirahat.

Selain itu kamu juga bisa langsung mengaduk cat putih dan biru dalam satu wadah sehingga menghasilkan warna biru mudah. Warna biru mudah, cocok untuk bagian langit-langit karena kesan tenang yang diberikan.

Kelebihannya, warna biru juga dapat kamu gunakan di dapur atau kamar mandi. Tetapi di sarankan untuk tidak menggunakan biru pada dinding ruang tamu karena itu akan menghilangkan selera orang untuk berbicara.

4. Warna Hijau

Cat Rumah Berwarna Hijau
Cat Rumah Berwarna Hijau

Warna hijau adalah aura dari tipikal orang plegmatis, atau cinta damai. Warna ini sangat identik dengan alam dan memberi suasana santai.

Secara psikologi warna, hijau mampu membantu seseorang yang sedang tertekan menjadi lebih seimbang emosinya dan memudahkan keterbukaan dalam komunikasi.

Dalam hal desain, hijau cocok dikombinasikan dengan coklat gelap untuk mendapatkan nuansa alam. Untuk desain yang lebih terlihat mewah, hijau juga bisa di kombinasikan dengan warna biru muda dan abu-abu.

Warna hijau bukan hanya identik dengan tumbuhan, diketahui makna warna ini juga berkaitan dengan uang. Dengan kata lain, hijau adalah warna kehidupan karena semua makna didalamnya melambangkan kebutuhan dan keselarasan.

Kamu bisa meletakkan warna hijau dan kombinasinya di teras rumah atau ruang tamu untuk membuat suasana berkumpul dirumah lebih sejuk dan terbuka.

5. Warna Hitam

Cat Rumah Berwarna Hitam
Cat Rumah Berwarna Hitam

Hitam memberi kesan gelap dan menakutkan namun tetap elegan. Karena itulah elemen warna apapun akan menarik jika di kombinasikan dengan hitam.

Hitam mempunyai makna keanggunan, kemakmuran dan kecanggihan, juga merupakan warna yang independen dan misterius.

Namun untuk cat rumah, warna hitam tidak cocok untuk diletakkan pada dinding. Lebih tepatnya warna hitam akan membuat kesan mewah pada barang-barang dirumah seperti kulkas, meja, kursi, sofa, dan lemari.

Selain itu warna hitam juga cocok dijadikan cat gerbang sebagai maknanya yang memperlihatkan kekuatan, perlindungan, perasaan yang dalam dan harga diri.

Filosofi warna hitam antara lain:

  • Mencerminkan keberanian
  • Pusat perhatian
  • Ketenangan dan dominasi
  • Keteguhan, perasaan yang dalam dan kekuatan hati
  • Lebih alami

6. Warna Ungu

Cat Rumah Warna Ungu
Cat Rumah Warna Ungu

Warna ungu dikaitkan dengan kerajaan karena maknanya yang abadi. Warna ini menyambungkan pikiran dan imajinasi. Disebut juga sebagai kemewahan, keagungan dan kebijaksanaan.

Namun uniknya secara psikologis warna ungu mampu memberikan pemikiran dan penggambaran dalam benak kita tentang sesuatu yang bersifat duniawi.

Untuk desain interior warna ini memberi kesan sempit dan padat, namun jika digunakan sebagai aksen ia mampu mengirimkan sinyal kenyamanan dan keamanan.

Warna ungu cocok untuk dipadukan dengan putih, kuning dan hitam. Kamu bisa meletakkan warna ungu pada salah satu bagian dinding kamar tidur, jangan secara full. Disarankan untuk memadukan warna ungu tua dan putih.

Tetapi ada baiknya jika warna ini digunakan sebagai aksen saja karena kesannya lebih mewah.

7. Warna Cokelat

Cat Rumah Warna Coklat
Cat Rumah Warna Coklat

Warna cokelat adalah satu yang sangat mengandung unsur alami. Secara psikologis warna ini memberi kesan kuat dan mampu diandalkan. Kelebihan lainnya warna ini memberi kesan modern, canggih dan mahal.

Meskipun warna cokelat bukanlah pilihan utama dalam desain interior, tetapi kamu menggunakannya sebagai perpaduan seperti cokelat-putih-hitam atau cokelat-merah marun-putih. Perpaduan ketiga warna tersebut akan menghasilkan desain interior yang berkarakter kuat.

Warna cokelat hangat akan memberi kesan yang hangat pula untuk menyambut tamu. Sementara warna coklat dingin seperti caramel dan capucino akan memberi kesan mendalam dan mewah.

Warna cokelat cocok di letakkan diseluruh ruangan, asalkan tetap dipadukan dengan warna lain.

Baca Juga : Tidak Nyaman Dirumah, 7 Cara Ini Dijamin Membuatmu Lebih Betah

Kesimpulan

Meskipun warna melambangkan makna suatu objek, tetapi penilaian berdasarkan warna bukanlah pondasi yang kuat secara subjektif. Jadi, pada intinya informasi sudah kamu ketahui ini bukanlah hukum pasti. Warna sama halnya dengan makanan, bergantung pada perasaan dan selera masing-masing.

Tapi ambillah nilai positifnya, sebagai pengetahuan yang menambah referensi kamu dalam kehidupan sehari-hari. Demikian penjelasan tentang tips memilih kombinasi warna cat rumah yang memiliki makna secara psikologis.

Ilham Damanik
Aku merasa seperti seorang penulis Read Full Profile