in ,

7 Tips Memulai Karir Sebagai Freelancer Pemula Yang Sukses

Tips Memulai Karir Sebagai Freelancer
Tips Memulai Karir Sebagai Freelancer

Tertarik menjadi Freelancer ? Revolusi 4.0. memberikan peluang yang cukup besar bagi setiap orang mendapatkan akses pekerjaan yang diinginkan dengan sangat cepat. Berbeda dengan 10 tahun lalu, ekonomi digital mengubah secara radikal bagaimana kita memandang suatu pekerjaan.

Pada saat ini, ada banyak perusahaan yang membutuhkan pekerja lepas untuk mengerjakan project kecil hingga besar. Dari sekedar mendesain website, menulis konten, hingga tenaga kreatif yang mampu mengonsep kebutuhan pemasaran.

Jika kamu tertarik dengan gaya bekerja yang lebih fleksibel, dan bebas dikerjakan dimana saja, freelancer adalah profesi yang tepat untuk itu. Namun tunggu dulu, pekerjaan ini tidak semudah yang kamu bayangkan. Kamu perlu untuk membangun skill, personal branding, koneksi, hingga integritas.

Hal ini tentu tidaklah mudah, kamu akan mulai berpetualang menemukan klien pertamamu, dan berusaha agar mereka memberikan project tersebut kepadamu. Ini tentu cukup berat jika kamu masih pemula.

Jangan khawatir, berikut ini adalah beberapa tips yang bisa kamu terapkan jika ingin memulai karir sebagai freelancer yang sukses.

1. Kenali Apa Yang Menjadi Kemampuanmu

Mengenal Kemampuan Diri
Mengenal Kemampuan Diri

Ada banyak freelancer yang saat ini sedang kamu hadapi. Kamu harus bersiap bersaing dengan mereka semua. Sebagian diantara mereka adalah pemain lama yang telah memiliki puluhan hingga ratusan klien dengan testimoni yang baik.

Namun jangan khawatir, kreatifitas dan skill yang kamu miliki bisa menjadi senjata yang mematikan untuk memenangkan persaingan.

Hal pertama yang harus kamu lakukan adalah mengenali dimana keunggulanmu. Jika kamu hebat dalam mendesain undangan pernikahan, kamu bisa mengumpulkan koleksi desain menjadi kumpulan portofolio. Para pemberi kerja tentunya ingin melihat seperti apa contoh pekerjaanmu.

Baca Juga : 5 Tips Mencapai Keseimbangan Antara Pekerjaan Dan Kehidupan Pribadi

2. Mulailah Memberikan Jasa Kepada Orang-Orang Terdekat

Memberikan Jasa Kepada Orang Terdekat
Memberikan Jasa Kepada Orang Terdekat

Jika kamu memiliki keahlian untuk melukis, mendesain pakaian, atau sekedar mengedit foto seseorang, kamu bisa menawarkan jasa tersebut ke orang-orang terdekatmu. Sosial media saat ini sudah cukup baik untuk dijadikan alat promosi.

Jika kamu suka menulis, kamu juga bisa membagikan tulisanmu kepada orang-orang terdekatmu. Ini adalah awal mula dimana kamu membangun personal branding dan portofolio pekerjaan terbaikmu.

Selalu perhatikan apa yang diinginkan orang lain. Sangat penting untuk menjadi autentik, tetapi menjadi freelancer adalah bagaimana kamu memuaskan para pemberi pekerjaan.

3. Jangan Pernah Memberikan Jasa Secara Gratis

Memberikan Jasa Secara Gratis
Memberikan Jasa Secara Gratis

Ini berbahaya, ada banyak orang yang menggunakan strategi ini hanya untuk mendapatkan klien pertama. Faktanya, kamu tidak perlu melakukan hal ini hanya untuk mendapatkan suatu pekerjaan.

Ada baiknya memberikan penawaran harga yang murah ketimbang menawarkan jasa gratis. Ini sangat berbahaya jika kamu hanya mendapatkan pengalaman tanpa uang sedikitpun. Jika kamu benar-benar memiliki kualitas pekerjaan yang baik, orang-orang akan mendekat kepadamu.

Usahakan selalu memberikan karya yang terbaik, menarik perhatian orang disekitar, sampai pada akhirnya pekerjaan pertamamu datang.

4. Membangun Koneksi dan Reputasi di Forum Diskusi

Membangun Reputasi
Membangun Reputasi

Bergabung di sebuah forum dimana keahlianmu di diskusikan, merupakan cara tersembunyi untuk mendapatkan koneksi dan reputasi yang kamu inginkan. Jika kamu sangat ahli dalam membuat sebuah program aplikasi, kamu dapat bergabung di sebuah grup yang membahas masalah yang sama.

Disana kamu dapat membantu beberapa orang yang sedang membutuhkan pemecahan masalah. Semakin banyak kamu membantu, semakin kuat reputasi dan koneksimu. Kamu akan terhubung dengan orang-orang dengan keahlian serta minat yang sama.

Jika kamu penulis, kamu bisa bergabung dan mengirimkan tulisan terbaikmu ke situs komunitas menulis seperti golife.id

Tidak hanya sebagai wadah untuk menambah ilmu, forum atau grup diskusi dapat membuatmu mendapatkan reputasi dan koneksi yang luas. Bahkan tidak jarang, kamu juga akan mendapatkan klien dari forum diskusi tersebut.

5. Manfaatkan Situs Freelance Marketplace Untuk Mendapatkan Pekerjaan Yang Lebih Besar

Freelance Marketplace
Freelance Marketplace

Setelah cukup lama memberikan jasa kepada orang terdekat dan telah membangun reputasi di sebuah forum diskusi, kamu bisa memulai untuk skala pekerjaan yang lebih besar.

Ada banyak situs freelancer yang terkenal di Indonesia, kamu dapat memanfaatkannya untuk mencari tawaran pekerjaan yang sesuai dengan keahlianmu. Kamu bisa mulai dengan mendaftar dan mengisikan info di profilemu dengan hal-hal yang menarik.

Jangan lupa untuk mengirimkan bukti-bukti karya atau pekerjaan terbaikmu sebagai portofolio. Ini bisa menjadi rujukan bagi para klien untuk memutuskan kepercayaannya kepadamu.

6. Berpikirlah Jangka Panjang

Target Jangka Panjang Menjadi Seorang Freelancer
Target Jangka Panjang Menjadi Seorang Freelancer

Menjadi freelancer adalah bagaimana agar kamu dapat membangun kepercayaan para klien, fokus terhadap masalah mereka, dan memberikan pekerjaan yang memuaskan bagi mereka. Inilah pentingnya untuk menjadi sabar saat kamu memilih berkarir menjadi Freelancer.

Membangun reputasi adalah bagaimana kamu memuaskan banyak orang. Pastikan bahwa kamu tidak melakukan kesalahan sekecil apapun. Ini sangat penting, satu kesalahan akan menghancurkan reputasimu.

7. Konsisten

Konsisten Menjadi Freelancer
Konsisten Menjadi Freelancer

Dalam pekerjaan apapun, sikap konsisten sangat diperlukan untuk mencapai kesuksesan yang diinginkan. Sama hal nya saat kamu menjadi seorang Freelancer.

Kamu harus konsisten setiap hari mempromosikan diri dan menunjukkan portofolio terbaikmu kepada semua orang. Ini hanya masalah waktu hingga semua orang mengetahui kualitas dari pekerjaanmu. Disinilah pentingnya untuk bersabar dan konsisten mempromosikann diri.

Baca Juga : Persiapkan Diri, 16 Pekerjaan ini Diprediksi Akan Hilang di Masa Depan

Freelancer adalah profesi yang menuntutmu tetap berkembang setiap waktu. Ini adalah pekerjaan yang keras, dimana kamu harus benar-benar memenangkan persaingan kepercayaan.

Written by Muhammad Taufik

Share your knowledge. It is a way to achieve immortality