in

5 Tips Mengatur Keuangan Pribadi Meski Begaji Kecil

Tips Mengatur Keuangan Pribadi
Tips Mengatur Keuangan Pribadi

Mengatur keuangan pribadi akan membuat perencanaan kehidupan semakin mudah. Namun jangan takut jika kamu kurang pintar dalam matematika atau apapun yang berkaitan dengan angka. Mengatur keuangan bukanlah tentang angka-angka tetapi tentang bagaimana pola yang kita terapkan dalam menggunakan uang.

Jadi yang seharusnya kita ketahui adalah tentang bagaimana seharusnya mempertimbangkan atau mengambil keputusan yang tepat serta membuat rencana-rencana kedepannya.

Namun bukan hanya sebatas rencana saja, sebab kita harus mewujudkannya dengan usaha serta kedisiplinan. Saat kita membuat sebuah rencana untuk memiliki usaha sendiri atau saat kita bertujuan melakukan apapun pasti memerlukan kedisiplinan.

Seperti pepatah lama “Disiplin adalah kunci keberhasilan”.

Tetapi hari ini menjadi disiplin terlalu rumit. Beberapa orang disiplin dalam bekerja, namun tidak mampu disiplin dalam keuangan. Nah, buat kamu yang masih bingung, simak 5 cara cerdas mengatur keuangan pribadi!

1. Tetapkan Tujuan Uang

Tips Keuangan Pribadi Pertama Adalah Menetapkan Tujuan
Tetapkan Tujuan

Jika kamu tidak menetapkan tujuan dalam keuangan, maka semua uang yang dihasilkan dan dikeluarkan tidak akan mengubah apa-apa dalam hidupmu. Kamu juga tidak akan pernah merasakan kebahagiaan yang amat sangat memuaskan kecuali hanya kesenangan-kesenangan kecil yang membuat pikiranmu kembali stress lagi.

Tetapi sering juga kita mengalami stress disebabkan tujuan keuangan yang kita buat sendiri. Sebenarnya hal itu disebabkan rumitnya tujuan kita sendiri. Cobalah sederhanakan lagi.

Menentukan tujuan keuangan bukan berarti mencegah kita untuk mengeluarkan uang. Tetapi setiap uang yang keluar perlu dipastikan terencana sedari awal dan tidak sia-sia. Misalnya, jika kamu takut hidup susah di masa tua,  maka kamu perlu berasuransi untuk masa depan.

Tetapi itu bukan berarti kamu tidak berhak menikmati hidupmu yang sekarang. Silahkan menikmati online shop, liburan dan apa saja asalkan semua pengeluaran itu benar-benar teratur dan tidak mengganggu tujuan keuangan.

2. Tantang Dirimu Untuk Berhemat. Berani?

Menghemat Keuangan
Menghemat Keuangan

Orang-orang yang tidak disiplin dalam mengatur keuangan pribadi sebenarnya disebabkan rasa ingin bebas dari segala tekanan dan tantangan. Jika kamu sudah memiliki tantangan maka kamu akan menjadi lebih disiplin.

Tidak heran semua orang mengharapkan kebebasan finansial. Namun faktanya kebebasan finansial bukan berarti lepas dari segala aturan, Justeru dengan membuat aturan kamu akan terbebas dari masalah finansial.

Buat tantangan untuk dirimu sendiri dalam memotong pengeluaran yang tidak perlu. Jalankan cara-cara hidup minimalis sehingga kamu memiliki sisa uang lebih banyak yang dapat ditabung setiap bulan.

Seperti mengatur berapa kali dalam setahun untuk makan diluar, membeli pakaian dan keperluan-keperluan lainnya yang bisa diatur sesuai kebutuhan.

Baca Juga : 10 Tips Bagi Yang Ingin Menabung Tapi Bingung Memulainya

3. Pantau Kemajuan Kamu Dalam Mengatur Keuangan Pribadi

Pantau Perkembangan Keuanganmu
Pantau Perkembangan Keuanganmu

Cobalah menulis di buku catatan setiap hari tentang tujuan keuangan yang signifikan.

Tuliskan berapa banyak pengeluaran dan untuk apa saja uang kamu dihabiskan setiap hari. Sebab setiap pengeluaran akan membantu langkah-langkah kamu selanjutnya dalam mengatur keuangan jika kamu mencatatnya secara detail.

Misalnya, setiap satu minggu sekali, coba buka catatan keuangan untuk mengulas kembali apa yang salah. Terkadang ada banyak pembelian kecil yang  tak terkendali dan mungkin  hanya membutuhkan sedikit pengeluaran sehingga kita mengabaikannya.

Cobalah sebisa mungkin untuk tetap mengetahui kemana saja uang kamu yang habis dibelanjakan. Sehingga tidak ada kekeliruan yang mungkin dapat mengganggu keseimbangan finansialmu.

Baca Juga : 5 Tips Perencanaan Keuangan Untuk Para Pengantin Baru

4.  Hindari Lingkungan yang Membuatmu Boros

Hindari Lingkungan Yang Boros
Hindari Lingkungan Yang Boros

Jika kamu sudah terbiasa hidup dengan cara yang berantakan, percayalah bahwa menjalankan rencana keuangan tidak mampu kamu lakukan sendirian.

Terlebih lagi jika kamu berteman dengan orang-orang yang tidak pandai mengatur keuangan, tentunya akan berbahaya sebab hal itu bisa merusak rencana keuangan.

Kamu membutuhkan lingkungan yang mendukung setiap langkah-langkahmu untuk terhindar dari masalah finansial.

Bersama dengan keluarga, teman dekat ataupun pasangan, kamu bisa saling memantau sudah sampai dimana kemajuan yang dilakukan.

Tetapkan jadwal yang tepat untuk berdiskusi tentang masalah finansial setiap hari dan tanyakan bagaimana pendapat mereka, dengan begitu kamu akan mendapatkan lebih banyak dukungan agar lebih bersemangat menuju kebebasan finansial.

Baca Juga : 6 Kebiasaan Buruk Ini Akan Membuatmu Selalu Gagal Menabung

5. Jangan Terlalu Monotone

Jangan Terlalu Membosankan
Jangan Terlalu Membosankan

Beberapa orang sangat bersemangat untuk menyelesaikan masalah finansialnya setelah mengetahui dampak-dampak buruk yang akan terjadi didepan. Namun ketika kamu bersemangat mencapai suatu tujuan, bukan berarti harus melupakan hal-hal lainnya yang juga berpengaruh dalam kehidupanmu.

Ketika kamu sedang fokus pada masalah finansial, memang sulit untuk menerima ajakan teman dan keluarga untuk pergi liburan. Tetapi jangan jadikan pikiranmu stress hingga tubuhmu sakit karena terus fokus memikirkan masalah keuangan.

Jadi jangan lupa sisihkan uang setiap harinya sedikit demi sedikit untuk liburan bersama keluarga atau teman minimal setahun sekali sebagai resolusi tahun depan.

Lakukan hobi atau menonton film untuk membuat hidupmu tidak terlalu monotone, lakukan hal-hal berbeda setiap hari yang membuat hatimu senang selama itu tidak menghambat langkah-langkahmu untuk terlepas dari masalah finansial.

Akhir Kata

Kamu bisa mengatur keuangan dengan baik jika terus berlatih menjalankan poin-poin di atas. Ingat, mengatur keuangan adalah pekerjaan seumur hidup. Maka terus belajar dan mengembangkan ilmu tentang pengetahuan mengenai keuangan.

Demikianlah artikel tentang tips mengatur keuangan pribadi. Semoga bermanfaat!