in

10 Tips Menjadi Istri Idaman untuk Suami Tersayang

Tips Menjadi Istri Idaman

Setiap pria pasti ingin memiliki sosok istri yang baik. Sebenarnya standar istri yang baik bagi setiap pria tentu berbeda satu sama lain. Namun tentu ada kriteria istri yang baik secara umum.

Menjadi istri yang baik bagi suami bukanlah hal yang mudah untuk dilakukan. Hal-hal yang berkaitan dengan menjadi istri yang baik hanya mudah untuk dikatakan, namun kenyataannya cukup sulit untuk direalisasikan.

Ada banyak hal yang harus dipelajari oleh seorang wanita untuk bisa menjadi sosok istri idaman bagi suami. Jika dipikirkan secara mendalam, sebenarnya pokok dari ciri istri idaman adalah istri yang bisa membuat suaminya selalu merasa bahagia dan nyaman.

Lantas, bagaimana sih caranya agar bisa menjadi sosok istri idaman bagi suami yang selalu bisa memberikan kebahagiaan dan rasa nyaman tersebut? Yuk langsung simak 10 tips menjadi istri idaman suami berikut ini!

1. Selalu Bersikap Terbuka kepada Suami

Sikap terbuka terhadap pasangan selalu diperlukan untuk membangun suatu hubungan yang harmonis dan langgeng. Dengan sikap terbukamu, suamimu pasti akan merasa lebih nyaman dalam menjalani hubungan. Kok bisa?

Rasa terbuka menjadi salah satu kunci untuk menumbuhkan rasa percaya sebagai pasangan. Suamimu tidak akan mudah curiga karena dia sudah mengenalmu sebagai sosok yang terbuka dan selalu jujur kepadanya. Jadi, jangan ragu untuk bersikap terbuka pada suamimu untuk berbagai hal.

2. Mampu Menciptakan Kecocokan di antara Suami-Istri

Kecocokan antara suami istri adalah hal yang penting untuk menjaga keharmonisan hubungan. Kecocokan ini tidak bisa diciptakan dalam waktu yang singkat, melainkan harus dibangun secara perlahan.

Mungkin saat masih menjalin hubungan pacaran, kamu sudah memiliki kecocokan dengan pasanganmu. Akan tetapi, kecocokan sebagai pasangan setelah menikah dan sebelum menikah memiliki perbedaan. Jadi, kamu harus kembali beradaptasi dan belajar untuk menciptakan kecocokan dengan suamimu dalam berumah tangga.

3. Memberikan Kebebasan kepada Suami untuk Melakukan Apa yang Ingin Dilakukan

Siapa sih yang suka jika kehidupannya diatur oleh orang lain? Meskipun orang yang mengaturnya adalah istrinya sendiri. Kamu pun juga pasti ingin mendapatkan kebebasan dari suamimu untuk melakukan apa yang ingin kamu lakukan. Jika kamu ingin diberi kebebasan, maka kamu juga harus melakukan hal yang sama pada suamimu.

4. Paham Cara Menempatkan Rasa Cemburu di Kondisi Tertentu

Ada yang bilang rasa cemburu adalah hal yang wajib ada dalam sebuah hubungan. Rasa cemburu menjadi salah satu tanda cinta pada pasangan. Namun, kamu juga harus paham kadar cemburu yang wajar dan tidak normal.

Sebagai istri, kamu harus pandai dalam menyikapi rasa cemburumu. Jangan sampai kecemburuanmu justru menimbulkan banyak masalah antara kamu dan suamimu. Cemburu boleh saja, tapi jangan berlebihan dan kamu harus paham bagaimana menyikapi kecemburuanmu itu.

5. Dapat Dipercaya dalam Mengurus Permasalahan Rumah Tangga

Sebenarnya pekerjaan rumah bukan sepenuhnya tanggung jawab istri, tetapi juga menjadi tanggung jawab suami. Tetapi akan lebih baik jika seorang istri mampu membantu tugas suami dalam mengurus permasalahan rumah tangga.

Lantas, apa bedanya istri dengan pembantu jika semua permasalahan rumah tangga harus diselesaikan oleh istri? Permasalahan rumah tangga yang dimaksud adalah kebutuhan keluarga.

Tugas utama istri adalah mengurus suami dan anak-anaknya. Untuk urusan rumah lainnya, jika ekonomi keluargamu cukup baik, tidak ada salahnya kok untuk menyewa jasa pembantu.

6. Bersedia Belajar untuk Memilih Mana yang Harus Diprioritaskan

Kondisi ketika kamu masih berstatus pacaran dan menikah tentu berbeda. Setelah kamu menikah, kamu harus bisa memilih mana yang harus kamu prioritaskan. Jangan menjadi pribadi yang terlalu egois.

Pahamilah bahwa setelah kamu menikah, kamu tidak hanya harus mengedepankan urusanmu sendiri, melainkan ada suami yang juga harus kamu perhatikan. Kamu harus bisa lebih bijak dalam menentukan prioritasmu setelah kamu berstatus sebagai seorang istri.

7. Membuat Suami Memperbaiki Diri, Bukan Mengubah Diri

Yang namanya menjalin sebuah hubungan tentu bukan satu hal yang mudah. Kamu harus bisa menyatukan dua orang dengan dua kepribadian yang berbeda dan keinginan yang tentu juga berbeda.

Kamu harus bisa menjadi istri yang mampu menjadikan suamimu sebagai pribadi yang lebih baik. Namun, bukan berarti kamu harus mengubah dirinya. Biarkan dia menjadi apa yang dia mau. Sebagai istri kamu hanya perlu memberinya masukan dan saran untuk memperbaiki apa yang mungkin masih kurang baik dari dirinya.

8. Memberikan Kepercayaan pada Pasangan

Hubungan yang baik adalah hubungan yang didasari dengan sikap saling percaya terhadap pasangan. Berikan kepercayaan pada suamimu. Jangan terus mencurigainya untuk alasan yang tidak jelas, terlebih menuduhnya tanpa suatu bukti yang kuat.

Sudah selayaknya kamu memberikan kepercayaanmu dan dukunganmu pada suamimu. Percayalah bahwa suamimu mampu menjadi suami terbaik untukmu. Percayalah bahwa suamimu mampu menjalankan kewajibannya dan tanggung jawabnya sebagai kepala keluarga dalam rumah tangga kalian.

9. Pandai dalam Merawat Diri Sendiri dan Suami

Meski kamu sudah memiliki suami, bukan berarti penampilanmu sendiri bisa kamu anggap remeh. Seperti apa yang dikatakan orang pada umumnya, cintai dirimu sendiri terlebih dahulu sebelum kamu beranjak untuk mencintai orang lain.

Setelah menikah, selain harus memperhatikan penampilan suami, kamu juga harus tetap menjaga penampilanmu sendiri. Jangan sampai suamimu berpaling pada wanita lain hanya karena kamu tidak menjaga penampilanmu dengan baik.

10. Mampu Membagi Waktu untuk Keluarga dan Karir

Apakah kamu seorang istri yang juga berstatus sebagai wanita karir? Jika iya, kamu boleh saja melanjutkan karirmu. Tetapi kamu juga harus ingat, bahwa kamu tetap harus melaksanakan kewajibanmu sebagai seorang istri.

Memang bukan hal mudah bagi seorang istri yang juga berstatus sebagai wanita karir, tapi bukan berarti kamu bisa menjadikan hal itu sebagai alasan untuk membenarkan dirimu sendiri ketika kamu tidak mampu mengurus keluargamu dengan baik. Jika kamu ingin menjadi sosok istri idaman bagi suamimu, kamu harus pandai dalam membagi waktumu.

Baca Juga :

Gimana, sudah tahu kan tips apa saja yang bisa kamu lakukan untuk menjadi istri idaman bagi suamimu? Kira-kira 10 tips di atas cukup mudah atau sulit untukmu? Semoga setelah mempraktikkan tips tersebut, kamu bisa menjadi istri idaman dan makin disayang oleh suamimu.

Written by Dina Novia

Punya hobi travelling dan fotografi. Masih berstatus sebagai mahasiswa jurusan bahasa Indonesia di Malang.