in ,

5 Tips Menjalankan Pernikahan yang Harmonis dan Bertahan Lama

Tips Menjalani Pernikahan Harmonis
Tips Menjalani Pernikahan Harmonis

Pernikahan yang sukses adalah harapan setiap insan. Termasuk kamu yang sedang menginginkan pasangan untuk menjalani hidup bersama menuju masa depan.

Setiap orang tentu pernah memikirkan hubungan yang harmonis dan bahagia, namun lagi-lagi yang kita dapatkan hanyalah sepertinya jauh dari harapan.

Dalam menjalankan pernikahan, kita sering kali mengalami masalah-masalah kecil yang mempengaruhi keharmonisann hubungan. Hal ini dikarenakan kita sulit menemukan pola dalam pemecahan setiap masalah yang kita alami.

Beberapa tips berikut ini, akan membantumu mewujudkan pernikahan yang sesuai dengan apa yang kamu harapkan. Simak bebeberapa tips berikut ini.

1. Tetapkan Perencanaan Kedepan Sebaik-baiknnya Bersama Pasangan

Tetapkan Perencanaan Masa Depan Bersama Pasangan
Tetapkan Perencanaan Masa Depan Bersama Pasangan

Melihat seringnya terjadi perceraian ditengah-tengah kita, suatu hal yang menjadi rumit dimana pada awalnya seseorang mengira sudah menikahi orang yang tepat di waktu yang tepat, namun akhirnya bercerai.

Sebuah perceraian seringkali menjadi alasan bahwa ternyata selama ini kita menikahi orang yang tidak tepat. Namun fakta dari permasalahan ini adalah kamu sudah menikahi orang yang tepat pada waktu yang tepat yaitu 5 atau mungkin 10 tahun lalu.

10 tahun yang lalu tentu berbeda dengan hari ini dan kita perlu lebih cermat mengkotak-kotakkan masalah yang ada. Setiap waktu kita perlu mencari rumus-rumus kehidupan sebelum hal-hal itu terjadi.

Sebab disaat-saat bahagia kita sering terlena hingga lupa mempersiapkan diri untuk tikungan tajam dan bebatuan yang ada depan.

Hal yang unik dari pernikahan adalah saat kamu sedang bahagia-bahagianya, saat itu pula kamu perlu berdiskusi dengan pasanganmu untuk merencanakan masa depan beserta segala solusinya, seperti berdiskusi tentang cara menjalani hidup yang seperti apa, apakah kamu dan pasangan ingin hidup minimalis atau bergelimang harta dan lain-lain.

Dengan begitu maka kehidupanmu dengan pasangan akan menjadi searah.

2. Tetaplah Apa Adanya dan Menjadi Diri Sendiri

Jadilah Pribadi Apa Adanya di Hadapan Pasangan
Jadilah Pribadi Apa Adanya di Hadapan Pasangan

Masalah dalam pernikahan yang paling umum adalah sulit untuk menjadi diri sendiri.

Ketika kamu dan pasangan sudah cukup berkomunikasi, sudah cukup melakukan aktivitas bersama dan terlihat begitu harmonis namun dalam hati masih menuntut lebih, Ada semacam ketidakpuasan dari dalam diri yang tidak pernah bisa diungkapkan dengan kata-kata.

Masalah ini begitu kompleks semenjak kamu dan pasangan hidup bahagia namun tidak menjadi diri sendiri.

Sesekali biarkan pasangan hidup di dalam dunianya sendiri, menikmati hobi dan pekerjaan atau apapun yang ia senangi, tak perlu takut, sebab rasa rindu akan menuntunnya kembali padamu.

Pernikahan yang harmonis bukanlah tentang mengubah pasangan menjadi apa yang kamu inginkan, tetapi ini tentang menjadi siapa dirimu dan siapa pasanganmu. Tak perlu menuntut pasangan menjadi sesuai ekspetasi, sebab itu akan mengubah pasanganmu menjadi orang lain yang jauh berbeda.

3. Tidak Ada Pernikahan Yang Tidak Melewati Masalah

Semua Pernikahan Memiliki Masalah
Semua Pernikahan Memiliki Masalah

Satu hal yang sering orang-orang bayangkan adalah pernikahan akan membuat mereka stress.  Lalu akhirnya setelah menikah mereka benar-benar mengalami stress. Hal ini dapat menunjukkan bahwa pikiran memiliki daya tarik yang sangat kuat terhadap masa depan.

Tapi, bahkan jika kamu berfikir pernikahan adalah jalan menuju bahagia, bukan berarti tidak akan ada masalah. Kabar baiknya, kamu tidak akan menjadi stress karena masalah-masalah tersebut, justru malah menjadi tantangan menarik yang membuat kamu dan pasangan semakin sejiwa.

Pernikahan yang berhasil bukan berarti tidak terjadi masalah, justru keberhasilan antara kamu dan pasangan dapat diukur dari seberapa banyak masalah yang terselesaikan bersama.

4. Jaga Komunikasi Agar Tetap Terbuka dan Transparan

Jaga Komunikasi Agar Tetap Transparan
Jaga Komunikasi Agar Tetap Transparan

Jauh sebelum mengunakan kata-kata, ingatlah bahwa spesies kita juga pernah mengkomunikasikan sentimen menggunakan bahasa tubuh. Artinya, saat kamu berbicara dengan kata-kata, tubuhmu juga akan berbicara dengan bahasa-bahasa non-verbal, dan tentu pasanganmu akan bisa membedakan kejujuran dan kebohongan.

Seringkali terjadi permasalahan hanya perkara pasangan merasakan kejanggalan pada bahasa tubuh seseorang yang ia cintai. Maka sebelum terjadi cek-cok antara kamu dan pasangan, ada baiknya bersikap jujur dalam segala hal yang ingin kamu sampaikan.

Pada tahap hubungan pernikahan, kamu tidak perlu lagi menggunakan teknik-teknik berkomunikasi seperti awal perkenalan dan pendekatan. Yang perlu kamu lakukan dengan pasangan adalah terus menjalin koneksi emosi dari hati ke hati daripada sibuk mengkonsep teknik-teknik berkomunikasi.

5. Bersahabat Dengan Pasangan

Bersahabat Dengan Pasangan
Bersahabat Dengan Pasangan

Persahabatan yang dapat diandalkan adalah kebutuhan dasar manusia. Setiap insan pasti membutuhkan teman yang bisa diandalkan dalam setiap proses kehidupan, termasuk setelah memasuki kehidupan pernikahan.

Namun tentu saja bukan hal yang mudah untuk membagi waktu kita antara untuk teman, pekerjaan dan pasangan. Tentu cara terbaik untuk mengatasinya adalah bersahabat dengan pasangan.

Mihaly Csikszentmihalyi, Seorang profesor dan mantan ketua departemen psikologi di University of Chicago, penemu teori “aliran”.

Dia berkata, “Ada peluang besar untuk kegembiraan dan pertumbuhan yang hanya bisa dialami dalam kehidupan keluarga, dan hadiah intrinsik ini tidak kalah hadir sekarang daripada di masa lalu; yang sebenarnya mungkin jauh lebih mudah tersedia hari ini daripada sebelumnya. ”

Baca Juga : Coba Tes Kadar Cintamu, Begini Cara Pasangan Membuatmu Cemburu

Menjadikan pasangan sebagai sahabat yang dapat diandalkan dalam keadaan apapun, serius dalam diskusi yang serius, bersenang-senang dalam senggang, hingga saling memberikan kejutan satu sama lain; tentu akan semakin menguatkan rasa cinta dan kesetiaan sehingga hubungan pernikahan berlangsung lebih harmonis dan bertahan lama sampai lanjut usia.

Tinggalkan Balasan