in

Tips dan Cara Menyusun Resolusi Untuk Tahun Baru 2020

Tips Menyusun Resolusi Untuk Tahun Baru
Tips Menyusun Resolusi Untuk Tahun Baru

Menyusun resolusi tahun baru tentunya sudah menjadi budaya kita. Tak ada salahnya jika kamu berkata seperti

“Proyek saya harus berhasil di tahun ini!”

“Saya akan menjalankan pola hidup sehat!”

“Tahun ini aku akan menikah!”

Tapi tunggu…

Mari kita introspeksi diri dan mengevaluasi semua kebiasaan, pencapaian maupun kegagalan yang sudah kita lewati di tahun sebelumnya.

Ucapkan syukur untuk hidupmu tahun ini sebelum menyusun resolusi di tahun 2020!

Rasa syukur adalah langkah pertama untuk mendapatkan sesuatu yang lebih baik. Dengan bersyukur kamu akan merasa lebih siap untuk menghadapi semua yang terjadi didepan nanti.

Menyusun Resolusi dan Harapan Untuk Tahun 2020

Tips Menyusun Resolusi di Tahun Baru
Tips Menyusun Resolusi di Tahun Baru

Setiap tahun kita menyusun resolusi, menuliskan harapan kita pada buku catatan dan hanya menempel disana tanpa ada satu pun yang menjadi nyata.

Apakah kita menyadari bahwa kegagalan dalam mewujudkan resolusi tersebut adalah kesalahan kita? Atau kita masih menyalahkan seluruh dunia dan orang-orangnya?

Sejatinya, resolusi adalah perekat yang membuat tekad bekerja. Namun sayangnya kita terlalu banyak menyia-nyiakan waktu yang terbatas setiap tahunnya untuk mewujudkan apa yang menjadi harapan.

Sekarang jangan lewatkan lagi waktu dengan sia-sia. Kamu bisa mencontoh resolusi-resolusi berikut:

1. Resolusi Untuk Karir

Resolusi Untuk Karir
Resolusi Untuk Karir

Bagi sebagian orang tak ada yang lebih penting selain karir nya saat ini. Sehingga resolusi yang di harap-harapkan adalah menaiki puncak karir hingga batas tertinggi.

Namun yang harus di perhatikan, apakah kamu selama ini sudah melakukan tindakan yang benar? Jika belum, ayo kita ubah dari sekarang.

Memperkuat Pijakan

Untuk naik ke tingkat tertinggi, pastikan dulu kamu memiliki tangga yang cukup kokoh. Dalam arti, pastikan bahwa kamu benar-benar melakukan pekerjaan itu atas kemauan sendiri.

Setelahnya, pastikan bahwa kamu sudah mengoreksi kesalahan-kesalahan sebelumnya. Bayangkan saja seperti kamu sedang menaiki anak tangga. Jika kamu melihat tangga tersebut tidak cukup kokoh, tentu kamu tidak berani untuk naik.

Begitu juga dengan karir, kamu hanya bisa naik jika sudah memiliki kemampuan yang cukup. Dan jalan satu-satunya adalah membuat resolusi yang masuk akal, tuliskan di buku catatan:

“Mulai hari ini aku lebih banyak belajar untuk mengembangkan pengetahuanku. Dan mulai saat ini juga aku akan bekerja tepat waktu dan melakukan pekerjaan sebaik-baiknya agar lebih mulus jalan ku menuju karir yang cemerlang!

Melepaskan Kebiasaan Buruk

Tentu saja kamu tidak bisa berada di atas, jika kamu tidak menaikkan kaki. Logika sederhana ini adalah tentang kebiasaan buruk yang harus kita tinggalkan.

Mengingat kata-kata Harold Sherman, “Kesamaan akan menarik kesamaan” artinya jika kamu berpikir dengan rumus yang sama maka hasilnya akan sama.

Jika kamu menginginkan hal baik datang kepadamu, maka kamu bisa mendatangkannya dengan mengubah kebiasaan buruk.

Tulis di buku catatan “Aku tahu apa yang ku dapatkan saat ini adalah hasil dari apa yang ku lakukan di masa lalu. Maka mulai saat ini, aku harus menghilangkan kebiasaan buruk ku hingga nanti kebaikan datang dengan sendirinya kepadaku.”

Baca juga: 10 Kebiasaan Positif yang Akan Membuat Hidupmu Lebih Produktif

2. Menyusun Resolusi Untuk Hubungan

Menyusun Resolusi Untuk Hubungan Asmara
Menyusun Resolusi Untuk Hubungan Asmara

Hubungan tentunya menjadi salah satu fokus kita sebagai makhluk sosial. Maka tak ada salahnya menuliskan harapan kamu untuk hubungan yang lebih baik di tahun depan.

Jadilah Orang yang Disayangi dan Menyayangi Keluarga

Sudah cukup baikkah perilaku kita di rumah?

Mari koreksi diri sebentar. Terkadang kita sering tidak peduli pada keluarga, mulai dari adik, abang, ayah maupun ibu. Hal itu tentunya juga memengaruhi kebahagiaan kita saat berkumpul dengan keluarga.

Menyusun resolusi untuk menjadi orang yang disayangi dan menyayangi keluarga tampaknya akan menjadi salah satu harapan yang baik, bukan?

Katakan pada dirimu sendiri “Aku ingin menjadi orang yang bisa memberi sesuatu yang berharga untuk keluarga. Aku ingin mengubah keburukanku agar disayangi keluarga dan aku akan menyayangi keluargaku bagaimana pun mereka”

Jadilah Teman yang Bermanfaat dan Mendapatkan Manfaat

Kehidupan kita sehari-hari tentunya tidak lepas dari orang-orang yang kita sebut teman. Kebahagiaan dan kesedihan kita pun seringkali dipengaruhi oleh teman-teman yang kita pilih.

Oleh karena itu, menyusun resolusi untuk mendapatkan teman yang bermanfaat juga penting dan lebih penting lagi kalau kita juga bisa menjadi orang yang bermanfaat untuk orang lain terutama teman.

Berjanjilah pada dirimu sendiri, katakan bahwa kamu ingin mengubah lingkungan pertemanan, mencari teman-teman baru yang bisa membawa dampak positif serta menjauhi teman-teman yang toxic.

Jadilah Jomblo Yang Ramah, Tapi Gak Murahan

Satu-satunya cara untuk menemukan pasangan adalah bertemu dengan orang-orang! Bahkan kebanyakan pasangan yang berhasil diawali dengan berteman atau diperkenalkan oleh teman.

Sewaktu mencari pasangan, kita bisa saja berharap menemukan orang yang tepat. Namun alangkah baiknya, jika kita juga menyesuaikan tindakan dengan apa yang sudah kita harapkan.

Tuliskan di buku catatan: “Hai, (Tulis nama kamu)! Belajarlah untuk tidak takut terhadap penolakan, belajarlah untuk mengubah rasa cemas menjadi penasaran dan belajarlah untuk tampil menarik tanpa berusaha cari perhatian”

Jadilah Pasangan Yang Lebih Disayangi dan Menyayangi

Tentu tak ada kisah yang sempurna. Dalam hubungan, setiap pasangan tentunya merasa ada sesuatu yang harus di perbaiki. Ini berlandaskan logika sederhana bahwa setiap pasangan memiliki cinta yang menjadi lebih dan lebih setiap harinya.

Jika cinta itu tidak bertambah, maka ia akan berkurang. Karena sejatinya tidak ada perasaan yang tidak berubah.

Maka harapan yang paling logis untuk setiap pasangan adalah menjadi lebih disayangi dan menyayangi.

Tuliskan di buku catatan dengan kalimat berikut: “Kekasihku, mari menjaga ikatan komunikasi dan saling menghargai satu sama lain. Mari mewujudkannya satu persatu, semua mimpi kita bersama”

baca juga: 5 Penyebab Kamu Jomblo dan Sulit Mendapatkan Pasangan

3. Resolusi Untuk Keuangan

Resolusi Untuk Keuangan
Resolusi Untuk Keuangan

Membuat resolusi keuangan itu lebih sulit tentunya, apalagi kita belum memiliki cukup banyak pengetahuan tentang mengatur keuangan. Tapi tenang saja, karena ada cara-cara yang mudah dilakukan meskipun kita tidak begitu paham tentang keuangan.

Bebaskan Diri dari Hutang

Untuk menuju positif, kita harus meninggalkan yang negatif. Ya, begitu juga dengan membuat resolusi keuangan. Sebelum kita membuat rencana lebih jauh, ada baiknya kita selesaikan dulu hutang-hutang yang masih tersisa sebelumnya.

Dapatkan Penghasilan Tambahan

Di era yang serba sulit ini, tampaknya kebahagiaan kita dibatasi oleh penghasilan atau gaji. Hal ini menjadikan penghasilan tambahan dan sampingan menjadi resolusi yang tepat untuk tahun depan.

Mulailah mencari bisnis atau kerja sampingan dari sekarang, sehingga tahun depan kita bisa lebih banyak menghasilkan uang yang bisa menyanggah tekanan ekonomi.

Belajar Hemat dan Menabung

Hemat? Menabung? Kedengarannya mudah, tapi melakukannya yang sulit. Semuanya butuh kesabaran dan waktu yang panjang, namanya juga menabung, tidaklah mungkin terjadi dalam satu malam.

Khusus untuk yang belum memiliki cukup pengalaman dalam hal menghemat uang dan menabung, kamu perlu berusaha membiasakan diri dan mengubah gaya hidup.

Untuk mengetahui cara-cara menabung yang lebih lengkap, simak 10 Tips Bagi Yang Ingin Menabung Tapi Bingung Memulainya

Akhir Kata

Membuat resolusi itu mudah. Setiap tahun kita menuliskan harapan-harapan yang ingin dicapai, namun sayangnya tidak semua harapan dapat tercapai dalam kurun waktu satu tahun.

Namun kita manusia tentunya hanya bisa berencana dan berusaha, tapi tetap Tuhan juga yang menentukan. Demikianlah pembahasan kita tentang Menyusun Resolusi dan Harapan Untuk Tahun 2020. Semoga Bermanfaat!

Written by Ilham Damanik

Menyendiri-Merenung-Hening