in

Sembuhkan Patah Hati, Tips Move On dan Membangun Hubungan Baru

Tips Memulai Hubungan Yang Baru
Tips Memulai Hubungan Yang Baru

Masa lalu yang buruk dalam membina hubungan mungkin sudah pernah dialami oleh banyak orang. Tentu saja mereka tidak ingin merasakan bagaimana sakitnya patah hati. Tetapi seperti apa hubungan itu akan berakhir tidak pernah ada seorang pun yang mengetahui.

Boleh saja merasa sedih atas hubungan yang sudah kandas di masa lalu, tapi kamu juga tidak boleh lupa bahwa hidupmu tidak akan pernah berhenti hanya karena patah hati.

Kamu masih memiliki masa depan yang perlu kamu pikirkan. Tangisan dan kesedihanmu yang berlebihan tidak akan pernah bisa mengubah keadaan.

Akan ada waktunya kamu perlu membuka dirimu pada sosok baru untuk kamu jadikan pendamping.

Kamu tidak bisa hanya diam dan menunggu orang yang sudah pernah menyakiti dan meninggalkanmu memintamu untuk kembali padanya. Ingatlah bahwa kebahagiaan dalam hidupmu ada di tanganmu sendiri.

Hadirnya sosok baru dalam hidupmu tentu akan mengubah mendung di hidupmu menjadi lebih cerah dan berwarna. Setidaknya dia yang baru mungkin akan menjadi obat atas lukamu di masa lalu.

Berikut ini adalah 5 hal yang bisa kamu lakukan untuk memulai hubunganmu yang baru.

1. Tidak Membandingkan Orang Lain dengan Mantanmu yang Dulu

Tidak Membandingkan Yang Baru Dengan Mantanmu
Tidak Membandingkan Yang Baru Dengan Mantanmu

Tidak ada seorang pun yang suka untuk dibanding-bandingkan, termasuk orang baru yang hendak memasuki kehidupanmu. Tidak ada seorang pun yang memiliki kemiripan atau kesamaan 100%. Dia yang baru tentu berbeda dengan dia yang lalu.

Dengan membandingkan sosok baru yang hendak masuk dalam hidupmu dengan mantanmu yang dulu hanya akan membuatmu lebih sulit untuk menemukan sosok penggantinya.

Kamu akan sulit lepas dari bayangan masa lalumu. Apa pun tentangnya kamu bisa mulai melepaskan mulai dari sekarang.

Boleh saja untuk kamu mengingat kembali tentang sosok orang yang pernah kamu cintai dia di masa lalu. Tapi bukan berarti hal itu membuatmu mencoba mencari sosok baru yang sangat mirip dengannya untuk menggantikan posisinya.

Pahamilah bahwa orang yang sama tidak akan membawamu pada masa depan yang lebih baik tentunya.

Sebaliknya, mungkin dengan orang yang jauh berbeda darinya kamu bisa menjadi sosok yang lebih baik dan mendapatkan masa depan yang jauh lebih indah dari sebelumnya.

Baca Juga : Jangan Sedih, Inilah 12 Tips Jitu Untuk Kamu Yang Susah Move On

2. Memperluas Lingkup Pertemanan dengan Orang-orang Baru

Memperluas Pertemanan Dengan Orang-orang Baru
Memperluas Pertemanan Dengan Orang-orang Baru

Dengan sikapmu yang hanya menyendiri meratapi nasib buruk mu karena kandasnya hubungan mu yang dulu hanya akan membuatmu semakin tersiksa.

Kamu akan lebih sulit menemukan sosok pengganti yang bisa menyembuhkan luka di hatimu. Karenanya kamu harus melepas semua sakitmu dan mulai membuka diri untuk orang-orang yang baru.

Perluaslah lingkup pertemananmu. Dengan begitu, kamu akan menemukan banyak orang baru yang membuatmu menjadi sosok yang lebih baik.

Tentu saja dengan adanya banyak teman baru akan menambah peluangmu untuk mendapatkan sosok pendamping yang baru pula.

Selain itu, menambah teman baru juga tentu akan membuatmu mendapat pengalaman yang baru.

Kamu bisa menjalani hari-harimu dengan banyak aktivitas bersama dengan temanmu barumu dan mendapati banyak pengalaman baru yang bisa kamu ambil sebagai pelajaran dalam hidupmu.

3. Menghargai Setiap Pengalaman yang Sudah Terjadi

Menghargai Setiap Pengalaman Yang Terjadi
Menghargai Setiap Pengalaman Yang Terjadi

Apakah kamu percaya dengan yang namanya takdir? Ada yang bilang setelah turun hujan yang sangat lebat akan terlihat pelangi yang indah. Layaknya hidupmu yang mungkin kini sedang dirundung oleh kekecewaan dan kesedihan.

Jika kamu percaya setelah semua rasa sakit yang kamu alami saat ini mungkin kamu akan mendapatkan sebuah kebahagiaan di masa depan.

Ada pepatah mengatakan bahwa guru yang paling hebat adalah pengalaman. Apapun pengalaman yang sudah kamu lewati dan kamu miliki tentu akan membawa manfaat tersendiri pada dirimu.

Untuk itu belajarlah dari masa lalu, belajarlah dari hal buruk maupun hal baik yang sudah kamu lewati. Kemudian lahirlah menjadi sosok baru yang lebih baik dari sebelumnya.

Baca Juga : Ini 5 Alasan Kenapa Kamu Tak Seharusnya Berteman Dengan Mantan

4. Belajar Memaafkan Segala Sesuatu yang Sudah Terjadi di Masa Lalu

Belajar Memaafkan Masa Lalu
Belajar Memaafkan Masa Lalu

Biasanya hal yang akan membuat kita mudah lupa adalah karena masih adanya dendam di hati yang masih belum sirna. Kamu yang masih menyimpan rasa dendam akan masa lalu mungkin akan mengalami kesulitan untuk melangkahkan kaki menuju kehidupan yang baru.

Kamu yang belum menyelesaikan rasa sakitmu atas luka yang pernah kamu dapati sebelumnya, mungkin akan menjadi sebab kenapa akhirnya kamu masih belum bisa langkah ke depan dengan langkah yang ringan.

Untuk itu cobalah untuk memaafkan segala hal buruk yang pernah terjadi dalam hidupmu.

Mulailah kehidupan baru mu dengan hati yang bersih dan dipenuhi dengan harapan baru yang lebih baik. Yakinlah dengan memaafkan kamu akan bisa hidup dengan lebih tenang. Dengan begitu kamu juga akan lebih mudah mendapatkan kebahagiaan di masa depan.

5. Mulai Mencoba untuk Melakukan Hal Baru dengan Orang yang Baru

Mencoba Melakukan Hal Baru Dengan Orang baru
Mencoba Melakukan Hal Baru Dengan Orang baru

Yang terakhir adalah dengan mencoba melakukan banyak hal baru dengan orang yang baru pula. Nikmati hidupmu dan waktumu. Isilah hidupmu dengan banyak hal baru yang mungkin belum pernah kamu lakukan sebelumnya.

Hidupmu bukan untuk kamu ratapi saja. jika kamu ingin mendapatkan kebahagiaan, maka buatlah dirimu sendiri bahagia terlebih dulu.

Saat hatimu merasa lebih tenang dan bahagia maka kebahagiaan yang lain akan datang dengan sendirinya tanpa kamu undang.

Lakukanlah apa yang ingin kamu lakukan selagi kamu bisa melakukannya. Menikmati hal baru dengan orang-orang yang baru akan menambah pengalamanmu dalam menjalani hidup.

Setidaknya hal ini tidak akan membuatmu menyesal di kemudian hari karena tanpa kamu sadari waktu sudah berlalu begitu cepat dan kamu terlambat untuk menyadarinya.

Baca Juga : Inilah Penyebab Kamu Gagal Move On Bertahun-tahun dari Mantan

Itulah 5 hal yang bisa kamu lakukan untuk menyembuhkan luka hatimu dan membangun hubungan baru. Tidak baik terus hidup dalam bayangan masa lalu. Apa yang sudah terjadi, biarlah berlalu seiring berjalannya sang waktu. Tatalah kembali hidupmu sesuai dengan apa yang menjadi keinginan hatimu.

Written by Dina Novia

Lahir dengan hobi travelling dan fotografi. Masih berstatus sebagai mahasiswa jurusan bahasa Indonesia di Malang.