in

Santuy, Ini 5 Tips Saat Pasangan Bercerita tentang Mantan

Tips Saat Pacar Cerita Tentang Mantan
Tips Saat Pacar Cerita Tentang Mantan

Pacar mulai cerita tentang mantan nya ? Tidak perlu panik.

Mengakhiri sebuah hubungan memang bukan hal yang sulit, tetapi mengakhiri sebuah kenangan bukanlah hal yang mudah untuk dilakukan. Inilah kenapa akhirnya pembicaraan mengenai mantan kerap menjadi topik yang sensitif. Terlebih jika kamu  mendengarnya dari pasanganmu yang sekarang.

Melepas secara penuh kenangan yan sudah tersimpan secara otomatis dalam otak seseorang bukanlah hal yang sederhana untuk dilakukan. Mungkin memang seharusnya pembicaraan tentang mantan tidak pernah diadakan.

Selain bisa menyakiti pasangan, tapi pembicaraan itu juga kemungkinan bisa mengembalikan kenangan bersama mantan yang sudah pernah dicoba untuk dikubur dalam-dalam.

Meskipun terkadang berat jika mendengar cerita tentang mantan dari mulut kekasihmu sendiri, tapi kamu tentu tidak akan bisa terus menghindarinya. Kamu harus belajar untuk menghadapi hal tersebut.

Berikut ini adalah beberapa cara yang bisa kamu gunakan untuk mengatasi rasa kesalmu saat pasanganmu bercerita tentang mantannya.

1. Belajar untuk Lebih Mengontrol Emosi, Tunjukkan Sikap Dewasa yang Kamu Miliki

Belajar Mengontrol Emosi
Belajar Mengontrol Emosi

Ketika kamu harus mendengarkan pasanganmu yang sedang asyik menceritakan mantannya dulu, hal pertama yang harus kamu lakukan adalah belajar untuk lebih bisa mengontrol emosimu.

Jangan mudah terpancing emosi dan akhirnya justru membuat pasanganmu tak suka dengan sikap tempramen yang kamu miliki.

Sikap yang mudah ngambek dan marah secara berlebihan juga menunjukkan ketidak dewasaanmu dalam menjalani hubungan. Wajar jika akhirnya pasanganmu akan menganggapmu masih memiliki sifat yang kekanak-kanakan.

Jika sudah begini, hal itu tidak hanya mengganggu mood-mu saja, melainkan juga mood-nya kepadamu.

Jika memang hal yang dia ceritakan padamu masih dalam tahap yang normal, jangan terlalu menjadikannya beban pikiran. Kamu harus bisa menjadi teman diskusinya, tidak peduli topik apa yang diangkap dalam diskusi itu.

Belajarlah untuk mengendalikan emosi, dengan begitu dia akan melihat sisi dewasa yang kamu miliki.

2. Pahamilah Bahwa Apapun Tentangnya Harus Kamu Terima dengan Lapang Dada, Termasuk Masa Lalunya

Berlapang Dada
Berlapang Dada

Sebelumnya kamu sudah harus memahami bahwa menjalin hubungan dengan seseorang bukan hanya menerima dirinya yang sekarang. Kamu juga harus menerima segala hal tentangnya, baik buruknya juga masa lalunya.

Dengan begitu, kamu akan memiliki hubungan yang sehat dengan pasanganmu.

Nah, saat pasanganmu bercerita tentang masa lalunya bersama pasangan, kamu juga harus bisa menerimanya dengan lapang dada. Cerita di masa lalu juga merupakan bagian dari diri pasanganmu.

Kamu tak bisa menolaknya karena hal itu memang sudah benar terjadi sebelumnya.

Jangan terlalu ambil pusing masalah masa lalu apa yang sudah dia alami sebelumnya dengan sang mantan. Yang harus lebih kamu perhatikan adalah masa sekarang dan masa depan yang akan kamu jalani bersamanya.

Baca Juga : Tips Menjaga Komunikasi Dalam Hubungan, Jangan Anggap Remeh

3. Jangan Terlalu Menganggapnya Negative Thing, Mungkin Dia Hanya Ingin Kamu Tahu tentang Apa yang Terjadi di Masa Lalunya

Tidak Perlu Berpikir Buruk
Tidak Perlu Berpikir Buruk

Apakah kamu pernah menaruh kecurigaan pada pasanganmu saat dia menceritakan sesuatu tentang mantannya?

Mungkin saja kamu pernah berpikir apakah ada kemungkinan pasanganmu masih menyimpan rasa pada mantannya sehingga dia masih saja tidak bisa melupakan kenangannya bersama mantannya itu.

Sebenarnya, hal yang kamu awali dengan pikiran yang negative bisa saja berbuah negative pula. Jadi ada baiknya kamu selalu berpikiran positif pada apa yang dilakukan oleh pasanganmu. Tapi kamu juga harus membatasinya.

Ada kalanya kamu bisa berpikiran negatif dan ada kalanya kamu bisa berpikiran positif. Sesuaikan saja pada porsinya dan jangan terlalu berlebihan.

Jika pasanganmu bercerita tentang mantannya terdahulu, kamu bisa menganggapnya sebagai sikap terbuka yang pasanganmu tunjukkan padamu.

Mungkin dia memang ingin kamu mengetahui semua hal tentangnya, termasuk masa lalunya dengan mantannya dulu.

Baca Juga : Kamu Tetap Butuh Ruang dalam Sebuah Hubungan, Ini Alasannya

4. Tetap Percaya Dirilah dengan Apa yang Kamu Miliki Meski Pasanganmu Berbicara tentang Kelebihan Sang Mantan

Tetap Percaya Diri
Tetap Percaya Diri

Setiap orang diciptakan dengan kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Mungkin ada kelebihan mantan pasanganmu yang tidak ada dalam dirimu.

Tapi hal itu tidak bisa membuatmu jatuh dan merasa lebih rendah darinya. Kamu pasti juga memiliki kelebihan yang tidak dia miliki.

Jika pasanganmu menceritakan tentang kelebihan mantannya, kamu tak boleh merasa minder. Tetaplah percaya diri dengan kemampuan yang kamu miliki saat ini.

Mungkin mantannya memang ahli dalam hal tertentu. Tapi di balik kelebihannya itu pasti juga ada kelemahan yang dia miliki.

Pikirkan saja dengan sederhana, jika memang dia lebih dalam segala hal dibanding dirimu, kenapa pasanganmu akhirnya memilih untuk bersamamu dan bukannya bertahan bersamanya.

Dengan memikirkan hal itu, kamu sudah harus paham bahwa ada hal menarik dalam dirimu yang akhirnya membuat pasanganmu memilih untuk berada di sisimu, bukan di sisinya.

Baca Juga : Pasangan Punya Selingkuhan, 5 Hal ini Yang Sebaiknya Kamu Lakukan

5. Belajarlah dari Ceritanya di Masa Lalu dengan Pasangannya Terdahulu, Jangan Ulangi Kesalahan yang Ada pada Hubungan Itu

Belajar Dari Masa Lalunya
Belajar Dari Masa Lalunya

Yang terakhir adalah kamu bisa mengambil hal positif dari apa yang pasanganmu ceritakan tentang hubungannya dengan mantannya dulu. Kamu bisa belajar dari pengalaman yang dimiliki oleh pasanganmu.

Mungkin saja dulu ada kesalahan yang ada dalam hubungan mereka sehingga hubungan mereka tidak bisa dilanjutkan lagi. Dari cerita itu kamu bisa mengatakan pada dirimu sendiri untuk tidak mengulangi kesalahan yang sama.

Kamu akan tahu apa saja yang bisa membuat hubunganmu retak dan apa saja yang harus kamu lakukan untuk mempertahankan hubunganmu agar bertahan untuk selamanya.

Akhir Kata

Nah, itu beberapa cara yang bisa kamu coba lakukan saat pasanganmu bercerita tentang mantan pacarnya dulu. Tak perlu menjadikannya beban pikiran. Kamu pasti bisa mengatasinya asal kamu mau berusaha mengontrol emosimu sendiri.

Jangan mudah terpancing emosi karena ucapan pasanganmu tentang mantannya. Jika kamu mudah terpancing, mungkin hal itu bisa menyebabkan keretakan dalam hubungan yang kamu jalani sekarang.

Written by Dina Novia

Lahir dengan hobi travelling dan fotografi. Masih berstatus sebagai mahasiswa jurusan bahasa Indonesia di Malang.