in ,

9 Tips Ini Buat Kamu Lebih Semangat Kerja di Hari Senin

Tips Kerja di Hari Senin
Tips Kerja di Hari Senin

Duh, sudah Senin lagi! Semangat kerja ku menurun!

Beberapa orang memang tidak suka dengan hari Senin. Apalagi buat mereka yang bekerja, hari Senin seperti musuh menyebalkan yang kedatangannya sangat tidak ditunggu.

Betapa tidak, setelah menghabiskan waktu libur yang menyenangkan di weekend, hari Senin memaksa mereka untuk kembali siap menjalani rutinitas lagi.

Namun demikian, tentu saja mau tidak mau aktivitas harus dimulai karena ada tanggung jawab yang tidak bisa ditinggalkan begitu saja. Bisa gawat kalau pekerjaan tidak terselesaikan, bukan?

Bukan cuma saja yang dihantui rasa malas ketika menyambut hari Senin. Wajar sih, tapi jangan sampai keterusan dan malah membuat hari – hari kerja selanjutnya jadi tidak produktif.

Simak beberapa tips berikut ini agar membuat kamu lebih semangat kerja di hari Senin.

1. Buat Jadwal Kegiatan

Membuat Jadwal Kegiatan
Membuat Jadwal Kegiatan

Setelah liburan dan bersenang – senang saat weekend, mungkin kamu lupa kegiatan apa yang harus kamu lakukan di hari Senin. Jangan sampai kamu melewatkan meeting penting gara – gara itu!

Untuk mengingatkan kamu kembali, buat jadwal kegiatan sehari sebelumnya. Tulis pekerjaan apa yang harus kamu selesaikan beserta jadwal aktivitas kamu.

Senin kamu akan lebih tertata. Semangat kamu pun bisa ikut membara agar dapat menyelesaikan semua yang sudah kamu tulis di jadwal tersebut.

Apabila dari pagi hari kamu sudah tidak tahu kegiatan kamu sendiri, kebingungan itu malah bisa bikin mood berantakan. Ujung – ujungnya jadi malas mengerjakan semuanya.

2. Tidur Lebih Cepat

Tidur Lebih Awal
Tidur Lebih Awal

Menjaga stamina itu penting. Apalagi saat akan mengawali minggu yang baru setelah libur akhir pekan.

Persiapkan hal itu dari hari Minggu, salah satunya dengan tidur lebih cepat. Jadwal tidur yang baik berpengaruh terhadap kesehatan kamu. Tentu saja juga terhadap mood kamu di keesokkan harinya.

Tidak ada alasan untuk terjaga sampai dini hari. Simpan episode drama atau serial yang sedang kamu ikuti untuk libur akhir pekan selanjutnya lalu optimalkan waktu tidur kamu.

Jam tidur yang cukup akan membuat kamu lebih semangat di Senin pagi.

3. Mandi Air Dingin

Mandi Air Dingin
Mandi Air Dingin

Bangun pagi di hari Senin pasti terasa berat. Terutama setelah di akhir pekan bisa tidur sampai siang, susah rasanya untuk semangat bekerja kembali.

Cobalah atasi ini dengan mandi dengan air dingin. Basuh wajah kamu dengan air dingin agar segar dan membangunkan kamu.

Mungkin membayangkannya sudah membuat kamu menggigil duluan, akan tetapi setelah itu kamu akan merasa siap untuk memulai aktivitas. Segarnya juga akan turut membangkitkan semangat kamu di pagi hari.

4. Sarapan Sebelum Mulai Aktivitas

Sarapan
Sarapan

Sarapan juga termasuk salah satu yang tidak boleh terlewatkan. Sebelum berangkat kerja, usahakan untuk selalu menyantap sarapan kamu terlebih dahulu.

Selain penting untuk kesehatan, sarapan pun akan berpengaruh terhadap energi yang akan kamu gunakan untuk menjalani hari Senin. Biar tambah semangat!

Kalau lapar, pasti kerja pun jadi tidak produktif, semangat menurun, dan mood juga bisa jadi berantakan. Di perjalanan menuju kantor pun juga pasti sudah lemas.

5. Berangkat Lebih Pagi

Berangkat Kerja Pagi
Berangkat Kerja Pagi

Senin pasti macet, huh!

Kalau kamu merasa hari Senin kamu bisa kacau gara – gara macet di perjalanan, maka berangkatlah ke kantor lebih pagi.

Apabila naik kendaraan umum, pasti belum terlalu penuh. Jadi kamu tidak perlu berdesak – desakan. Naik kendaraan pribadi pun sama, jalanan belum terlalu ramai.

Kamu punya banyak keuntungan dengan berangkat lebih pagi. Sampai kantor jadi lebih fresh, pekerjaan bisa mulai dikerjakan lebih awal, maka hari Senin kamu pun lancar!

6. Kuatkan Motivasi Kerja

Motivasi Kerja
Motivasi Kerja

Memulai minggu baru harusnya lebih semangat lagi dari minggu sebelumnya. Sudah terlanjur menganggap Senin hari yang “menyeramkan”, makanya banyak yang berat ketika menjalaninya.

Sebelum berangkat kerja, ingat lagi motivasi yang kamu punya. Kuatkan tekad kamu untuk mencapai karir yang tinggi atau apapun yang ingin kamu capai dari sekarang.

Agar tidak lupa, coba untuk menulis dan menempelkan goals kamu itu di tempat yang mudah terlihat, seperti di cermin, meja kantor, bahkan kalau perlu dijadikan wallpaper pada handphone kamu.

Bukan cuma pencapaian yang ingin kamu raih, bisa juga kamu tambahkan kalimat motivasi.

Dengan begitu kamu punya alasan untuk selalu semangat kerja terutama di hari Senin. Sekali malas datang, buru – buru lihat list apa yang ingin kamu capai itu!

Kamu kehilangan motivasi dalam bekerja? Coba baca 10 Cara Memotivasi Diri Sendiri untuk Karir yang Lebih Baik.

7. Bereskan Meja Kantor

Merapikan Meja Kantor
Merapikan Meja Kantor

Senin pagi sampai di kantor lihat meja kantor berantakan. Ini pasti membuat kamu sudah malas kerja duluan.

Coba rapikan meja kerja kamu. Pilah barang – barang yang sudah tidak terpakai dan sebaiknya dibuang, seperti tumpukan kertas, alat tulis yang sudah habis, dan lainnya.

Tata ulang benda – benda, buat meja kamu semenyenangkan mungkin. Mungkin kamu bisa coba meletakkan bingkai foto yang menampilkan foto kamu dengan orang tercinta.

Kalau suasana asyik, bekerja pun lebih semangat sehingga produktivitas juga meningkat.

8. Hilangkan Semua Pikiran Negatif

Hilangkan Pikiran Negatif
Hilangkan Pikiran Negatif

Yang membuat kamu malas untuk kembali kerja di hari Senin biasanya datang dari diri kamu sendiri. Misalnya berbagai pikiran negatif yang belum apa – apa sudah bikin tidak semangat.

Daripada mengisi pikiran kamu dengan hal negatif yang belum terjadi, lebih baik motivasi diri kamu sendiri. Jangan membandingkan Senin minggu lalu ketika kamu dimarahi bos kamu habis – habisan dengan Senin hari ini.

Bisa jadi Senin ini akan jadi hari bagus di sepanjang karir kamu apabila kamu memulainya dengan semangat. Kalau pikiran kamu sudah suram duluan soal hari Senin, maka pikiran negatif itu akan mengikuti kamu dan malah bisa – bisa jadi kenyataan.

9. Buat Playlist Lagu Favorit

Membuat Playlist Lagu Favorit
Membuat Playlist Lagu Favorit

Biar Senin kamu semakin seru, buatlah playlist lagu favorit kamu untuk menemani kamu bekerja. Suasana kerja yang menyenangkan pasti akan membuat kamu tambah semangat.

Pilih lagu yang menambah semangat kamu, misalnya yang bergenre hip hop. Dengan beat lagu yang asyik, sambil menggoyangkan bahu kamu bisa terlena dalam pekerjaan kamu sampai lupa kalau sudah selesai.

Kalau mendengarkan lagu malah membuat kamu terdistraksi, cobalah mendengarkan alunan – alunan musik klasik. Ini akan membuat kamu lebih rileks.

Semua tergantung selera kamu yang penting kamu jadi lebih semangat ketika memulai aktivitas di hari Senin dengan playlist lagu yang kamu buat.

Nikamati pekerjaanmu, kamu mungkin perlu membaca 8 Tips Agar Pekerjaan yang Berat Terasa Lebih Ringan.

Demikian 9 tips yang bisa kamu coba untuk membuat kamu kembali semangat kerja di hari Senin.

Membenci hari Senin dianggap wajar oleh banyak orang. Kalau kamu salah satunya, kamu tidak sendirian.

Namun demikian, sama seperti hari – hari lainnya, bisa saja di hari Senin ini akan datang hal baik kepada kamu terutama soal pekerjaan.

Berusahalah untuk melakukan segala pekerjaan kamu dengan maksimal. Selain itu, semua dimulai dari diri kamu sendiri. Kalau kamu sudah punya pikiran buruk, maka bisa saja itu yang akan terjadi kamu.

Semangat terus, optimis, dan selalu positif!

Written by Ana Rostiana

The girl still on her journey to unveil her biggest mystery--her life.