5 Tips untuk Hidup yang Bahagia dan Sukses dalam Segala Hal

Punya hidup yang bahagia dan sukses itu tak melulu tentang mengendarai mobil sport mahal ataupun tinggal di rumah bak istana

Mirza M. Haekal Mirza M. Haekal · 4 min read >
Tips untuk Hidup Bahagaia

Semua orang menginginkan kehidupan yang bahagia dan sukses jauh dari kegagalan. Semua orang bisa menjadi sukses dan bahagia seperti keinginan mereka sendiri, maksudnya mereka tak harus menjadi artis terkenal Hollywood ataupun pemain sepakbola kelas dunia.

Jika kamu melihat ke beberapa orang-orang tersukses di dunia, mereka datang dari berbagai latar kehidupan. Ada yang dulunya sangat miskin, ada juga yang dulunya drop out dari sekolah.

Namun, walaupun berbagai kesulitan yang mereka alami, mereka tetaplah bisa menjadi orang yang sukses.

Jika mereka bisa melakukannya, maka kamu juga bisa. Punya hidup yang bahagia dan sukses itu tak melulu tentang mengendarai mobil sport mahal ataupun tinggal di rumah bak istana. Tapi lebih ke bagaimana cara dan sikapmu menghadapi dunia ini.

1. Lebih Pedulikan Dirimu Sendiri

Jangan Lupakan Me Time
Jangan Lupakan Me Time

Peduli terhadap diri sendiri itu berbeda dengan egois. Berbeda juga dengan jadi orang yang narsis. Peduli terhadap diri sendiri itu adalah tentang bagaimana kamu hidup dengan caramu sendiri dan tak terlalu peduli dengan apa yang orang lain pikirkan tentangmu.

Orang-orang yang luar biasa itu adalah orang yang tak begitu peduli dengan bagaimana orang lain melihat mereka.

Coba lihat Steve Jobs, ia punya kehidupan hippie saat ia masih muda dulu. Ia pergi ke kantor tanpa alas kaki dan ia juga hanya makan sayur-sayuran dan buah saja. Apakah ia peduli dengan apa yang orang lain pikirkan tentangnya? Tidak sama sekali.

Contoh lain adalah Thomas Alva Edison, sang penemu bohlam lampu. Dikatakan bahwa dulu ia gagal lebih dari 10.000 kali sebelum bohlam lampunya tersebut benar-benar berfungsi dengan baik.

Apakah dia peduli terhadap pemikiran orang lain tentang kegagalannya? Tidak sama sekali. Coba bayangkan jika ia terlalu memikirkan apa kata orang dan bukannya berfokus pada apa yang ia buat, dunia pasti gelap gulita sekarang.

Maka dari itu, lebih pedulikan dirimu sendiri mulai hari ini. Hiduplah dengan caramu sendiri, sehingga kamu bisa mencapai apa yang memang benar-benar kamu inginkan. Kamu tak harus mengikuti orang lain dan kamu tak harus hidup dengan cara yang diinginkan orang lain. Kamu adalah kamu dan kamu harus bertanggungjawab 100% terhadap hidupmu.

Baca Juga : 6 Kegiatan Ini Ternyata Bagian dari Art Therapy, Yuk Kenali Lebih Jauh

2. Cobalah Mempraktikan Minimalism

Temukan Kebahagiaan Dalam Kesederhanaan
Temukan Kebahagiaan Dalam Kesederhanaan

Minimalism—seperti namanya, adalah hidup dengan minimalis. Minimalism bukannya hidup tanpa barang-barang mewah, tapi maksudnya adalah kamu tak terlalu terikat dengan apa yang kamu miliki, sehingga kamu bisa lebih berfokus kepada dirimu sendiri.

Banyak orang salah kaprah dan menganggap bahwa hidup yang sukses itu adalah mengendari mobil mewah, tinggal di rumah besar, makan di restoran bintang lima dan selalu berbelanja barang mewah setiap harinya.

Tidak, hidup yang sukses itu bukanlah seperti itu. Uang tak bisa mengukur tingkat kesuksesanmu. Uang itu hanyalah sekedar bukti dari apa yang sudah kamu perbuat kepada orang lain—entah itu baik ataupun buruk.

Bill Gates, ia mejadi kaya raya karena ia membuat perangkat lunak yang mudah digunakan, sehingga berhasil merubah hidup banyak orang. Warren Buffet menjadi kaya karena ia berinvestasi kepada bisnis yang membutuhkan uang agar bisa berkembang. Michael Jackson jadi kaya karena ia berhasil menghibur jutaan orang di dunia ini.

Beberapa orang-orang luar biasa di atas—walaupun mereka punya banyak uang, tapi bisa dikatakan bahwa mereka sukses. Mereka tak hanya punya uang dari apa yang mereka perbuat kepada orang lain, tapi uang itu ada karena mereka berhasil melakukan sesuatu yang orang-orang inginkan.

Jadi, orang-orang di atas sukses bukan karena mereka mempunyai banyak barang-barang mewah di rumah bak istananya. Ingat, mempunyai mobil mewah saja bukan berarti kamu itu sukses, lho.

Benda-benda material itu tak menjelaskan siapa kamu, tapi lebih kepada bagaimana kamu bersikap, bagaimana kamu memaksimalkan potensimu dan bagaimana caramu untuk menciptakan nilai-nilai penting kepada orang lain. Oleh karena itu, mulailah mempraktikan minimalism jika kamu ingin bahagia dan sukses.

3. Jaga Kesehatan Fisik dan Mentalmu

Menjaga Kesehatan Fisik dan Mental
Menjaga Kesehatan Fisik dan Mental

Jika kamu selalu merasa mengantuk, capek dan tak enak badan, maka kamu tak bisa benar-benar menikmati hidup dengan maksimal—dan jika kamu tak bisa hidup dengan maksimal, maka kamu tak akan pernah bahagia dan sukses.

Oleh karena itu, kurangilah konsumsi alcohol dan berhentilah merokok! Habiskan waktumu dengan berolahraga dan membaca. Kesehatan di sini tak hanya tentang kesehatan fisik saja, tapi juga kesehatan mentalmu.

Orang-orang yang sukses adalah orang-orang yang produktif—dan menjadi produktif itu adalah juga tentang bagaimana seseorang mengatur energinya. Nah, satu-satunya cara agar energimu bisa bertahan sepanjang hari adalah dengan menjaga kesehatanmu. Tidurlah dengan cukup, jangan lupa olahraga dan makanlah makanan yang menyehatkan.

Saat kamu punya energi dalam menjalani hari, maka tekad dan tingkat kepercayaan dirimu akan lebih kuat. Dan saat kamu punya energi, maka kamu bisa mencapai banyak hal daripada orang-orang yang tak peduli dengan kesehatannya sendiri.

Baca Juga : Agar Otak Semakin Tajam, 12 Makanan & Minuman Ini Wajib Dikonsumsi Setiap Hari

4. Jadilah Orang yang Berpikiran Positif

Selalu Berpikir Positif
Selalu Berpikir Positif

Daripada berpikir kalau dunia ini akan menyakitimu dengan berbagai cara yang ada, pikirkanlah bahwa dunia ini berusaha membantu dan mendukungmu.

Saat kamu dipecat dari pekerjaanmu, pikirkan tentang kemungkinan dan kesempatan yang bisa kamu dapatkan. Mungkin saja kamu akhirnya bisa mendapatkan pekerjaan yang benar-benar kamu inginkan dan mendapatkan gaji yang lebih baik.

Jack Ma—pendiri dari Alibaba, pernah mengatakan bahwa orang-orang yang sukses adalah orang yang benar-benar positif dan selalu mengharapkan sesuatu yang baik akan terjadi di masa depan.

Coba bayangkan deh, apakah kamu mau menghabiskan uang untuk berinovasi dan menciptakan produk yang baik jika kamu berpikiran bahwa ekonomi sedang melemah? Jika kamu adalah orang yang pesimis, maka kamu tak akan melakukan hal tersebut karena kamu percaya bahwa usahamu itu akan sia-sia saja dan tak ada orang yang menghargainya.

Orang-orang yang sukses adalah orang-orang yang punya pikiran positif tentang masa depan. Mereka percaya kepada mimpi dan dirinya sendiri. Jika kamu tak percaya bahwa kamu bisa mendapatkan hasil di masa depan, maka kamu tak akan pernah berusaha maksimal.

Maka dari itu, jika terjadi sesuatu di luar kendalimu, jangan panik dan tetaplah tenang. Percaya saja bahwa apapun yang terjadi itu pasti ada alasannya. Selalu melihat pada sisi positifnya dan berbagai kemungkinan luar biasa bisa terjadi kepadamu.

5. Nikmati Apa yang Ada di Depanmu

Nikmati Apa Yang Ada di Hadapanmu
Nikmati Apa Yang Ada di Hadapanmu

Cobalah untuk selalu menikmati apa yang ada di depanmu atau istilah karennya adalah live in the moment. Saat kamu sedang menikmati liburan bersama keluargamu, jangan sampai kamu merasa cemas mengenai pekerjaanmu. Begitu juga saat kamu sedang sibuk bekerja, berhentilah untuk berpikir mengenai bermain video game dengan santai di rumah.

Orang-orang yang bahagia adalah orang-orang yang bisa menikmati dengan baik apa yang ada di depan mereka—apa yang sedang terjadi saat itu juga. Mereka adalah orang-orang yang tak punya rasa cemas berlebih terhadap sesuatu

Apakah kamu tahu kalau manusia itu merasakan stres karena mereka terlalu cemas akan suatu hal? Berbeda dengan hewan yang hanya punya rasa cemas yang bisa mereka hilangkan saat itu juga.

Saat singa sedang lapar, mereka akan memburu makanan. Saat hujan turun, si singa akan berteduh. Paham kan maksudnya? Hewan-hewan itu tak merasakan kecemasan berlebih akan suatu hal yang terjadi nanti.

Di sisi lain, manusia menjadi stres karena mereka cemas akan suatu hal di masa depan dan cemas akan suatu hal yang di luar kendali mereka.

Mereka cemas apakah mereka harus ganti pekerjaan, mereka cemas apakah mereka punya uang untuk membayar tagihan bulan ini, mereka cemas kalau mereka akan gagal mencapai tujuan hidup mereka.

Masalah-masalah di atas adalah masalah yang tak bisa diselesaikan saat itu juga, sehingga membuat kita meresa stres dan cemas.

Jika kamu ingin punya kehidupan yang bahagia, cobalah hilangkan rasa-rasa cemas itu dan nikmatilah apa yang hidupmu berikan di hadapanmu saat ini.

Tak ada gunanya untuk mencemaskan hal-hal di masa depan yang kamu tak punya kendali. Lebih baik, kamu melakukan sesuatu yang memang bisa kamu lakukan sekarang.

Baca Juga : Tuhan, Aku Sudah Menjadi Orang Baik. Kenapa Kehidupanku Tidak Berubah?

Di atas adalah 5 tips simpel untuk membuatmu punya kehidupan yang bahagia dan sukses. Oh ya, jangan berpikir karena tips di atas simpel, maka kamu bisa merasakan efeknya dengan cepat, ya. Sukses itu membutuhkan waktu, tapi kamu akan merasakan kok kalau kamu sudah berada di jalan yang benar.

Mirza M. Haekal
Mirza is a Digital Nomad that tries to live a healthy and productive lifestyle. Read Full Profile