in , ,

10 Tips Wawancara Kerja Online Agar Lolos Dengan Mudah

Wawancara kerja online merupakan salah satu tahap yang terpenting dalam proses rekrutmen karyawan. Saat ini wawancara sering dilakukan secara daring karena wawancara kerja online memiliki kelebihan yaitu calon karyawan tidak perlu datang ke perusahaan untuk melakukan sesi wawancara.

Hal ini tentunya akan menguntungkan kedua belah pihak karena dapat mengurangi biaya yang dikeluarkan untuk proses rekrutmen. Perusahaan dapat wewawanarai kandidat yang berasal dari kota lain bahkan negra lain.

Meskipun begitu, ada banyak hal yang harus kamu perhatikan supaya interview kerja online berjalan dengan lancar. Simak 10 tips wawancaraa kerja online berikut ini

1. Siapkan Koneksi Internet yang Stabil dan Peralatan Pendukung Lain

Persiapan Alat Wawancara Kerja Online
Persiapan Alat Wawancara Kerja Online

Hal yang diperlukan ketika kamu mendapat undangan wawancara online adalah koneksi  internet dan peralatan yang mendukung. Koneksi internet sangat diperlukan karena segala hal yang dilakukan secara online atau daring pasti membutuhkan koneksi internet.

Koneksi internet memang wajib ada, namun tidak semua koneksi internet bisa kamu gunakan. Gunakanlah koneksi internet yang lancar, stabil dan memiliki akses yang cepat. Kamu bisa menggunakan wifi kamu di rumah.

Jika di rumah tidak ada wifi atau wifi di rumah kurang mendukung maka kamu bisa mencari tempat lain yang memiliki kecepatan internet yang mendukung.

Selain menggunakan wifi, kamu bisa menggunakan pulsa data dari handphone kamu dengan cara tethring. Sebelum memutuskan menggunakan pulsa data, pastikan kouta kamu masih mencukupi untuk melakukan video call. Jika kamu ragu apakah kuota kamu cukup atau tidak untuk melakukan panggilan video call, maka sebaiknya kamu membeli pulsa data terlebih dahulu.

Selain wifi berbagai peralatan lainnya juga diperlukan seperti laptop, smartphone atau tablet. Diusahakan untuk melakukan wawancara kerja online menggunakan laptop karena lebih nyaman dan jika nanti kamu membutuhkan file tertentu, kamu sudah siap.

Usahakan peralatan yang kamu gunakan dalam kondisi batrai yang sudah penuh. Meskipun baterai sudah penuh, kamu tetap harus menyiapkan chargre untuk mengantisipasi hal-hal yang tidak diinginkan.

Selain itu, kamu juga harus memiliki aplikasi yang digunakan untuk melakukan wawancara online.

2. Menggunakan Pakaian Formal

Menggunakan Pakaian Formal
Menggunakan Pakaian Formal

Wawancara kerja online memang tidak dilakukan di kantor dan dapat kamu lakukan dimana saja. Meskipun begitu, saat interview online kamu tetap harus  menggunakan pakaian formal.

Pakaian formal yang dimaksud tidak harus jas, namun kamu bisa menggunakan pakaian bersih dan sopan misalnya kemeja, celana kain dan menggunakan dasi. Untuk wanita bisa menggunakan blazer, dress atau pakaian lainya yang membuat kamu terlihat sopan profesional.

Jangan lupa sebelum mengenakan pakaian yang telah kamu pilih, kamu harus memastikan apakah pakaian kamu sudah rapi atau tidak. Jika kurang rapi maka kamu harus menyetrikanya. Ketika interview online, recruiter akan melihat  kamu di layar secara setengah badan saja.

Meskipun begitu kamu tetap menggunakan celana atau rok yang sopan. Pakaian kamu yang sopan dan profesional akan memberikan kesan pertama yang positif kepada recruiter.

3. Menyiapkan Tempat untuk Wawancara Kerja Online

Menyiapkan Tempat Wawancara Kerja
Menyiapkan Tempat Wawancara Kerja

Saat interview kerja secara online, kamu bisa memilih tempat sesuka kamu. Akan tetapi sebaiknya kamu memilih tempat yang nyaman. Wawancara kerja online bisanya berlangsung tidak sebentar oleh sebab itu pilihlah posisi duduk yang nyaman.

Selain itu pilih tempat yang tidak bising sehingga kamu dapat dengan jelas mendengar pertanyaan dari recruiter, begitu pula dengan recruiter yang dapat dengan jelas mendengrkan jawaban kamu.

Kamu harus memastikan tempat kamu melakukan interview kerja tidak banyak orang sehingga tidak dapat mengganggu kamu. Jika kamu melakukan wawancara kerja online di kamar kamu maka kamu bisa memberi tahu anggota keluarga kamu tidak mengganggu kamu.

Background yang kamu gunakan sebaiknya polos. Perhatikan kondisi dan kebersihan benda-benda atau ruang di belakang kamu.

4. Mengatur Pencahayaan

Mengatur Pencahayaan
Mengatur Pencahayaan

Selain background polos, usahakan cahaya tempat kamu melakukan wawancara kerja online cukup. Apakah kamu pernah mendengar istilah backlight?

Backlight adalah kondisi dimana saat mengambil foto namun sumber cahaya ada di belakang. Backlight membuat wajah kamu tidak terlihat sehingga yang terlihat hanyalah siluet.

Oleh sebab itu, supaya hal tersebut tidak terjadi maka kamu harus mengatur pencahayaan. Jangan sampai wajah kamu tidak terlihat jelas oleh recruiter. Recruiter perlu melihat wajah kamu karena juga ingin membaca ekspresi kamu;

Untuk mendapatkan pencahayaan yang baik, kamu bisa melakukan interview kerja di depan jendela atau menyiapkan lampu di sisi kiri dan di sisi kanan.

5. Melihat Kamera Bukan ke Arah Monitor

Melihat Ke Kamera
Melihat Ke Kamera

Ketika kamu sedang melakukan wawancara kerja online, kamu harus fokus melihat ke kamera bukan ke layar monitor. Jika pandangan kamu mengarah ke kamera maka pandangan kamu lebih fokus seolah-olah sedang menatap recruiter.

Jangan sampai terjadi kesalahpahaman dalam berkomunikasi sehingga kamu diaggap tidak sopan atau tidak menghargai pihak pewawancara.

Selain itu, jangan sampai kamu sibuk dengan penampilan kamu sendiri di kamera padahal recruiter sedang melihat ada mengobrol dengan kamu. Olehh sebab itu fokuslah ke kamera yang ada di laptop atau handphone.

6. Menampilkan Wajah yang Segar

Menampilkan Wajah Yang Segar Saat Interview
Menampilkan Wajah Yang Segar Saat Interview

Ada banyak keuntungan yang kamu dapatkan dari interview kerja online, salah satunya adalah kamu bisa memilih tempat yang kamu gunakan untuk wawancara sehingga kamu tidak perlu jauh-jauh ke suatu tempat untuk wawancara. Kamu juga tidak dikejar oleh waktu.

Oleh sebab itu, kamu memiliki waktu yang cukup banyak untuk mempersiapkan wawancara kerja online. Kamu harus menampilkan wajag tabf segar ketika wawancara kerja online.

Sebelum hari interview kerja, pastikan kamu memiliki tidur dan istirahat yang cukup. Hal tersebut membantu wajah kamu terlihat segar. Jika wajah kamu segar maka kamu recruiter akan menaganggap kamu sopan dan profesional.

Jika wajah kamu tidak segar atau terlihat lelah maka first immpression  recruiter terhadap kamu buruk  dan akan mengurunkan niatnya untuk wawancara kamu.

7. Menyiapkan Rencana Ketika Koneksi Internet Putus

Mempersiapkan Koneksi Internet Cadangan
Mempersiapkan Koneksi Internet Cadangan

Setiap orang pasti berharap interview kerja akan berjalan dengan lancar. Akan tetapi kamu tetap harus mempunyai rencana cadangan jika di tengah-tengah wawancara koneksi internet kamu terputus. Hal tersebut memang tidak bisa dipastikan karena masalah teknis dapat terjadi kapanpun.

Hal yang perlu kamu siapkan untuk mengatasi hal tersebut adalah kamu sebaiknya mencatat nomor telpon pewawancara baik itu nomor kantor atau nomor pribadi dan alamat  email. Alamat email dan nomor telpon bisa berguna untuk kamu bisa menghubungi kembali pewawancara.

Jika kamu berinisiatif seperti itu maka pewawancara akan sangat senang karena kamu telah berusaha untuk menyelesaikan masalah dan tidak mudah menyerah.

9. Fokus dan Tidak Membuka Halaman Lain

Fokus Saat Interview Online
Fokus Saat Interview

Jika kamu sedang melaksanakan interview kerja online maka kamu harus fokus pada interview. Pewawancara dapat mengetahui apa saja aktivitas yang kamu lakukan selama sesi interview. Kamu sebaiknya tidak membuka tab atau jendela lain.

Janganlah melakukan interview kerja online sambil mendownload lagu atau film. Hal tersebut dapat mengganggu konsentrasi kamu. Beberapa tab di internet terkadang mengandung iklan dan terkadang terdapat audio suara yang dapat mengganggu proses interview kerja oline.

Selain mengganggu, membuka tab lain juga dapat membuat koneksi internet menjadi lambat. Terkadang interview memiliki waktu yang cukup lama oleh sebab itu sebaiknya kamu meluangkan waktu sekitar 1-3 jam supaya tetap fokus.

10. Melakukan Simulasi atau Berlatih Wawancara

Berlatih Berbicara Untuk Interview
Berlatih Berbicara Untuk Interview

Salah satu tips supaya interview kerja online kamu lancar, kamu harus melakukan simulasi wawancara. Berlatihlah seolah-olah kamu sedang melakukan wawancara kerja online sungguhan. Kamu bisa minta tolong kepada teman atau keluarga kamu untuk menjadi pihak yang mewawacarai kamu.

Aplikasi yang digunakan ketika interview kerja online biasanya adalah skype, google duo dan sebagainya. Kamu dan teman kamu bisa menginstal terelebih dahulu. Simulasi juga berfungsi supaya kamu bisa berlatih menggunakan aplikasi yang digunakan saat wawancara supaya tidak ada hambatan ketika proses wawancara.

Saat melakukan simulasi kamu harus menyiapkan beberapa pertanyaan yang bisanya muncul. Minta teman kamu untuk membacakan pertanyaan tersebut. Lalu kamu menjawab pertanyaan yang dilontarkan oleh teman kamu seolah-olah kamu sedang diwawancarai oleh sebuah perusahaan.

Setelah selesai menjawab beberapa pertanyaan, kamu bisa meminta teman kamu untuk mengevaluasi bagaimana posisi kamu duduk, suara apakah sudah terdengar dengan jelas dan sebagainya.

Jika kamu bisa baru dalam sesi interview kerja dan masih belum paham dengan kemungkinan-kemungkinan yang akan terjadi, kamu bisa mempelajari beberapa artike yang saya rekomendasikan dibawah ini.

Demikian beberapa tips yang bisa kamu terapkan agar proses interview kerjamu berjalan dengan mudah meski tidak bertatapan langsung dengan pewawancara. Semoga bermanfaat.

Written by Elsa Cordana

Suka bermimpi dan berusaha menggapai mimpi