in

5 Tips Mengurangi Trauma Karena Gagal Menjalin Hubungan

Trauma Karena Gagal Menjalin Hubungan
Trauma Karena Gagal Menjalin Hubungan

Tidak ada satu pun orang yang ingin merasakan kegagalan dalam menjalani hubungan. Tetapi sayangnya kegagalan itu bukanlah hal yang bisa kamu hindari. Jika takdir sudah berkata demikian, semaksimal apapun kamu mencoba untuk mempertahankan hubungan, kegagalan itu pasti akan tetap terjadi.

Selama ini mungkin kamu sudah berusaha untuk menjadi sosok terbaik bagi pasanganmu, tetapi itu semua tidak cukup untuk menjadi jaminan bahwa hubunganmu akan berjalan dengan aman. Seperti apa yang banyak orang yakini, jodoh adalah rahasia Tuhan. Kamu tidak pernah tahu Dengan siapa kamu akan berjodoh nantinya.

Meskipun saat ini kamu sudah berusaha untuk mempertahankan hubunganmu dengan pasanganmu, jika dia memang bukan jodohmu, perpisahan pasti akan tetap terjadi. Perpisahan inilah yang akhirnya menjadi trauma bagi sebagian orang.

Menghilangkan rasa trauma dalam diri bukanlah sesuatu hal yang mudah. Tetapi mungkin kamu bisa coba mengatasinya dengan memahami 5 prinsip ini.

1. Jika Kamu Merasa Ada yang Mengganjal di Hatimu, Kamu Bisa Berbagi Cerita dengan Orang-Orang yang Kamu Percaya

Berbagi Cerita Dengan Orang Yang Dipercaya
Berbagi Cerita Dengan Orang Yang Dipercaya

Saat kamu merasa ada beban yang tidak bisa kamu tanggung sendiri, maka cobalah untuk membaginya dengan orang yang kamu percayai.

Berbagi cerita dengan orang-orang yang kamu percaya tentang apa yang kamu rasakan saat ini. Mungkin mereka tidak hanya bisa mendengarkan tetapi juga bisa memberimu solusi untuk bisa keluar dari masalah yang kini kamu hadapi.

Jangan selalu menyimpan kesedihanmu seorang diri. Hal itu hanya akan membuat rasa trauma mu semakin tinggi dan akhirnya kamu akan lebih sulit untuk menghilangkan rasa trauma itu.

2. Gunakan Kegagalanmu yang Lalu Sebagai Pembelajaran untuk Lebih Selektif dalam Memilih Pasangan

Kegagalan Sebagai Pembelajaran
Kegagalan Sebagai Pembelajaran

Mungkin kegagalan yang kamu alami sebelumnya adalah hasil dari keteledoranmu dalam memilih pasangan. Kamu terlalu buru-buru dalam menentukan pilihanmu. Kamu tidak mempertimbangkan hal apa yang mungkin akan terjadi ke depannya.

Jika sudah terjadi, maka yang harus kamu pahami adalah tidak selamanya kegagalan menjadi sesuatu yang negatif. Justru dengan kegagalan itulah kamu bisa belajar untuk lebih selektif dalam memilih. Kamu bisa lebih waspada dan berhati-hati dalam menentukan pilihan.

Belajarlah dari masa lalu yang sudah kamu lewati. Yakinlah bahwa setiap hal buruk pasti juga membawa hal baik di dalamnya.

Dengan pengalaman gagalnya hubungan yang kamu jalani sebelumnya, kamu akan lebih paham bagaimana caranya menjalin hubungan yang sehat dan bisa langgeng sampai akhir hayat.

3. Jangan Menutup Hatimu Terlalu Rapat Sehingga Dia yang Berniat Mencintaimu dengan Tulus Sulit untuk Memasukinya

Jangan Menutup Hati Terlalu Rapat
Jangan Menutup Hati Terlalu Rapat

Boleh saja kamu merasa takut untuk membuka hati pada orang yang baru. Tetapi tidak seharusnya kamu menutup hatimu terlalu rapat, sehingga tidak ada satupun orang yang bisa masuk ke dalamnya.

Kamu harus paham bahwa tidak semua orang yang ingin mendekatimu adalah orang yang memiliki niat buruk padamu. Yakinlah bahwa diluar sana masih banyak orang yang memiliki cinta tulus dan maksud yang baik saat berusaha dekatmu.

Jangan terlalu takut untuk memulai kisah cinta yang baru. Mungkin saja kemarin kamu telah mengalami kegagalan, tetapi siapa yang tahu jika setelah itu kamu justru akan menemui cinta sejati yang selama ini kamu nantikan.

4. Sebelum Dipertemukan dengan Sosok yang Tepat, Ada Kalanya Tuhan Terlebih Dulu Mempertemukanmu dengan Sosok Lain Sebagai Pembelajaran untukmu

Tuhan Selalu Punya Cara Memberikan Pelajaran Untukmu
Tuhan Selalu Punya Cara Memberikan Pelajaran Untukmu

Percayalah bahwa setiap hal yang terjadi pasti membawa hikmah di dalamnya. Jika mungkin sebelumnya kamu mengalami kegagalan dalam menjalin hubungan, mungkin itu menjadi cara Tuhan untuk memberikan kamu sebuah pembelajaran tentang kehidupan.

Mungkin Tuhan sedang ingin membuatmu menjadi pribadi yang lebih baik kedepannya dari apa yang sudah kamu lalui sebelumnya.

Kamu harus percaya bahwa terkadang Tuhan dengan sengaja mempertemukanmu dengan orang yang salah sebelum kamu benar-benar bisa bertemu dengan sosok yang tepat untukmu.

5. Jangan Menghabiskan Energimu untuk Merasa Takut dan Trauma akan Kegagalan, Yakinlah Bahwa Semua Hal Buruk yang Kamu Jalani Hanya akan Berlaku untuk Sementara

Jangan Takut Dengan Kegagalan
Jangan Takut Dengan Kegagalan

Jika selama ini kamu masih sering menghabiskan energimu untuk fokus pada rasa takut dan trauma mu akan kegagalan dalam menjalin hubungan.

Coba lebih fokus pada hal-hal positif yang bisa bermanfaat untuk dirimu sendiri. Fokus pada rasa takut dan traumamu, hanya akan membuatmu lebih terburuk dan berpikiran negatif.

Yakinkah bahwa rasa takut dan trauma mu tidak akan bertahan lama. rasa takut dan trauma mu itu pasti akan hilang seiring dengan berjalannya waktu. jadi yang perlu kamu lakukan adalah jangan terlalu fokus pada hal buruk saja, mainkan kamu harus lebih fokus pada hal-hal positif di sekitarmu.

Kamu harus percaya bahwa segala rasa sakit yang sudah pernah kamu rasakan kemarin dan saat ini pasti akan dibalas dengan kebahagiaan di masa depan yang seimbang dengan apa yang kamu rasakan saat ini.

Jadi kamu harus terus yakin dan berusaha untuk melakukan hal terbaik dan menjadi pribadi yang lebih baik dari sebelumnya.

Coba pahami 5 prinsip tersebut cobalah untuk mengambil segala nilai positif yang ada dalam proses kehidupanmu, entah itu dari kegagalanmu maupun keberhasilanmu.

Yakinlah bahwa kamu pasti bisa menghilangkan semua rasa trauma mu secara perlahan. Yang kamu butuhkan adalah waktu dan kesabaran dalam memulihkan keadaan.

Kamu juga perlu mengisi waktumu dengan berbagai hal positif, sehingga kamu bisa lebih cepat menghilangkan rasa traumamu itu.

Coba pelajari beberapa hal berikut untuk memperkaya pengetahuanmu,

Nah, itu dia 5 prinsip yang mungkin bisa membantumu untuk mengatasi rasa traumamu akibat kegagalan dalam menjalin sebuah hubungan. Semoga artikel ini bermanfaat.

Written by Dina Novia

Lahir dengan hobi travelling dan fotografi. Masih berstatus sebagai mahasiswa jurusan bahasa Indonesia di Malang.