in ,

5 Trik Psikologi Sederhana yang Bikin Harimu Lebih Indah

Trik Psikologi Menjalani Hidup Yang Indah

Mungkin kamu jarang menyadarinya, bahwa bahasa tubuh bisa berbicara lebih banyak ketimbang kata-kata yang kamu ucapkan. Artinya, isyarat yang kamu tunjukkan lewat bahasa tubuh memiliki pengaruh yang kuat terhadap penilaian orang lain pada dirimu.

Ini artinya, dengan menggunakan trik psikologi bahasa tubuh, kamu bisa membuat orang lain melakukan apa yang kamu inginkan meskipun tanpa berkata-kata.

Masalahnya banyak dari kita yang mengeluh tentang kehidupannya, bahwa banyak yang kesulitan untuk menjalin hubungan dengan orang baru, kesulitan membuat orang lain terbuka bahkan kesulitan untuk membuat orang lain merasa nyaman.

Padahal ada banyak trik psikologi yang bisa memudahkan kehidupanmu sehari-hari, bahkan kamu bisa membuat gebetan jatuh cinta hingga mengejar-ngejar dirimu. Namun disini, trik psikologi yang kita bahas bukanlah memanipulasi orang lain untuk mendapatkan apa yang kita inginkan.

Disini kita akan membahas tentang trik psikologis yang akan bermanfaat bagi hidupmu juga orang lain!

1. Tersenyum Disaat Keadaan Sedang Sulit

Tersenyum Disaat Keadaan Sulit
Tersenyum Disaat Keadaan Sulit

Hari ini kita semua sibuk dengan aktivitas masing-masing, hari ini mungkin kita juga memiliki jadwal yang padat, hari ini mungkin beban pikiran bertambah sebab selain memikirkan pekerjaan kita juga harus memikirkan masalah-masalah lainnya.

Namun ingatlah, saat kamu merasa bersedih atau saat kamu berada dalam kondisi yang sulit, ada trik psikologi sederhana yang dalam lima detik dapat membuat hidupmu menjadi lebih mudah, yaitu tersenyum

Penjelasannya begini, otak kita merespon langsung apa yang terjadi pada tubuh, dan tubuh kita juga merespon langsung apa yang ada di otak. Ketika kita tersenyum, otak otomatis meresponnya sebagai tanda kebahagiaan.

Hal ini dikarenakan ada bagian otak kita yang tidak bisa membedakan antara yang nyata dan tidak, saat kita tersenyum, otak secara langsung mengirim sinyal ke seluruh tubuh bahwa kita sedang bahagia dan hal ini membuat tubuh kita merasa lebih rileks.

2. Katarsis

Katarsis
Katarsis

Tersenyum di saat yang sulit adalah hal yang baik, namun bukan berarti kita harus selalu tersenyum, bukan juga berarti kita tidak boleh marah atau menangis. Tetapi semua itu ada triknya agar lebih bermanfaat.

Marah bisa menjadi hal yang baik, tergantung alasan dan tujuannya. Jika tujuannya adalah mengeluarkan emosi negatif agar tidak menjadi racun bagi jiwa, maka marah adalah hal yang baik dan itulah yang dimaksud dari katarsis.

Namun tidak semua katarsis itu baik, jika kamu mengekspresikan perasaan dengan menangis di depan keramaian itu bisa menjadi toxic bagi yang lain, jika kamu mengekspresikan perasaan dengan marah-marah di sosial media juga buruk sebab bisa menjadi toxic.

Nah, salah satu trik untuk melakukan katarsis dengan benar adalah menuliskan cerita yang kamu alami beserta perasaan yang ada di dalamnya, tuliskan di atas kertas lalu genggam kertas tersebut dan lemparkan ke sungai.

Syaratnya kamu harus mengajak seorang teman yang bisa kamu percaya untuk menemani kamu melakukannya. Setelahnya kamu bisa merasakan sendiri di dalam dadamu bahwa kedamaian dan ketenangan itu benar-benar nyata.

Baca Juga : Perilaku Asertif, Ekspresi Emosi Tanpa Merugikan Orang Lain

3. Membaca Pikiran Orang Lain Lewat Bahasa Tubuh

Membaca Bahasa Tubuh
Membaca Bahasa Tubuh

Akan selalu ada yang terlintas di dalam pikiran seseorang, selalu ada penilaian di dalam pikiran seseorang terhadap yang lain dan selalu ada perasaan yang tak terucapkan dalam sebuah percakapan.

Mengetahui trik psikologi membaca pikiran orang lain bisa sangat bermanfaat bagi kita disaat-saat yang seperti ini, yaitu disaat kita merasa orang lain memendam atau memikirkan sesuatu. Caranya tentu saja dengan membaca bahasa tubuhnya.

Jika seseorang berbicara lalu berbatuk dan menutup mulut atau menutup hidupnya, itu berarti ia sedang berbohong. Disaat duduk di tempat umum, jika ujung kaki seseorang mengarah kepadamu itu tandanya ia tertarik padamu.

Ada banyak lagi trik membaca pikiran seseorang yang bisa kamu ketahui,disini Cara Membaca Pikiran Orang, Coba 5 Tips Sederhana ini

4. Mengerjakannya Di Dalam Pikiran Terlebih Dahulu

Berpikir Sebelum Bertindak
Berpikir Sebelum Bertindak

Apapun yang ingin kamu lakukan, lakukanlah di dalam pikiranmu terlebih dahulu sebab hal itu akan memudahkan kamu untuk melakukannya di dunia nyata. Memikirkan sesuatu sebelum mengerjakannya akan berdampak pada kondisi mental seseorang.

Saat kamu dihadapkan pada pekerjaan yang belum pernah kamu lakukan atau pekerjaan berat apapun, pikirkanlah hal itu di malam hari sebelum tidur. Tanyakan pada dirimu sendiri bagaimana aku bisa melakukannya.

Setelahnya selama kamu tertidur, otak akan tetap bekerja untuk memikirkan “bagaimana cara menyelesaikannya”. Sebab seperti yang sudah-sudah, otak tidak bisa membedakan antara yang nyata dan tidak, semuanya adalah kenyataan.

Terlebih lagi, jika kamu bisa mengkonsep dirimu untuk percaya diri di dalam pikiran, membayangkan bahwa kamu bisa melakukan pekerjaan itu dengan baik, maka esok hari kamu akan terbangun dengan kondisi mental yang kuat dan percaya diri.

Bayangkan jika kamu melakukan trik ini selama setahun penuh setiap malam sebelum tidur, tentunya kamu sudah menjadi pribadi baru seperti apa yang kamu mau.

Coba pelajari juga tentang Hukum Tarik Menarik: Ketika Pikiran Menciptakan Realitas Kebahagiaan.

5. Mengubah Pose Untuk Meningkatkan Kepercayaan Diri

Mengubah Pose Untuk Meningkatkan Kepercayaan Diri
Mengubah Pose Untuk Meningkatkan Kepercayaan Diri

Ada banyak cara untuk meningkatkan kepercayaan diri kita, tapi dari berbagai cara yang ada, apakah kita memilih menggunakan cara yang lebih mudah atau cara yang sulit?

Tentunya jika ada cara yang lebih mudah, mengapa kita harus memilih yang sulit. Cara yang paling mudah tentunya dengan mengubah pose kita.

Jelas hal ini masih berkaitan dengan bahasa tubuh, hanya perlu diingat bahwa bahasa tubuh yang kita gunakan tidak hanya berpengaruh pada kondisi mental orang lain tetapi juga memengaruhi kondisi mental kita sendiri.

Semisal, jika kamu duduk dengan melipat tangan di dada itu artinya kamu sedang berpikir tentang sesuatu yang berkaitan dengan pertahanan diri. Namun di mata orang yang melihatnya kita akan dinilai sedang menutup diri atau kurang percaya diri.

Maka jika kamu ingin meningkatkan kepercayaan diri dalam sekejap, duduklah dengan bahu tegak dan tangan terbuka. Secara psikologis kamu akan akan merasakan perubahan sehingga menjadi lebih pede.

Tentang cara meningkatkan rasa percaya diri, kamu juga bisa mempelajari 5 Cara Meningkatkan Rasa Percaya Diri Dalam Hal Apapun.

Akhir Kata

Belum selesai sampai disini, ada banyak lagi trik-trik psikologis jika kamu ingin memperluas wawasan. Namun pada intinya, ingatlah selalu untuk memanfaatkan ilmu dengan baik.

Jangan menggunakan ilmu pengetahuan untuk memanipulasi orang lain atau menguntungkan diri sendiri dan merugikan orang lain.