in , ,

Tujuan Hidup Yang Harus Dimiliki Setiap Orang

Tujuan Hidup Sebelum Usia 30
Tujuan Hidup Sebelum Usia 30

Tujuan hidup adalah menempuh cara-cara untuk mencapai kehidupan yang diinginkan dan mendapatkan kepuasan batin.

Adakah sesuatu di alam semesta ini yang tidak memiliki tujuan?

Jika kita melihat dengan mata dan pikiran yang terbuka, tentunya kita akan melihat semuanya bergerak, semuanya memiliki kesadaran dan semuanya memiliki tujuan!

Bahkan tumbuhan pun memiliki tujuan, yaitu menghisap karbondioksida dan mengeluarkan oksigen untuk menyeimbangkan kehidupan.

Sebab kita sebagai makhluk hidup tentunya memiliki kesadaran. Dan kesadaran lah yang membuat kita mencari tahu apa tujuan kita berada disini? Adakah sesuatu yang harus kita ikuti ataukah kita sendiri yang menentukan tujuannya? Apa yang harus kita lakukan?

Semua pertanyaan tersebut adalah keresahan yang di alami semua orang, sehingga mengarahkan kita untuk mencari jawaban yang tepat tentang tujuan hidup masing-masing.

Berikut 10 Tujuan Hidup yang Harus Kita Miliki Sebelum Usia 30-an!

1. Mengenal Diri Sendiri

Mengenal Diri Sendiri
Mengenal Diri Sendiri

“Mengenal diri adalah awal dari kebijaksanaan” -Socrates

Mengenal diri sendiri adalah suatu hal yang mudah dilakukan, namun kita menjadi keliru terhadap tujuan hidup karena tidak mengenal siapa diri kita sebenarnya.

Tentunya, kita hanya perlu melontarkan beberapa pertanyaan seperti,

“Apa yang aku senangi?”

“Apakah yang aku senangi berdampak baik untuk diriku dan orang lain?”

“Apa yang tidak aku sukai?

“Apakah yang tidak aku sukai berdampak baik untuk diriku dan orang lain?”

Lanjutkan pertanyaan tersebut dengan pertanyaan-pertanyaan yang dapat kamu buat sendiri. Semakin banyak kita menemukan jawaban beserta alasan-alasannya, maka semakin dalam kita mengenal diri sendiri.

2. Belajar dan Terus Belajar

Belajar dan Terus Belajar
Belajar dan Terus Belajar

Belajar itu seperti jalan yang tak berujung. Sedari kecil kita sudah belajar. Mulai dari belajar bicara, belajar berdiri hingga belajar berpikir bijak.

Dalam perjalanan hidup yang cukup panjang ini sepenuhnya kita terus belajar tanpa henti. Bahkan disaat kita mencoba untuk berhenti belajar, sebenarnya tanpa disadari kita juga akan mendapatkan pelajaran.

Mungkin tidak semua hal menarik untuk dipelajari. Tapi pelajari saja, karena tak ada satu pun yang sia-sia di dunia ini.

Kita memang tidak perlu menjadi ahli dalam semua bidang, mungkin satu bidang saja cukup. Namun di era informasi yang perubahannya begitu cepat ini, sepertinya tidak cukup jika kita berpegang pada satu bidang saja.

Dan tentunya, kehidupan juga yang memaksa kita untuk belajar lagi dan terus belajar.

Baca Juga : Inilah Alasan Kenapa Sekolah Itu Penting Tapi Tidak Cukup

3. Menggali Minat Dalam Diri

Menggali Minat Dalam Diri
Menggali Minat Dalam Diri

Apa guna pikiran dan tubuh yang sehat jika tidak kita pergunakan untuk menggali minat dalam diri?

Semua orang memiliki minatnya masing-masing. Tidak ada yang tidak memiliki minat di dunia ini, hanya saja sebagian orang tidak menggali minatnya lebih dalam.

Sangat penting menggali minat dalam diri karena itu menentukan akan menjadi siapa kita nantinya.

Caranya mudah. Belilah sepuluh buku dari bidang yang berbeda-beda. Habiskan waktu sebulan untuk membaca semua buku itu. Setelahnya, kita akan menemukan buku mana yang akan kita baca seterusnya. Itulah ketertarikan!

Saat kita tertarik pada sesuatu, kita akan terus memperdalamnya. Seperti saat kita tertarik pada seseorang, bukankah kita akan mendekat dan mencoba mengenalnya lebih dalam?

4. Menemukan Pedoman Hidup

Menemukan Pedoman Hidup
Menemukan Pedoman Hidup

Katakanlah kita adalah kapal dan dunia ini samudera. Dan apa yang kita alami adalah ombak kencang yang membuat kapal oleng ke kanan dan kiri. Tidakkah kita akan merasa ketakutan saat ombak itu datang?

Tentu kita merasa takut karena mengetahui tak ada satu pun dari kita yang dapat mengendalikan ombak tersebut, bukan?

Begitulah perumpamaan orang-orang yang tidak memiliki pedoman hidup.

Sementara orang-orang yang memiliki pedoman hidup tidak akan merasa takut sedikitpun pada ombak, meskipun tahu bahwa ia tak bisa mengendalikan ombak.

Karena ia tahu, ombak hanya bisa menenggelamkan tubuhnya, tapi tidak dengan keyakinannya.

Maka, mari kita sama-sama mencari pedoman hidup, lalu memegangnya erat-erat agar lebih tenang menjalani kehidupan di samudera yang luas ini!

Baca Juga : Prinsip Hidup Yang Harus Kamu Miliki Sebelum Usia 20-an

5. Merawat Diri Sendiri

Merawat Diri Sendiri
Merawat Diri Sendiri

Merawat diri sendiri adalah cara bertahan hidup semua orang pada umumnya. Tapi coba kita perdalam lagi, apakah merawat diri sendiri dalam arti menjaga kesehatan tubuh saja?

Tentunya, menjaga kesehatan tubuh sangatlah penting. Tapi merawat diri sendiri lebih luas dari sekedar tubuh yang nampak saja.

Merawat diri sendiri, bukan hanya soal fisik tetapi juga pikiran dan hati. Mengapa itu penting?

Berbagai penelitian telah membuktikan bahwa pikiran adalah sumber dari segala macam kerusakan dan penyakit. Dan jika kita mengetahui lebih dalam lagi, pikiran dapat menarik sesuatu yang “Sama” untuk menjadi kenyataan.

Maka, tujuan hidup kita akan lebih bermakna dengan mempraktikkan perawatan diri terhadap fisik yang terlihat maupun tidak.

6. Merasakan Semua Rasa

Merasakan Semua Rasa
Merasakan Semua Rasa

Hidup tentunya bukan hanya soal kesenangan saja. Untuk menjadi manusia yang utuh tentunya kita perlu merasakan semua rasa.

Kebanyakan dari kita saat ini hanya berfokus pada satu hal, yaitu kebahagiaan. Namun sayangnya alam semesta tidak bekerja dengan cara tersebut. Ya, mungkin nanti, di surga.

Sekarang, saat ini, semua yang sedang kita alami terus berubah dan berubah. Semua hanya bersifat sementara. Sedih sementara dan senang sementara. Bahkan mungkin kita pernah juga merasa sedih bercampur senang, dan itu pun kita rasakan sementara juga.

Banyak lagi perasaan-perasaan lainnya yang kita rasakan dan terus bergantian.

Maka terima saja, karena semua rasa memang harus kita rayakan, kita terima dan kita jalani. Karena perasaan itu ada berjuta-juta banyaknya, maka hanya hati yang mampu menampungnya. Sebab hati lebih luas dari alam semesta.

Dan inilah tujuan hidup kita, merasakan semua rasa. Maka pilihlah, kamu ingin merasakan apa?

Baca Juga : 6 Cara Menemukan Impian dan Kehidupan yang Diinginkan

7. Membuat Pondasi Kehidupan Pribadi

Membuat Pondasi Kehidupan
Membuat Pondasi Kehidupan

Jika kita bertanya tentang tujuan hidup, maka sangat penting untuk membangun pondasi untuk kehidupan pribadi masing-masing. Dengan berbagai macam kebutuhan pokok, seperti tempat tinggal pakaian dan makanan.

Namun tak cukup sampai disitu, kini pondasi kehidupan kita bukan hanya perkara kebutuhan pokok saja melainkan kebutuhan batin dan kebutuhan biologis. Maka untuk merasa lebih baik, kita membutuhkan seorang pasangan dan menikah.

Tujuan hidup kita tentunya memenuhi semua kebutuhan-kebutuhan tersebut satu persatu, sebagai pondasi kehidupan yang dapat membuat kita merasa lebih nyaman dan tenteram menjalani kehidupan.

8. Menemukan Keindahan Hidup

Menemukan Kebahagiaan Hidup
Menemukan Kebahagiaan Hidup

Keindahan hidup tidaklah selalu berbau hal-hal yang menyenangkan atau menggemberikan. Sama halnya seperti kebahagiaan, tentunya kebahagiaan tidak selalu di iringi dengan tawa, bukan?

Temukanlah keindahan hidup menurut versi kamu sendiri, sebab setiap individu memiliki sudut pandang yang berbeda-beda dalam memaknai keindahan.

Dan hidup tentunya akan sangat membosankan jika kita melakukan yang sama terus menerus. Mengambil suatu resiko atau pergi berpetualang tentunya akan memberikan makna keindahan tersendiri bagi setiap orang.

Dalam hal menemukan keindahan hidup, kita masing-masing perlu menjadi diri sendiri!

Baca Juga : 5 Cara Mencapai Kesuksesan Hidup Dengan Motivasi Intrinsik

9. Memberi dan Menolong Sesama

Memberi dan Menolong Sesama
Memberi dan Menolong Sesama

Sebagai makhluk sosial, tentunya kita tidak bisa lepas dari orang-orang dan hidup sendirian. Kita butuh beradaptasi dengan orang-orang baru serta menjaga keutuhan hubungan dengan mereka.

Dan pada akhirnya, kita hanya akan menyadari bahwa tujuan hidup ini adalah memberi dan menolong sesama.

Dengan kata lain, kita sudah terlalu banyak menerima. Inilah saatnya kita memberi.

Sedari kecil, kita belajar banyak ilmu. Dan tidaklah mungkin kita dapat memahami sesuatu jika tidak ada orang lain yang memberikan ilmu tersebut lewat buku-buku yang ditulisnya.

Juga dari orang tua, keluarga dan teman, banyak sekali kita mendapatkan pelajaran dari mereka. Maka begitu juga yang harus kita lakukan. Memberikan apa pun yang mampu kita beri terhadap sesama, serta menolong dengan kemampuan kita masing-masing.

Pada akhirnya, hidup akan lebih tenang jika kita tulus memberi dan menolong sesama!

10. Mencapai Kebijaksanaan

Mencapai Kebijaksanaan
Mencapai Kebijaksanaan

Semakin bertambah umur kita, semakin haus kita akan pemahaman. Semakin kita memahami, semakin kita menjauh dari hal-hal yang tidak berguna.

Pada akhirnya, tujuan hidup kita adalah mencapai kebijaksanaan. Menjadi orang dewasa yang lebih memahami diri sendiri dan orang lain.

Saat dimana tidak ada lagi kebingungan dan kekeliruan, itulah kebijaksanaan.

Semua orang tentunya ingin menjadi bijaksana, tapi berat sekali rintangan yang harus kita hadapi. Maka, sia-sia usaha yang kita lakukan jika tidak diiringi dengan doa.

Jadi, apapun agama dan keyakinanmu, mohonlah, berdoa, minta kebijaksanaan kepada Tuhan yang memiliki segalanya.

Baca Juga : Tuhan, Aku Sudah Menjadi Orang Baik. Kenapa Kehidupanku Tidak Berubah?

Kesimpulan,

Tujuan hidup yang tertulis di atas hanya sudut pandang  penulis yang bisa kamu ikuti maupun tidak. Tak ada paksaan kepada seorang pun “harus begini” atau “harus begitu”, karena semuanya tetaplah kembali pada pilihan kita masing-masing.

Demikianlah artikel 10 Tujuan hidup yang harus kita capai sampai mati. Semoga bermanfaat!

Written by Ilham Damanik

Klik icon instagram jika ingin mengenal saya lebih dekat!